GWM Mulai Jualan di Indonesia Akhir Kuartal 1 2024, 3 SUV Hybrid Jadi Pembuka

Mobil Listrik

JAKARTA – Great Wall Motor (GWM) bersiap melakukan aktivitas komersial di Indonesia pada awal 2024. Ada tiga model yang pertama-tama akan mereka luncurkan.

GWM bakal beroperasi di Indonesia melalui PT Inchcape Indomobil Energi Baru (IIEB). Ini merupakan perusahaan patungan dari Inchcape dan Indomobil Group, dengan porsi kepemilikan saham 70 persen berbanding 30 persen.

“Dalam waktu dekat kami akan memulai penjualan. Harapan kami pada akhir kuartal satu,” kata General Manager IIEB Constantinus Herlijoso dalam Media Gathering pada Selasa (20/2/2024) di Senayan, Jakarta.

Pada tahap awal, sambung Herlijoso, GWM akan menjual mobil-mobil yang diimpor secara utuh (completely built up/CBU). Pada tahap selanjutnya, mereka akan melakukan perakitan lokal di pabrik Wanaherang, Bogor milik Inchcape-Indomobil yang juga merakit model-model kendaraan penumpang Mercedes-Benz.

Lebih lanjut, terdapat tiga model dari dua sub-brand GWM yang tak berapa lama lagi menjajal pasar Indonesia. Model-model yang dimaksud, kata Marketing Director IIEB Hari Arifianto dalam wawancara usai acara, ialah Haval H6, Haval Jolion, ditambah Tank 500.

Ketiganya sama-sama berjenis sport utility vehicle (SUV). Tidak disebutkan, apakah ketiganya nanti ‘diterjunkan’ langsung secara bersamaan atau diperkenalkan lewat seremoni terpisah.

GWM sebenarnya juga masih punya satu sub-brand bernama Ora berisikan mobil-mobil listrik murni (battery electric vehicle/BEV) yang pada 2024 juga ingin dijual di Tanah Air. Meski demikian, lanjut Hari, peluncurannya tidak akan berlangsung pada kuartal pertama.

GWM Fokus pada Kendaraan Elektrifikasi

GWM, tambah Sales and Network Director IIEB Rendi Radito, ialah merek fokus di New Energy Vehicle (NEV) alias kendaraan energi baru.

Di pasar global, mereka sudah memiliki model-model berteknologi hybrid, plug-in hybrid (PHEV), BEV, sampai fuel cell electric vehicle (FCEV).

Tiga model pertama di Indonesia yakni Haval H6, Haval Jolian, maupun Tank 500 sama-sama mengusung mesin hybrid.

Haval sendiri ialah sub-brand GWM yang berisikan model-model crossover dan sport utility vehicle (SUV). Tank, di sisi lain, merupakan sub-brand yang menjual model-model SUV high-end.

“Tank 500 bahkan akan menjadi SUV 4x4 hybrid pertama di Indonesia,” tegas Rendi. [Xan]

Tag Terkait

Great Wall Motor GWM haval Tank ORA Haval H6 Haval Jolion Tank 500

Author

Berita Utama

Berita Populer

Lihat semua »