Pemprov DKI Jakarta Klaim Banjir Kali Ini Tidak Seluas Tahun Lalu

Berita Otomotif

JAKARTA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menegaskan bahwa saat ini mereka masih terus meminimalisir dampak dari banjir yang terjadi.

Bahkan, dalam akun Instagram resmi DKI Jakarta, jumlah RW yang tergenang pada banjir 20 Februari 2020 sudah berkurang bila dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Selain itu, luas wilayah genangan banjir pun telah berkurang.

Berdasarkan infografis yang disampaikan, pada banjir 20 Februari 2021, jumlah RW yang tergenang mencapai 113. Angka ini jauh menurun bila dibandingkan dengan banjir 1 Januari 2020 yang menggenangi 390 RW. Demikian juga Jumlah luas area tergenang yang hanya 4 km2 sementara pada 1 Januari 2021 mencapai 156 km2.

Meski demikian, curah hujan pada 1 Januari 2020 adalah rekor tertinggi dalam beberapa tahun. Tercatat, curah hujan ketika itu mencapai 377 mm/hari. Angka tersebut jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan curah hujan pada 20 Februari 2021 yang hanya mencapai 226 mm/hari.

Pasar Minggu menjadi wilayah dengan curah hujan tertinggi karena mencapai 226,0 mm/hari. Angka itu jauh diatas Sunter Hulu yang berada diposisi kedua dengan curah hujan 197,0 mm/hari, Halim Perdana Kusuma 176,0 mm/hari dan Lebak Bulus mencapai 154,0 mm/hari.

Perlu diketahui bahwa curah hujan dengan intensitas 100-150 mm/hari sudah masuk ke kategori sangat lebat. Sementara untuk curah hujan diatas 150 mm/hari sudah masuk ke kategori ekstrim. Sedangkan sistem drainase di Jakaria hanya memiliki daya tampung maksimal 100 mm/hari. Dengan demikian, bila intensitas hujan di atas itu maka dipastikan akan terjadi genangan.

Hal ini tentunya harus menjadi perhatian khusus bagi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk terus dapat meningkatkan kualitas drainasenya. Sangat disayangkan bila data yang sudah mereka miliki saat ini tidak dijadikan sebagai acuan dalam penanggulangan banjir di masa depan.

Sementara itu, BPBD DKI Jakarta telah memberikan peringatan kepada masyarakat bahwa cuaca ekstrem ini masih akan berlangsung setidaknya hingga hari ini, 21 Februari 2021. Untuk itu masyarakat diminta untuk tetap waspada menghadapi segala kemungkinan. [Adi/Ari]

Tag Terkait

jakarta kebanjiran banjir di jakarta pemerintah DKI Jakarta Jakarta banjir banjir di DKI Jakarta DKI Jakarta

Author

Berita Utama

Berita Populer

Lihat semua »