9 Mobil Termahal Buatan Amerika

Berita Otomotif

9 Mobil Termahal Buatan Amerika

MICHIGAN – Amerika Serikat adalah pasar kendaraan terseksi di muka bumi ini. Hampir seluruh pabrikan dunia berlomba membuat kendaraan terbaik untuk dapat menaklukan negeri Paman Sam yang memiliki rata-rata penjualan kendaraan per tahun mencapai 7 juta unit.

 

Yang menarik, pabrikan kendaraan dapat dengan bebas berkreasi khususnya dalam hal menciptakan kendaraan berperforma tinggi. Tak hanya pabrikan lokal Amerika, manufacture kendaraan ternama dari Eropa dan Asia juga turut ambil bagian. Dan kendaraan berperforma tinggi tentunya memiliki korelasi dengan harga jual yang juga selangit.

Potential buyers dari kendaraan-kendaraan ini tidak pernah habis di Amerika Serikat. Mulai dari bintang Hollywood, atlet, politisi hingga pebisnis papan atas kerap menjadikan kendaraan-kendaraan eksotis ini menjadi sarana refreshing atau meningkatkan gengsi.

Berikut adalah mobil-mobil mahal yang saat ini sedang beredar dibuat dan dijual di pasar Amerika Serikat.  

Hennessey Venom GT


Salah satu mobil termahal yang dibuat di Amerika Serikat adalah Hennesey Venom GT. Secara keseluruhan memang perakitan tidak dibuat di sana 100 %. Sejatinya Venom GT memiliki basis Lotus Exige yang dibuat di  Hethel Inggris. Dan kemudian, Hennessey membawanya untuk selanjutnya disempurnakan di fasilitas mereka di Houston, Texas. 

Hasilnya, kendaraan yang semula sports car kecil kemudian bertransformasi menjadi monster, siap menjadi pesaing Bugatti dan Koenigsegg. Ubahan paling fenomenal adalah melengkapi kendaran dengan mesin 7.0-liter V8 twin turbo yang memiliki tenaga hingga 1.200 hp. Venom GT ditawarkan dengan harga $ 1.1 juta atau $1.2 juta untuk versi Spyder atau setara sekitar Rp 15 - 16 milyar . 

Acura NSX


Honda merakit Acura NSX di pabrik baru mereka yang khusus menciptakan kendaraan berperforma tinggi di Marysville, Ohio Amerika Serikat. Dilengkapi dengan mesin V-6 3.5-liter twin turbo hybrid dan transmisi 9 kecepatan dual clutch, NSX dibuat sedemikian canggih terutama dalam menggapai kecepatan-kecepatan maksimal. Supercar ini ditawarkan mulai $157.800 atau dapat diupgrade sesuai keinginan dengan perkiraan harga hingga $ 200.000 atau setara dengan Rp 2 sampai 3 miliar .

Dodge Viper ACR


Dodge Viper versi normal saja suda merupakan kendaraan buatan pabrik lokal yang cukup mahal di Amerika Serikat dengan bandrol $ 90.000 atau sekitar Rp 1,2 miliar. 
Namun jika ini dianggap belum cukup, tersedia varian tertinggi Dodge yakni Viper ACR yang ditawarkan mulai dari $118.000 hingga mendekati $150.000 atau setara Rp 1.6 - 2.1 miliar. 

Viper diproduksi langsung di pabrik Fiat Chrysler Automobile (FCA) di Detroit. Kabar terakhir konon versi ini tidak akan lama lagi akan tidap diproduksi lagi. Model baru Viper sedang dalam proses pembuatan dan rasanya tidak akan ditawarkan lebih murah dari model sebelumnya.

Mercedes Benz AMG GLS63


Jika berbicara soal SUV, Mercedes Benz rasanya tidak pernah berpikir untuk membuatnya di Jerman. Seperti contohnya G-Class yang dibuat di Austria dan R-Class dirakit di AM General di Indiana. GLE dan GLS dibuat di pabrik Daimler di Tuscaloosa, Alabama Amerika Serikat. 

Jika sudah masuk dalam area AMG, tentunya akan membuat harga jual menjadi tinggi. Duo crossover ini dibandrol dengan harga masing-masing GLE63 hampir $100.000 dan GLS63 mulai dari $125.000 - $140.000 atau setara Rp 1.7 - 1.9 miliar.

BMW X6 M


Tak hanya Mercedes Benz, BMW juga menjadi pabrikan Jerman yang memproduksi crossover di Amerika Serikat. BMW membuat BMW X5 dan BMW X6 di Spartanburg, South Carolina. Versi M yang merupakan spesifikasi tertinggi ditawarkan pada X5 dan X6. Masing-masing dibandrol mulai $100.000 hingga lebih dari $120.000 atau sekitar hingga Rp 1.6 miliar.

Tesla P90D

Sejak debut pertamanya pada tahun 2010, pabrikan kendaraan listrik Tesla sudah menawarkan produknya dengan harga mulai $109.000 atau Rp 1.5 miliar. Ini membuat berada di balik kemudi kendaraan diproduksi di pabrik bekas kerjasama GM dan Toyota di Freemont, California bukan sesuatu yang murah. 

Seiring berjalannya waktu, Tesla kemudian melansir versi lebih terjangkau untuk publik Amerika Serikat dengan melansir model Sand Model X.
Anda bisa mendapatkan varian S60 dengan harga $53.000 sekitar Rp 700-an juta. Tapi jika berminat dengan model  berspesifikasi lebih tinggi terdapat Tesla P90D. Mobil model sedan ini ditawarkan mulai $96.400 sampai lebih dari $100.000 atau hingga Rp 1.3 miliar tergantung fitur dan kelengkapan.

Cadillac CTS-V


Cadillac memang selalu menjadi kendaraan yang melambangkan kemewahan di Amerika Serikat. Versi terbaru adalah Cadillac CTS-V, sebuah high performance sedan. Diproduksi di Lansing, Michigan, mobil ini ditawarkan dengan rentang harga $85.000 hingga tertinggi $100.000 atau setara dengan Rp 1.3 miliar tergantung kelengkapan fiturnya.

Chevrolet Corvette Z06


Diproduksi di Bowling Green, Kentucky, Chevrolet Corvette Z06 menjadi penerus salah satu American Sweet Heart. Ya dari masa ke masa Corvette memang selalu dicintai, terutama oleh masyarakat Amerika Serikat yang tergila-gila dengan kecepatan. 

Namun demikian ada harga yang tergolong tinggi untuk menggiringnya ke garasi rumah. Corvette termurah yang ditawarkan mulai dari $80.000 atau sekitar Rp 1 miliar lebih sedikit untuk varian Z06. Jika ingin paket performa yang lebih tinggi konsumen bisa memilih Z07 dan versi C7.R-edition ditawarkan sekitar $100.000 atau hampir Rp 1.4 miliar.

New Ford GT


Ditawarkan dengan harga $450.000 atau lebih dari Rp 6 miliar, New Ford GT adalah kendaraan produksi lokal termahal yang dijual di Amerika Serikat. Namun uniknya super car ini memiliki proses produksi yang cukup rumit yakni berpindah-pindah di beberapa tempat.

Mulai dari perakitan oleh Mayflower Vehicle Systems di Norwalk, Ohio yang kemudian dilanjutkan di Michigan, perakitan mesin di Romeo, pengecatan di Saleen dan selanjutnya finishing di Wixom. Tak ketinggalan, kendaraan ini juga sempat melewati proses produksi di Multimatic yakni pabrikan kendaraan di Ontario, Canada. [Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter
 



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support