Test Drive Hyundai Stargazer X Yogyakarta—Solo, Jelajah Asik dari Gunung ke Pantai

Review

YOGYAKARTA - PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) mengajak Mobil123 dan beberapa media lain untuk melakukan test drive LSUV terbarunya, Hyundai Stargazer X selama 3 hari.

Selama itu, Hyundai menyediakan 20 unit Stargazer X varian Prime dengan pilihan captain seat dan bench seat untuk kemudian diisi oleh tiga orang jurnalis setiap mobilnya.

Test drive Hyundai Stargazer mengambil dua lokasi utama yaitu Yogyakarta dan Solo.

Mobil123 pun mendapatkan mobil test drive Stargazer X Prime berwarna Gravity Gold Matte dengan opsi captain seat.

Tujuan pertama setelah mendarat di bandara adalah menuju Hotel Grand Dafam selanjutnya dari sini kita menuju Enam langit by Plataran.

Rasa Duduk di Baris Kedua Hyundai Stargazer X

Rute ini menempuh jarak 54 km, kami berkesempatan duduk di kursi baris kedua untuk merasakan captain seat pada Hyundai Stargazer X.

Impresi pertama kami saat duduk di baris kedua kursi adalah kursi agak tipis tetapi terbantu dengan adanya sandaran untuk menopang kedua tangan sehingga posisi tangan masih nyaman.

Kemudian tersedia meja yang bisa dilipat, meja ini bisa berguna untuk meletakan barang yang tidak terlalu berat seperti tablet atau laptop hingga menaruh makanan serta minuman.

Untuk tempat penyimpanan di bagian tengah juga ada laci penyimpanan di sisi pintu yang dapat menampung 3 botol minum dan 1 cup holder besar dekat tombol jendela.

Bagian penumpang baris kedua pun disediakan dua port USB yang sayangnya masih bertipe A bukan tipe C.

Lalu untuk pengisian daya di bagian depan terdapat wireless charging dan port usb.

Tidak hanya itu lampu di dalam kabin juga sudah menggunakan LED sehingga hasil cahaya yang dihasilkan lebih terang.

Selama perjalan kami disuguhi dengan medan jalan cukup menantang apalagi saat mendekati Enam Langit by Plataran.

Rute menanjak terjal dan satu lajur saja, sehingga perlu konsentrasi penuh saat melewatinya.

Untungnya tersedia mode S pada transmisi untuk memindahkan transmisi secara manual sehingga bisa menanjak dengan lebih baik dibanding posisi D.

Setelah selesai dari tujuan pertama tujuan berikutnya adalah Soga Resto di daerah Solo tetapi harus melewati jalur pegunungan di kawasan Magelang, setelah melewati pegunungan dalam rute ini melewati tol untuk menuju Kota Solo.

Pencahayaan Hyundai Stargazer X mulai teruji saat perjalanan kami sudah memasuki malam hari.

Stargazer X memiliki pencahayaan yang baik karena pada lampu depan dibekali teknologi LED MFR dan High Beam Assist yang sangat berguna saat berkendara dalam kondisi gelap.


Di jalan tol ada beberapa fitur yang sangat berguna selain yang disebutkan di atas yaitu Lane Keeping Assist, Lane Following Assist, dan Cruise Control.

Enaknya, saat Cruise Control sudah aktif untuk menambah dan mengurangi kecepatan cukup menekan tombol “+” dan “-” yang ada pada kemudi.

Adapun dua cara untuk menonaktifkan fitur ini, yaitu dengan menekan tombol “pause” yang ada di kemudi atau dengan menginjak pedal rem.

Hari Kedua Test Drive Stargazer X

Pada hari kedua kami berkesempatan duduk di kursi supir untuk mengendarai Hyundai Stargazer X ini.

Saat masuk ke dalam mata kami langsung tertuju pada desain dasbor.

Berkaca pada model Stargazer jenis LMPV-nya yang banyak dikeluhkan karena terlalu tinggi, desain baru ini bagi kami merupakan hasil penyempurnaan.

Desain baru Stargazer kini menyuguhkan visibilitas yang lebih baik.

Sebelum memulai perjalanan kami melakukan pengaturan posisi menyetir agar aman.

