Rakit Mobil Listrik Ini di Indonesia Mulai 2024, Mitsubishi Buka Peluang Ekspor

Berita Otomotif

JAKARTA – Mobil listrik murni (battery electric vehicle/BEV) Mitsubishi Minicab MiEV tak lama lagi dirakit di Indonesia. Ada peluang untuk kelak mengekspornya juga.

Merek berlogo tiga berlian tersebut, di sela-sela Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 pada 16-26 Februari, memastikan perakitan Minicab MiEV di pabrik Cikarang, Bekasi mulai 2024.

Mitsubishi berpotensi menjadi merek Jepang pertama yang memproduksi mobil listrik murni di Tanah Air.

Sejauh ini, teknologi elektrifikasi yang sudah dirakit di dalam negeri oleh pabrikan asal ‘Negeri Sakura’ barulah hybrid.

67663-mobil-listrik-minicab-miev-dalam-iims-2023-3.jpg

“(Produksi Minicab MiEV) pada awal 2024. Kami ingin merakitnya secara lokal secepat mungkin,” kata Product Strategy Director PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Hikaru Mii merespons pertanyaan Mobil123.com dalam konferensi pers di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

“Berbicara negara sasarannya, kami pertama-tama ingin fokus untuk pasar domestik dulu. Tapi, pada masa depan, kenapa tidak (diekspor juga). Kami juga akan mempertimbangkan penjualan di negara-negara lainnya juga,” tegas dia.

Sekadar mengingatkan, Minicab MiEV diperkenalkan di negeri ini dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021. Mobil listrik tersebut merupakan kendaraan komersial di segmen minibus.

Pada Maret 2022, Mitsubishi mulai melakukan Proof of Concept (PoC) alias pengujian  Minicab MiEV.

Ada lima korporasi yang mereka gandeng untuk aktivitas ini yaitu PT. Pos Indonesia, PT. Haleyora Power, Gojek, DHL Supply Chain Indonesia, dan Be Sanur.

Hampir setahun menjalani pengujian, kelima perusahaan di atas diklaim puas.

“Mereka juga memberitahukan ketertarikan (membelinya),” aku Mii.

Minicab MiEV memiliki jarak tempuh maksimal 150 km. Kapasitas angkutnya konon mencapai 350 kg.

“Minicab MiEV membuktikan punya potensi tinggi untuk mendukung aktivitas jasa logistik maupun ekspedisi. Melalui PoC yg masih berlangsung, partner-partner kami bisa mendapatkan benefit berupa penghematan biaya operasional,” sebut Product Strategy General Manager MMKSI Guntur Harling.

“Kapasitas baterainya juga mempunyai jarak tempuh memadai khususnya untuk last mile (pengantaran tahap akhir). Dengan dimensinya  yang kompak, Minicab MiEV bisa begitu lincah melewati jalanan yang tak terlalu lebar di Jakarta dan kota-kota lainnya,” tutup Guntur. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<

Tag Terkait

berita Mitsubishi Minicab MiEV mitsubishi Mitsubishi Indonesia news Battery Electric Vehicle Minicab MiEV mobil listrik murni Mobil Listrik

Author

Berita Utama

Berita Populer

Lihat semua »