3 Cara Deteksi Dini Masalah pada Transmisi Otomatis

Panduan Pembeli

3 Cara Deteksi Dini Masalah pada Transmisi Otomatis

JAKARTA - Transmisi otomatis mulai disukai oleh masyarakat. Bagi Anda yang memiliki mobil matik, rawat selalu transmisi mobil Anda dan detensi dini kerusakan pada transmisi otomatis.

Sebab menurut situs resmi Toyota, transmisi otomatis pada mobil lebih rentan kerusakan bila dibandingkan dengan transmisi manual.

Komponen transmisi otomatis juga dikenal sangat kompleks dan membutuhkan perhatian ekstra dibandingkan dengan transmisi manual. 

Bila terdapat gangguan sedikit saja yang diabaikan maka bisa berakibat fatal. Sebenarnya mendeteksi kerusakan pada transmisi ini sangat gampang, Anda pun bisa melakukannya tanpa alat khusus. Dirasakan saja, pasti ada beda kalau mau rusak.

Nah, berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mendeteksi dini kerusakan pada transmisi matik.

Memeriksa Pelumas Transmisi
Pemeriksaan ini bisa Anda lakukan dengan cara menghidupkan mesin mobil lalu memeriksa dipstick oli. Bila warnanya sudah keruh, kehitaman atau bahkan coklat gelap disertai dengan serbuk kecil mirip serbuk halus besi, artinya ada kerusakan pada transmisi mobil Anda. 

Hal ini mengindikasikan jika terjadi gesekan yang cukup kasar pada transmisi dan mengikis komponennya.

Tes Awal
Cobalah untuk memindahkan transmisi dari R atau N ke D, bila terdapat bunyi ketika pemindahan maka bisa dipastikan terjadi kerusakan pada komponen tersebut. Biasanya bunyi ’tek-tek-tek (cepat)’ atau ’krek’ yang keras.

Tes Jalan
Coba kendarai mobil Anda dan jika terdapat hentakan yang tak wajar ketika pemindahan, terlebih lagi ada suara kasar maka kinerja transmisi mobil sudah tak normal lagi. 
Dan yang terakhir adalah dirasakannya transmisi yang tiba-tiba saja ‘los’ meski posisi tuas ‘masuk’ ke posisi D. Hal ini menandakan jika kerusakan pada transmisi mobil Anda sudah cukup kronis. 

Bila Anda menemukan salah satu gejala di atas ketika melakukan pemeriksaan awal, maka mobil harus segera dibawa ke bengkel untuk mendapatkan perbaikan yang diperlukan. 

Pemeriksaan ini hanya ditujukan untuk mengetahui apakah terdapat kerusakan yang parah atau tidak pada transmisi matik. Semua perbaikan sebaiknya diserahkan saja pada pihak bengkel sehingga Anda tidak akan mendapatkan dampak yang lebih buruk karena kerusakan yang semakin parah. [Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support