Toyota bZ4X EV Siap Meluncur di Thailand, Indonesia Masih Tahap Persiapan

Berita Otomotif

JAKARTA - Toyota Motor Thailand (TMT) berencana untuk memperkenalkan Toyota bZ4X EV tahun ini. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Presiden TMT Noriaki Yamashita saat menyampaikan laporan pencapaian kinerja perusahaan selama 2021 dan rencana kerja 2022. 

“Tahun lalu, kami memperkenalkan Lexus UX 300e BEV dan Lexus NX450h+ PHEV. Untuk merek Toyota, bZ4X model pertama dari seri bZ, akan diperkenalkan tahun ini,” ujar Yamashita, seperti dilansir Mobil123.com dari Paultan.

Seperti ketahui, Toyota bZ4X EV versi produksi telah diperkenalkan secara global pada Oktober 2021, setelah sebelumnya pabrikan asal Jepang itu memperlihatkan mobil konsepnya pada April. 

Diperkirakan bZ4X EV akan masuk pasar Thailand paruh kedua tahun ini dalam bentuk impor utuh atau Completely Built Up (CBU). 

Tidak disebutkan secara gamblang apakah perusahaan akan merakitnya secara lokal atau tidak. Tetapi ada kemungkinan hal ini terjadi, karena perusahaan akan meningkatkan aktivitas elektrifikasinya di Thailand. 

65200-toyota_bz4x-07-630x359.jpg

“Kami juga akan menjajaki lokalisasi lebih lanjut dalam upaya menjadikan Thailand sebagai pusat produksi utama untuk beberapa kendaraan listrik. Inisiatif ini sejalan dengan arah pemerintah Thailand menuju elektrifikasi," kata Yamashita.

Toyota Indonesia Sedang Melakukan Persiapan

Untuk pasar Indonesia sendiri, PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku Agen Pemegang Merek Toyota belum mau terbuka terkait peluang mobil listrik bZ4X masuk pasar otomotif dalam negeri.

Anton Jimmi Suwandi, Marketing Director PT TAM hanya mengatakan bahwa saat ini pihaknya masih dalam persiapan untuk memboyong mobil listrik.

"Saya belum bisa komentar detail dahulu, masih diskusi dan persiapan," ucap Anton saat menjawab pertanyaan Mobil123.com melalui pesan singkat, Senin (31/1/2022).

Spesifikasi Toyota bZ4X EV

Toyota bZ4 hadir dengan konfigurasi lima tempat duduk. Tersedia dalam penggerak roda depan (front wheel drive/FWD) dan semua roda (all wheel drive). 

Pada varian FWD, bZ4X dibekali motor listrik tunggal dengan tenaga 201 hp. Sedangkan varian AWD dibekali dua motor listrik, masing-masing bertenaga 107 hp, jika digabungkan dan sama-sama bekerja, tenaga maksimalnya mencapai 215 hp.

Kedua versi tersebut memiliki baterai 71,4 kWh serta mendukung pengisian daya AC hingga 6,6 kW dan pengisian DC hingga 150 kW. 

Angka akselerasi dari posisi diam sampai 100 km/jam dalam waktu 8,4 detik untuk FWD, dan 7,7 detik untuk AWD.

Mobil listrik hasil kolaborasi dengan Subaru ini diklaim mampu berjelajah hingga 450 km dalam sekali isi baterai sampai penuh. [Tih/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<

Tag Terkait

Toyota Toyota bZ4X mobil listrik murni Electric Vehicle Mobil Listrik PT Toyota Astra Motor Toyota bZ4X EV

Author

Berita Utama

Berita Populer

Lihat semua »