Adu Fitur Keselamatan Toyota Alphard dan Hyundai Staria

Panduan Pembeli

Adu Fitur Keselamatan Toyota Alphard dan Hyundai Staria

JAKARTA – Toyota Alphard dan Hyundai Staria telah dibekali dengan sejumlah fitur keselamatan yang bisa mengurangi tingkat kecelakaan di jalan raya dan meminimalisir cedera.

Fitur keselamatan pada kendaraan semakin lama semakin menjadi perhatian utama bagi pemilik kendaraan, khususnya untuk mobil premium.

Hal ini pun disadari oleh sejumlah Agen Pemegang Merek (APM) untuk menyematkan mobil-mobil premium mereka dengan beragam fitur keselamatan.

Pada Juni lalu, Toyota menambahkan fitur keselamatan pada Toyota Alphard dan kini Hyundai juga menyematkannya pada model terbaru mereka, yaitu Staria.

Lantas fitur keselamatan apa saja yang ada pada kedua MPV mewah tersebut?

Berikut uraian singkat mengenai fitur keselamatan yang disematkan pada Toyota Alphard dan Hyundai Staria.

Fitur Keselamatan Toyota Alphard

Toyota Alphard kini sudah dibekali fitur keselamatan Adaptive Cruise Control (ACC) yang dapat diaktifkan sejak kecepatan 0 km/h.

ACC merupakan salah satu paket fitur keselamatan dari Toyota Safety Sense (TSS) yang sudah disematkan sejak 2020 lalu.

Fitur keselamatan Toyota Alphard dan Hyundai Staria

TSS sendiri terdiri dari beberapa fitur keselamatan aktif seperti, Pre-Collision System (PCS), Lane Departure Alert (LDA), Adaptive Cruise Control (ACC), dan Automatic High Beam (AHB).

Tak hanya itu, Toyota Alphard juga kini sudah dilengkapi dengan Tire Pressure Monitoring System (TPMS), Intelligent Clearance Sonar (ICS) serta Digital Rear View Mirror.

Khusus untuk varian tertinggi, yaitu Toyota Alphard tipe Q mendapat beberapa fitur tambahan lain. Fitur tersebut adalah Rear Cross Traffic Alert (RCTA) yang berfungsi untuk mendeteksi ada atau tidaknya kendaraan di belakang saat hendak keluar dari parkiran. Selain itu, jumlah airbag jauh lebih banyak, yaitu 7 buah.

Fitur Keselamatan Hyundai Staria 

Sementara Hyundai juga tidak melupakan penyematkan fitur keselamatan pada Staria yang kini menjadi MPV premium terbaru mereka.

Secara umum, fungsi dari fitur keselamatan yang disematkan adalah sama meski namanya berbeda.

Fitur keselamatan Toyota Alphard dan Hyundai Staria

Hyundai Staria sudah dilengkapi dengan Forward Collision-Avoidance Assist (FCA), Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA), Blind-Spot Collision-Avoidance Warning (BCW), Blind-Spot View Monitor (BVM), Safe Exit Assist (SEA) dan Safe Exit Warning (SEW), Lane Keeping Assist (LKA), Lane Following Assist (LFA) hingga TPMS.

Menariknya, ada beberapa fitur keselamatan yang ternyata ada di Hyundai Staria, tapi hanya tersedia pada Toyota Alphard tipe tertinggi. Padahal, harga Hyundai Staria tipe tertinggi masih lebih murah bila dibandingkan dengan Toyota Alphard tipe terendah.

Fitur tersebut adalah Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA) dan Rear Cross-Traffic Collision Warning (RCCW). Fitur ini dapat mendeteksi kendaraan yang mendekat dari belakang kanan atau kiri dan memberikan peringatan kepada pengemudi. Bahkan bisa melakukan pengereman otomatis jika diperlukan.

Selain itu Hyundai Staria juga sudah dilengkapi dengan Surround View Monitor (SVM). Fitur ini berguna untuk melihat secara 360 derajat ke seluruh kendaraan, sehingga memudahkan pengemudi untuk memarkir kendaraan, terutama di area yang relatif sempit.

Secara umum fitur keselamatan antara Toyota Alphard dan Hyundai Staria tidak berbeda jauh. Namun harga yang ditawarkan memang cukup membuat alis terangkat. Pasalnya, Hyundai Staria dijual dengan harga mulai Rp888 juta hingga Rp1,02 miliar. Sementara Toyota Alphard harganya dimulai dari Rp1,065,45 miliar sampai Rp1,990,45 miliar on the road Jakarta. [Adi/Ses]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar