Pilihan Mobil Bekas Murah di Bawah Rp30 Juta, Mulai dari Honda Civic hingga Kijang Super

Mobil Bekas

Mobil bekas murah di bawah Rp30 juta diisi oleh beragam model lawas. Di antaranya ialah Honda Civic serta Toyota Corolla produksi 1980-an, juga Toyota Kijang Super keluaran 1990-an.

Mobil bekas dapat menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin ‘naik kelas’ dari sepeda motor. Bagaimana tidak, rentang harga mobil bekas sangat variatif dan bisa disesuaikan dengan anggaran yang dimiliki.

Bahkan, mobil bekas murah di bawah Rp30 juta juga tersedia. Meski demikian, dengan harga tersebut, Anda harus rela mendapatkan mobil-mobil berusia tua.

Membeli mobil bekas sendiri perlu ketelitian. Apalagi kalau model-model yang masuk dalam budget Anda terbilang ‘sepuh’.

Artikel Mobil123.com kali ini akan membahas mengenai mobil bekas murah di bawah Rp30 juta serta tips membeli mobil bekas tua.

Contoh Mobil Bekas Murah di Bawah Rp30 Juta

Ketika artikel ini dinaikkan, situs jual-beli Mobil123.com juga menampilkan opsi mobil bekas murah di bawah Rp30 juta yang cukup bervariasi.

Setidaknya, ada lebih dari 20 iklan kendaraan seken dengan rentang harga belasan juta sampai dengan Rp20 jutaan.

Tahun produksinya beragam, mulai dari keluaran 1970-an sampai dengan 1990-an. Bicara merek, terdapat produk Eropa seperti Volvo, tapi kebanyakan ialah merek Jepang semisal Toyota, Daihatsu, Mitsubishi, maupun Suzuki.

Adapun model-modelnya ialah Volvo 244, Toyota Corolla, Toyota Kijang, Daihatsu Espass/Daihatsu Zebra, Honda Civic, Suzuki Forsa, Suzuki Carry. Berikut Mobil123.com paparkan beberapa di antaranya.

Honda Civic Bekas 1987 (Rp17,5 Juta)

Honda Civic bekas 1987 masuk daftar mobil bekas murah di bawah Rp30 juta. Di Mobil123.com, ada unit yang dijual dengan harga hanya Rp17,5 juta saja.

Unit itu diiklankan oleh diler CV Sekoto Putro, Kediri, Jawa Timur. Adapun variannya ialah 1.5 Wonder, dengan transmisi manual (MT) serta jarak pemakaian 295-300 ribu km.

Pajaknya ‘mati’ sejak Juni 2022, dengan biaya pajak tahunan cuma Rp807 ribu. Dari foto-foto yang diunggah, tampak bahwa bodi serta cat Civic bekas 1987 tersebut sudah tak mulus lagi.

Suzuki Carry Bekas 1991 (Rp18,5 Juta)

Contoh mobil bekas murah di bawah Rp30 juta kedua ialah Suzuki Carry bekas 1991. Ada unit yang bisa dibawa pulang dengan ‘mahar’ Rp18,5 juta saja.

Pengiklannya masih diler CV Sekoto Putro Kediri. Varian dari Carry bekas 1991 yang dimaksud ialah 1.3 Futura MT, dengan jarak pemakaian 295-300 ribu km.

Status pajaknya sudah ‘mati’ sejak November 2022. Biaya pajaknya sangat terjangkau yaitu cuma Rp702 ribu per tahun.

Toyota Corolla Bekas 1984 (Rp23 Juta)

Toyota Corolla seken keluaran 1980-an juga sudah bisa dibeli dengan harga di bawah Rp30 juta. Buktinya ialah iklan Corolla bekas 1984 seharga Rp23 juta saja di Mobil123.com.

Penjualnya lagi-lagi dealer CV Sekoto Putro Kediri. Unit bermesin bensin 1.3-liter, dengan transmisi MT.

Status pajaknya sudah ‘mati’ sejak Mei 2023. Pajak tahunannya, sebagai mobil tua, juga murah yaitu Rp726 ribu per tahun.

Daihatsu Zebra Espass Bekas 1995 (Rp25 Juta)

Daihatsu Zebra Espass bekas 1995 juga berbanderol di bawah Rp30 juta. Salah satu iklan di Mobil123.com menawarkan harga Rp25 juta.

Unitnya dijual oleh diler A&S Auto Gallery di Bintaro, Jakarta Selatan. Variannya ialah 1.3 S91, dengan transmisi MT serta jarak pemakaian 255-260 ribu km.

