Suzuki Minta Konsumen Laporkan Tenaga Penjual Diler yang ‘Goreng’ Harga Jimny 5 Pintu

Berita Otomotif

JAKARTA – Suzuki berjanji akan menindak tegas tenaga penjual diler yang masih ‘menggoreng’ harga Jimny 5-door (5 pintu). Konsumen yang menemukan praktik itu di lapangan diminta untuk melaporkannya ke Suzuki.

Jimny 5 pintu mengaspal pada Februari kemarin, dalam ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Harga resminya berkisar dari Rp462 juta sampai Rp478,6 juta on the road (OTR) Jakarta.

Meski begitu, dalam pameran otomotif tersebut, tenaga-tenaga penjual diler Suzuki sempat ketahuan menaikkan (mark up) harga menjadi Rp520-530 juta atau bahkan lebih.

Diwawancarai di sela-sela Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2024 pada 7-10 Maret kemarin, 4W Deputy Managing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Donny Saputra menegaskan lagi kalau harga resmi Jimny 5 pintu adalah harga dari SIS sebagai agen pemegang merek (APM) dari jenama tersebut di Indonesia.

“Harga yang resmi adalah harga yang kami tetapkan di IIMS. Titik,” tegasnya di Senayan, Jakarta.

Donny berjanji pihaknya akan ‘menyikat’ tenaga penjual diler resmi Suzuki yang masih ‘menggoreng’ harga Jimny 5 pintu. Tak main-main, hukumannya menurut dia adalah sanksi pemecatan.

Jika ‘goreng-menggoreng’ harga Jimny 5 pintu masih berlanjut, ucap Donny, konsumen diminta untuk melapor.

“Kami punya ‘Halo Suzuki’ yang bisa dikontak 24 jam. Itu tidak hanya untuk Jimny, tapi masalah apa pun yang berkaitan dengan produk kami. Pelayanan kami. Konsumen bisa komplain melalui Halo Suzuki 24 jam sehari, 365 hari dalam setahun. Setiap waktu. Pasti kami follow up (tindak lanjuti),” tukasnya.

Inden Jimny 5 pintu, per 7 Maret 2024, sudah mencapai hampir 1.800 unit. Menurut Donny, dengan kuota impor utuh (completely buit up/CBU) dari India yang sementara ini berjumlah 100 unit per bulan, indennya bisa mencapai hingga 1 tahun 5 bulan.

“Berkaitan inden Jimny, saat ini kami sedikit mengubah skema (distribusi unit). Kami punya sistem inden baru. Tentunya ini tidak akan memuaskan semua pihak. Tapi, sekarang kami memutuskan first in first serve dari masing-masing diler. Pada saat kami distribusi saat ini kami melihat alokasi masing-masing diler,” papar dia. [Xan]

Tag Terkait

Suzuki Suzuki Indonesia Suzuki Jimny Suzuki Jimny 5-door Suzuki Jimny 5 pintu

Author

Berita Utama

Berita Populer

Lihat semua »