Kaum Berduit Harap Sabar! Indonesia Baru Dapat Suplai Toyota GR Corolla pada 2024

Berita Otomotif

JAKARTA – Toyota gencar menambah lini produk Gazoo Racing (GR) di Indonesia. Model terkini yang sedang dalam ‘antrean’ adalah Toyota GR Corolla.

Gazoo Racing atau GR merupakan merek motorsport yang berada di bawah Toyota. Merek ini juga disematkan di model-model dengan aura serta kemampuan lebih sporti, entah sebagai varian atau murni mobil sport.

Eksistensi GR di Indonesia dimulai pada 2019, melalui perkenalan Toyota GR Supra. Lalu, pada 2021, merek GR secara resmi diperkenalkan dan sejak itu jumlah model GR ditambah secara agresif.

“Kami sudah memasarkan 14 model GR yang mengisi beragam segmen. Model-model itu tidak hanya untuk yang mencari mobil sport murni tapi juga bagi yang ingin pengalaman mengemudi lebih sporti,” ucap President Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Hiroyuki Ueda dalam seremoni pembukaan GR Garage di Pantai Indah Kapuk, Jakarta pada Jumat (15/9/2023).

Terakhir, di luar 14 model tersebut, Toyota memamerkan GR Corolla dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 pada 10-20 Agustus kemarin di Serpong, Tangerang. Model ini cuma dipajang dan belum dijual.

Kabar terbaru, Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengatakan pihaknya sudah mendapatkan ‘lampu hijau’ dari prinsipal di Jepang untuk meluncurkan GR Corolla di Indonesia. Model dengan perkiraan harga di atas Rp800 juta itu pun sekarang sedang dalam proses homologasi.

Ia tidak mengatakan kapan pastinya GR Corolla akan meluncur. Namun, distribusinya kemungkinan baru dilakukan pada 2024.

“Mungkin suplai mulai tahun depan. Tapi, jumlahnya sendiri kami masih belum tahu. Jadi, masih menunggu (dari prinsipal) karena sangat terbatas di seluruh dunia, ya,” kata Anton.

Anton mengaku akan berusaha memenuhi permintaan di Indonesia. Saat ini, TAM selaku agen pemegang merek (APM) sedang melakukan survei bersama jaringan diler untuk mengetahui hal tersebut.

GR Corolla sendiri tidak seperti Toyota GR Yaris yang hanya diproduksi terbatas sebanyak 25 ribu unit untuk seluruh dunia. Mobil dengan performa tinggi ini akan diproduksi secara kontinu oleh Toyota Jepang dalam jumlah sedikit setiap bulannya.

Sewaktu GR Yaris meluncur di Tanah Air pada 2021, Indonesia hanya kebagian jatah 126 unit. Toyota sampai harus melakukan pengundian, karena konsumen yang ingin membelinya melebihi kuota.

Lantas, apakah GR Corolla nanti juga perlu pakai undian?

“Kami belum putuskan. Tergantung nanti jumlahnya kira-kira berapa dan apakah kira-kira akan ada kontinuitas atau tidak. Kalau itu nanti kontinu disuplai, pastinya kami enggak ingin ada undian. Lebih ke arah daftar tunggu,” beber Anton. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<

Tag Terkait

Toyota Toyota Indonesia Toyota GR Corolla GR Corolla Gazoo Racing GR GR Toyota berita news

Author

Berita Utama

Berita Populer

Lihat semua »