Test Drive All New Toyota Agya GR Sport: Diajak ‘Gila-gilaan’ pun Bisa!

Review

DENPASAR – All New Toyota Agya GR Sport tidak terasa lagi seperti mobil di segmen low cost green car (LCGC). Bahkan, mobil ini kuat diajak ‘gila-gilaan’ saat slalom.

Sekadar mengingatkan, All New Agya GR Sport merupakan varian tertinggi Agya generasi kedua yang meluncur pada 10 Maret 2023.

Berbeda dengan varian E dan G di bawahnya, All New Agya GR Sport sudah meninggalkan segmen LCGC. Harganya pun tembus di atas Rp200 juta on the road (OTR) Jakarta, tepatnya Rp237,5-256 juta.

68038-all-new-toyota-agya-gr-sport-punya-beragam-pilihan-warna-3.jpg

Perbedaan antara All New Agya tipe G dan GR Sport sudah pernah Mobil123.com bahas, berdasarkan pengalaman dari sesi Media First Drive bulan kemarin di Senayan, Jakarta.

Ulasan kali ini bakal fokus ke performa berkendara varian tertinggi yang dirasakan selama Media Test Drive pada 4-6 April 2023 di Bali.

All New Toyota Agya GR Sport Diajak Slalom

Selama tiga hari menjajal All New Agya GR Sport bertransmisi D-CVT, Mobil123.com dan rekan-rekan media lainnya menempuh jarak lebih dari 120 km.

Impresi awal mengendarainya sudah positif antara lain berkat tarikan awal terbilang responsif di kondisi stop and go untuk mobil bermesin 1.2-liter, Full Digital Meter Cluster, Paddle Shift yang memberikan cara mengemudi lebih sporty, kebedaraan fitur Hill Start Assist (HSA) yang membantu di tanjakan, serta PWR Mode yang membuat putaran mesin lebih cepat naik saat diaktifkan.

68038-all-new-toyota-agya-gr-sport-jalan-jalan-di-bali-2023-3.jpg

Demikian pula berkat konsumsi bahan bakar minyak (BBM) All New Agya GR Sport di perkotaan padat ‘Pulau Dewata’ yang mencapai belasan km per liter.

Namun, kesan paling mendalam muncul saat Toyota mengajak Mobil123.com ke sirkuit buatan di area Garuda Wisnu Kencana untuk sesi slalom.

Bagaimana tidak, All New Agya GR Sport tidak kedodoran ketika ‘ditekuk-tekuk’ di tikungan oleh Mobil123.com dalam kecepatan 30-40 km per jam.

Ketika dibawa oleh peslalom di tim Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI) 2023 Anjasara Wahyu, kecepatannya bahkan bisa mencapai di atas 50 km per jam.

68038-all-new-toyota-agya-gr-sport-melewati-rintangan-zigzag-saat-slalom-3.jpg

Body roll-nya relatif terkendali ketika bermanuver, tidak ada gejala understeer maupun oversteer, dengan respons setir jauh lebih ‘menurut’ ketimbang All New Agya varian-varian di bawahnya.

Ini semua karena perpaduan coil spring dan shockbreaker lebih rigid ketimbang All New Agya E dan G, steering gear dengan gear ratio lebih rendah, penggunaan power steering serta power motor berspesifikasi lebih tinggi, ban jenis sports sebagai standar, maupun fitur Vehicle Stability Control (VSC) serta Traction Control (TC).

Platform baru Daihatsu New Global Architecture (DNGA) pada All New Agya semua varian pun diklaim oleh Toyota turut memberikan kontribusi.

Selain slalom, All New Agya juga diuji akselerasinya di lintasan lurus sejauh 100 meter. Hasilnya, dengan kondisi VSC, TCS, dan pendingin udara menyala, kecepatan 72 km per jam berhasil Mobil123.com gapai.

Pebalap tim TGRI Jordan Johan mampu mencapai hasil nyaris 80 km per jam, dengan mematikan VSC, TSC, maupun AC.

Kesimpulan Test Drive All New Toyota Agya 2023

All New Agya GR Sport tidak bisa disamakan dengan All New Agya E dan G yang masih merambah segmen LCGC.

Tidak berlebihan rasanya kalau mengatakannya sebagai ‘spesies’ berbeda karena berbagai diferensiasi yang diberikan Toyota—khususnya dari aspek teknis—sehingga menjadikan performanya jauh lebih sporty.

Fitur-fitur All New Agya GR Sport pun jauh lebih menggoda, bukan hanya dibandingkan dengan varian-varian di bawahnya tapi juga ketimbang para kompetitor. Satu fitur mewah lain di kelasnya yang belum disebut, misalnya, adalah Wireless Charging. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<< 

Tag Terkait

berita Toyota Agya GR Sport All New Toyota Agya GR Sport Toyota news Agya GR Sport All New Agya GR Sport Toyota Indonesia

Author

Berita Utama

Berita Populer

Lihat semua »