Setir Stargzer X bisa diatur tilt dan telescopic. Lalu untuk kursi bisa dimaju-mundurkan serta ketinggiannya juga bisa diatur.

Kami berkesempatan membawa Hyundai Stargazer X dari Kota Solo menuju Segara yang berada di Pantai Baron sejauh 86 km dengan total waktu 2 jam lebih.

Pada awal perjalanan saat ingin keluar dari Kota Solo yang cukup ramai—karena berbarengan dengan jam masuk kantor—beberapa kali kami terhambat.

Tetapi hal ini bukan jadi masalah karena Hyundai Stargazer X sudah dilengkapi dengan rem parkir elektrik dan fitur auto hold.

Selanjutnya setelah keluar dari Kota Solo kami disuguhi dengan jalanan yang mulus sehingga bisa merasakan performa dari mesin Smartstream G1.5 MPI Inline 4 silinder 1497 cc.

Dari mesin ini mampu menghasilkan tenaga 115 Ps dan torsi 143,8 Nm yang disalurkan ke roda depan dengan transmisi otomatis CVT atau yang Hyundai sebut Intelligent Variable Transmission (IVT). 

Mesin ini cukup untuk menghadapi jalanan dalam melewati truk di lajur kanan.

Berdasarkan pengalaman dari teman media lain yang mengetes di jalan tol mobil ini mampu mencapai kecepatan 150 km/jam dengan mudah.

Karena pada saat menuju pantai ada beberapa jalan yang masih dalam proses pembangunan jadi kami harus masuk ke dalam pemukiman warga di sana.

Tidak hanya itu, rombongan mobil juga sempat melewati jalan yang masih belum selesai dibuat.

Namun hal ini tidak menjadi masalah karena ground clearance yang cukup tinggi yaitu 200mm sehingga tidak perlu takut terhambat.

Ground clearance yang lebih tinggi dibanding Stargazer ini didapat dari penggunaan pelek berdiameter lebih besar yaitu 17 inci dan ban dengan profil 205/55.


Dari sisi suspensi mobil ini memiliki struktur peredam kejut yang sama dengan Stargazer yaitu depan MacPherson Strut dan belakang Coupled Torsion Beam Axle, jadi karena profil ban yang digunakan lebih tipis berefek pada bantingan yang lebih padat.

Konsumsi BBM Hyundai Stargazer X

Konsumsi BBM Hyundai Stargazer X selama test drive ini berada di angka 1:11 dengan total perjalanan mencapai 500 km lebih.

Sebagai gambaran, angka tersebut didapat dengan karakter berkendara didominasi oleh mode Sport dibanding mode Eco, Normal, dan Smart.

Kesimpulan Test Drive Hyundai Stargazer X

Hyundai Stargazer X bisa menjadi pilihan lain selain LSUV yang sudah ada di Tanah Air seperti Suzuki XL7, Mitsubishi Xpander Cross, Honda BR-V, Daihatsu Terios, dan Toyota Rush apalagi dalam segmen ini belum ada yang tersedia opsi captain seat.

Fitur Bluelink yang bisa mengetahui kondisi kendaraan, menghidupkan mobil, mengetahui posisi kendaraan hanya dari smartphone pun menjadi kelebihan lain dari Stargazer X.

Secara keseluruhan, Stargazer X bukan hanya upgrade tampilan saja tetapi juga dibekali dengan fitur penunjang kenyamana dan keselamatan yang baik, serta performa mesin yang memadai untuk berbagai kondisi jalan. 

Ground clearance yang tinggi juga memberikan fleksibilitas dalam menjalani perjalanan, bahkan di medan yang lebih kasar.

Ingin membawa pulang Hyundai Stargazer X? Berikut pilihan varian dan harga terbaru:

  • Stargazer X Style Rp325,6 juta
  • Stargazer X Prime One-Tone Roof Rp336,2 juta
  • Stargazer X Prime Two-Tone Roof Rp337,7 juta

[Ryn/Dms]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<

Tag Terkait

berita Berita Otomotif news Hyundai Stargazer X test drive

Author

Berita Utama

Berita Populer

Lihat semua »