Daihatsu SMK Skill Contest Diikuti Puluhan Ribu Peserta

Berita Otomotif

JAKARTA – Daihatsu menggelar Daihatsu SMK Skill Contest (DSSC) untuk kelima kalinya.

Tahun ini, DSSC diikuti oleh 36.363 peserta dari 427 SMK. Jumlah tersebut kemudian diseleksi di tes sekolah dan hanya 854 peserta yang berhasil lolos ke tahap kedua yaitu online test. Dari test tersebut dilanjutkan dengan tahap seleksi regional dengan 39 peserta dari 19 SMK. Dari tahapan regional kemudian terpilih 12 peserta dari 6 SMK terbaik yang maju untuk mewakili wilayah regional masing-masing pada babak final nasional beberapa waktu lalu.

“Kami berharap melalui Daihatsu SMK Skill Contest ini, Daihatsu dapat selalu hadir dan memberikan kontribusi positif bagi perkembangan di Indonesia, khususnya dalam bidang pendidikan.” ucap Haryanto Nurya Hadiwijaya, General Affair Division Head PT Astra Daihatsu Motor.

Keterampilan yang diuji pada kompetisi ini adalah kemampuan troubleshooting bagi para guru, yakni kemampuan untuk menganalisa dan memecahkan masalah pada mobil. Sedangkan bagi siswa diuji kemampuan periodical maintenance (PM), yakni keterampilan perawatan mobil berkala.

Babak final Daihatsu SMK Skill Contest tahun ini dimenangkan oleh tim guru-murid SMKN 7 Baleendah dari Jawa Barat sebagai pemenang utama, SMKN 53 Jakarta dari area Jabodetabek sebagai juara kedua, dan SMKN 1 Lintau Buo dari Sumatera sebagai juara ketiga.

Kontes adu keterampilan ini merupakan bagian dari Brand Social Responsibility yang dilaksanakan sebagai wujud dukungan Daihatsu untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Dengan kompetisi ini, Daihatsu ingin membuka kesempatan kerjasama di dunia Industri bagi siswa SMK sekaligus membantu mempersiapkan anak-anak muda untuk masuk ke dunia kerja.

DSSC sendiri menjadi wadah untuk berkompetisi dan unjuk kemampuan siswa dan guru SMK, serta mengetahui level kompetensi antar sekolah binaan Daihatsu. Kontes bergengsi tingkat nasional ini sekaligus juga dapat menjadi motivasi bagi guru dan murid dalam meningkatkan skill kompetensinya. [Adi/Ari]

Tag Terkait

Daihatsu mobil baru mobil Daihatsu Daihatsu-NCSR Daihatsu Indonesia

Author

Berita Utama

Berita Populer

Lihat semua »