Sang penjual mengklaim interiornya masih terawat, dengan kaki-kaki nyaman. Masa pajak sudah berlalu sejak Oktober 2022.

“Ban masih bagus. Eksterior mulus. Bukan bekas rental. Atas nama perorangan. Kelistrikan masih normal semua. Surat-surat kendaraan dijamin lengkap dan asli. Kalau lihat pasti suka,” terang diler.

Suzuki Forsa Bekas 1987 (Rp25 Juta)

Suzuki Forsa bekas 1987 juga meramaikan daftar mobil bekas murah di bawah Rp30 juta. Harganya, menurut sebuah iklan di Mobil123.com, Rp25 juta.

Pengiklannya ialah diler CV Sekoto Putro Kediri. Jarak pemakaian model bertransmisi MT ini ada di kisaran 295-300 ribu km.

Tidak banyak informasi yang diberikan oleh penjual. Hanya diberitahukan kalau status pajaknya akan mati pada Desember 2023, dengan biaya pajak tahunan Rp639.600.

Toyota Kijang Bekas 1990 (Rp27 Juta)

Contoh terakhir dalam daftar mobil bekas murah di bawah Rp30 juta ialah Toyota Kijang bekas 1990. Ada iklan yang menjualnya seharga Rp27 juta saja.

Tipenya ialah 1.5 Grand Extra bertransmisi MT. Unit berada di Jawa Timur dan dijual oleh diler CV Sekoto Putro Kediri.

Masa pajak dari model yang juga sering disebut Kijang Super akan berakhir pada Desember 2023. Biaya pajak tahunannya hanya Rp639.600 per tahun.

Tips Membeli Mobil Bekas Tua

Dari paparan di atas, dapat diketahui kalau mobil bekas murah di bawah Rp30 juta adalah unit-unit berusia puluhan tahun. Oleh karena itu, sebelum membelinya, ada beberapa hal yang perlu dicermati.

Berikut tips membeli mobil bekas tua, seperti dikutip dari berbagai sumber.

Cari Tahu Ketersediaan Suku Cadangnya

Hal paling pertama adalah melakukan riset terkait ketersediaan suku cadang dari mobil bekas tua yang Anda incar. Ini adalah aspek yang fundamental, agar perawatan unit yang Anda beli bisa dilakukan dengan relatif mudah.

Apalagi, mobil tua perlu perawatan yang lebih intens. Harus diingat pula bahwa semakin jarang komponennya di pasaran, bisa semakin mahal harganya.

Lakukan Inspeksi dengan Lebih Cermat

Inspeksi pada mobil bekas tua harus dilakukan dengan lebih cermat lagi. Cek dengan seksama kondisi cat dan bodi pada eksterior, juga keadaan kabinnya.

Periksa dengan teliti kondisi mesin, kaki-kaki, sistem pembakaran, maupun transmisi dari mobil bekas tua yang sedang diincar. Libatkan mekanik ahli dari bengkel tepercaya agar lebih meyakinkan.

Test Drive Langsung

Jangan lupa pula untuk menjajal langsung rasa berkendaranya. Lakukan test drive (uji kendara) yang sedikit lebih jauh untuk mobil tua.

Saat test drive, perhatikan antara lain suara mesin, kinerja kaki-kaki, perpindahan transmisi, dan kenyamanan berkendara secara keseluruhan.

Cek Surat-Surat Kendaraan

Terakhir, periksa kelengkapan dokumen kendaraan seperti Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) maupun Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB). Pastikan surat-suratnya lengkap dan asli, sehingga legalitasnya tidak bermasalah.

Kesimpulan

Saat ingin membeli mobil bekas murah di bawah Rp30 juta, Anda harus siap mental mendapatkan unit-unit yang sudah berusia puluhan tahun.

Selain harus sangat teliti dan tidak boleh terburu-buru ketika melakukan riset di lapangan, Anda pun perlu memperhitungkan kemudahan maupun biaya perawatannya kelak.

Jika melakukan setiap prosesnya dengan cermat, bukan tidak mungkin Anda akan menemukan mobil bekas murah di bawah Rp30 juta dalam kondisi baik yang sesuai dengan anggaran dan kebutuhan Anda.

Jangan pernah ragu untuk terus mencari penawaran terbaik dan pastikan untuk selalu berkomunikasi dengan penjual secara baik.

Selamat ‘berburu’ mobil bekas murah di bawah Rp30 juta, Mobilovers! [Xan/YS]

Tag Terkait

mobil bekas murah mobil bekas murah di bawah 30 juta mobil bekas

Author

Berita Utama

Berita Populer

Lihat semua »