Harga Toyota GR Corolla Segera Diungkap, 50 Orang Kaya Indonesia Sudah Daftar Mau Beli

Berita Otomotif

JAKARTA – Harga Toyota GR Corolla di Indonesia sebentar lagi diumumkan. Ada puluhan orang kaya negeri ini yang diklaim sudah menyatakan minat mau membelinya.

Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengungkapkan bahwa dalam waktu dekat pihaknya berencana mengungkap harga resmi GR Corolla.

GR Corolla sendiri pertama kali diperlihatkan di Indonesia pada 2023, dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) di Serpong, Tangerang. Kemudian, dalam Indonesia International Motor Show (IIMS) pada Februari 2024, Toyota membuka prebooking (pemesan prapeluncuran) bagi hatchback beperforma tinggi tersebut, dengan estimasi harga sekitar Rp1,3 miliar.

“Targetnya, setidaknya pada bulan ini (Maret 2024) kami akan mengumumkan harganya,” beber Anton ketika diwawancarai dalam Buka Puasa Bersama Toyota, Selasa (19/3/2024) malam di Jakarta.

Anton menyebut bahwa Toyota baru akan mempersilakan konsumen memberikan tanda jadi untuk proses SPK (Surat Pemesanan Kendaraan) GR Corolla, bersamaan dengan pengumuman harganya. Sebelum itu, sejak IIMS 2024 hingga saat ini, pihaknya baru mencatat konsumen yang berminat (listing).

Dia mengklaim bahwa sementara ini sudah ada kurang-lebih 50 konsumen berkantong tebal yang telah menyatakan minat untuk membawa pulang GR Corolla.

“Belum ada SPK karena, kan, baru prebooking. Jumlah yang sudah masuk listing ke kami kira-kira sekitar 50 konsumen. Tapi, ini belum ada booking SPK-nya, ya. Baru preeboking atau listing. Baru prospek,” papar Anton.

Mobil yang menjalani debut global pada semester satu 2022 ini adalah salah satu mahakarya dari divisi Gazoo Racing (GR) Toyota. GR Corolla digadang-gadang sebagai salah satu mobil berkapasitas mesin kecil yang memproduksi tenaga paling besar di dunia.

Dapur pacu GR Corolla dimodali mesin bensin 1.6-liter turbo, 3 silinder, berteknologi D-4ST dan Port Injection. Meski demikian, gelontoran tenaga puncaknya mampu menyentuh nyaris 300 hp, dengan torsi maksimal yang bahkan mencapai 370 Nm.

Sebagai padanannya, diberikanlah transmisi manual 6-percepatan iMT. Girboks tersebut menyalurkan daya dan torsi yang gahar dari mesin GR Corolla menuju keempat roda.

Sistem penggerak empat roda GR Corolla sendiri bernama GR-Four 4WD System. Sistem yang menggunakan electronic multi-plate clutch ini memungkinkan pengemudi memilih tiga pilihan rasio distribusi daya depan-belakang yaitu 60:40, 50:50, atau 30:70.

Akselerasi GR Corolla untuk 0-100 km per jam cuma membutuhkan 5,3 detik. Kecepatan tertingginya dibatasi hingga 230 km per jam. [Xan]

Tag Terkait

Toyota Toyota Indonesia Toyota GR Corolla GR Corolla harga Toyota GR Corolla harga GR Corolla Gazoo Racing Toyota Gazoo Racing

Author

Berita Utama

Berita Populer

Lihat semua »