3 Ruas Jalan di Jakarta Dialihkan Sementara karena Banjir

Berita Otomotif

3 Ruas Jalan di Jakarta Dialihkan Sementara karena Banjir

JAKARTA – Curah hujan yang tinggi di DKI Jakarta pada akhir pekan menyebabkan genangan dan banjir di berbagai area pada permulaan hari kerja. Sebagai dampaknya, beberapa ruas jalan mesti ditutup hingga siang ini.

Hujan semalam suntuk pada Minggu (7/2/2021) di Ibu Kota menyebabkan genangan yang cukup dalam hingga banjir kembali terjadi. Arus lalu lintas di beberapa lokasi pun, menurut laporan situs NTMC Polri pada Senin (8/2/2021) pkl. 13.05 WIB, terganggu sehingga ada yang harus ditutup dan dialihkan.

“Sampai siang ini ada 3 ruas (jalan yang ditutup). Untuk yang lainnya sudah relatif normal, sudah bisa dilewati, mudah-mudahan cuaca sudah mulai cerah,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo di Jatinegara Barat, Jakarta Timur.

ilustrasi banjir di jalanan Jakarta

Berikut adalah ruas – ruas jalan yang ditutup sementara karena banjir Jakarta pada awal Februari 2021. Satu terdapat di Jakarta Timur, sedangkan dua lainnya di Jakarta Pusat:

1. Jalan Jatinegara Barat, Jakarta Timur

Salah satu ruas jalan yang terendam banjir yakni Jalan Jatinegara Barat, Jatinegara, Jakarta Timur. Arus lalu lintas di lokasi mulai per pukul 09.45 WIB.

“Untuk pengalihan memang tidak kita tutup total,” kata Sambodo.

Lalu lintas dari arah Kampung Melayu menuju ke Jatinegara, di depan pertigaan Santa Maria dibelokkan ke kanan. Kemudian diberlakukan contraflow untuk yang menuju ke arah Matraman.

2. Jalan Bungur, Jakarta Pusat

Jalan Bungur, Jakarta Pusat, tepatnya di dekat Pintu Besi juga terkena banjir. Arus lalu lintas di lokasi sempat dialihkan karena ada genangan sekitar 25 Cm.

“Di Bungur dekat Pintu Besi antara 25 cm tapi saat ini sudah bisa dilewati,” ucap Sambodo.

3. Jalan Bintang Mas Gunung Sahari, Jakarta Pusat

Kawasan Gunung Sahari, Jakarta Pusat juga mengalami banjir. Petugas menutup arus lalu lintas di lokasi.

“Kemudian yang masih ditutup untuk di Bintang Mas, Gunung sahari, itu masih ditutup terutama yang menuju ke arah Pluit,” jelasnya.

Selain di tiga lokasi tadi, genangan air juga terjadi di beberapa ruas jalan lainnya. Meski begitu, arus lalu lintas masih normal.

“Jalan-jalan lain relatif aman dan masih bisa dilewati,” tambah Dirlantas. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar