Alasan GWM Mau Langsung Jual 3 Merek Mobil di Indonesia pada 2024

Mobil Listrik

JAKARTA – Great Wall Motor (GWM) bersiap menghadirkan tiga sub-brand (merek) di Indonesia pada 2024.

Diberitakan sebelumnya, pabrikan mobil asal China itu memastikan kehadiran produk-produk dengan merek Haval, Tank, dan Ora di Indonesia pada 2024. Haval dan Tank akan diterjunkan lebih dulu pada akhir kuartal pertama nanti.

Meski GWM memang memiliki banyak merek, tidak di setiap negara mereka langsung melakukan langkah seperti itu. GWM sendiri masih punya beberapa merek lain lagi di luar Haval, Tank, Ora seperti Wey dan GWM Pickup.

“Kalau dilihat, di pasar-pasar yang lain, GWM datang secara bertahap. Di Australia dan Thailand, misalnya, Haval dulu. Di Hong Kong, Ora dulu. Kami bersyukur dipercaya prinsipal langsung mendatangkan merek-merek yang kami punya,” kata Marketing Director PT Inchcape Indomobil Energi Baru (IIEB) Hari Arifianto dalam Media Gathering, Selasa (20/2/2024) di Senayan, Jakarta.

Menurut Hari, rencana GWM menghadirkan tiga merek dalam satu tahun bukan tanpa pertimbangan matang. Korporasi yang berpusat di Baoding, Hebei, China ini meyakini model-model dari Haval, Tank, dan Ora sama-sama punya potensi untuk berkembang di Tanah Air.

“Segmentasi pasar di Indonesia cocok dengan merek-merek yang ada di GWM. Kami ingin tetap menanamkan awareness (kesadaran) mengenai GWM. Namun, strategi komunikasinya disesuaikan dengan segmen dari masing-masing merek,” papar dia.

Sekadar informasi, Haval merupakan merek berisi bermacam pilihan sport utility vehicle (SUV) maupun crossover untuk segmen yang relatif massal. Tank, di sisi lain, ialah merek untuk mobil-mobil SUV di segmen high-end.

Ora adalah merek untuk model-model mobil listrik murni (battery electric vehicle/BEV).

Haval, Tank, dan Ora nantinya di Indonesia akan punya satu kesamaan. Hanya model-model berteknologi new energy vehicle (NEV/kendaraan energi baru) seperti hybrid, plug-in hybrid, BEV yang akan dijual di sini.

“Komunikasi kami untuk Tank sesuai segmennya di SUV mewah. Kalau Haval lebih ke arah SUV urban dan banyak juga ke arah keluarga,” terang Hari.

“Ora bisa lebih luas lagi segmennya. Misalnya, orang-orang berumur tapi energetic, sadar terhadap lingkungan. Secara bersamaan, kami akan jaga ciri khas dari masing-masing merek,” lanjutnya.

GWM, di akhir kuartal pertama 2024, siap meluncurkan tiga model yakni Haval Jolion, Haval H6, dan Tank 500. Setelah itu, Ora 03 menyusul.

GWM akan menjual mobil-mobil impor utuh (completely built up/CBU) terlebih dahulu. Mulai kuartal kedua, mereka berencana melakukan perakitan lokal di pabrik Wanaherang, Bekasi milik Inchcape-Indomobil yang juga merakit Mercedes-Benz. [Xan]

Tag Terkait

GWM Great Wall Motor ORA haval Tank Ora 03 Haval H6 Haval Jolion Tank 500 Mobil Listrik mobil listrik GWM

Author

Berita Utama

Berita Populer

Lihat semua »