Hyundai Agresif, Toyota Yakin Tetap Merek Mobil Terlaris di Indonesia

Berita Otomotif

JAKARTA – Toyota menjawab ‘surat tantangan’ dari Hyundai yang punya strategi serta target agresif di pasar Indonesia. Apa kata mereka?

Hyundai, ketika diwawancarai dalam Media Gathering pada Mei 2022 lalu, mengutarakan optimisme masuk lima atau bahkan tiga besar merek mobil terlaris di Tanah Air.

Menanggapi pernyataan tersebut, Toyota percaya diri bakal terus mempertahan status merek mobil terlaris di negeri ini. Ada tiga hal yang menjadi dasar optimisme mereka.

66144-booth_toyota_giias_2021.jpeg

“Sebenarnya, rumusnya tak terlalu rumit,” kata Marketing Director PT. Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy menanggapi pertanyaan Mobil123.com usai Media Test Drive Toyota Veloz, 30 Juni 2022 di Jakarta.

“Satu, produk kami itu lengkap. Mulai dari yang paling murah yaitu LCGC (low cost green car) sampai yang paling premium,” lanjut dia.

Alasan kedua, menurut Anton, adalah jaringan yang luas serta lengkap. Di samping unggul dari sisi jumlah, kualitas tiap-tiap diler atau bengkel pun ia klaim terjaga.

“Kami tidak hanya punya showroom, tapi ketersediaan bengkel pun cukup luas dan bahkan dilengkapi juga dengan body repair. Pengalaman diler kami sudah puluhan tahun,” pungkas dia.

Ketiga, aspek-aspek purnajual Toyota ia nilai masih yang terbaik saat ini. Termasuk di dalamnya ialah harga jual kembali (resale value) kendaraan.

“Overall solution Toyota adalah salah satu yang terbaik di Indonesia,” tegasnya.

Sebagai tambahan, Anton menyebut kalau Toyota pun hingga saat ini masih terus belajar mempelajari pasar maupun para kompetitor. Dari situ, pabrikan otomotif yang awalnya ‘lahir’ di Jepang sebagai pembuat mesin pemintal benang terus berkembang.

“Pastinya kami tak pernah anggap enteng. Apakah mereka merek China, Korea Selatan, Jepang, kami selalu memonitor dan selalu belajar kenapa sebuah kompetitor mempunyai satu hal menarik, juga bagaimana agar produk serta layanan kami bisa menjadi lebih baik lagi,” papar dia.

Beberapa tahun belakangan, prinsipal Hyundai memang serius masuk Indonesia dengan membentuk PT. Hyundai Motors Indonesia (HMID). Mereka membangun pabrik perakitan kendaraan yang beroperasi sejak Januari 2022 di Cikarang, Bekasi dan sekarang dalam proses mendirikan pabrik perakitan baterai mobil listrik di Karawang, Jawa Barat.

Dua model, Hyundai Creta plus Hyundai Ioniq 5, sudah dirakit lokal. Model-model lain yang sudah mereka jual di sini adalah Hyundai Ioniq EV, Hyundai Kona EV, Hyundai Palisade, Hyundai Santa Fe, Hyundai Staria.

Pada Agustus 2022 mendatang, mereka diinfokan siap merilis multi purpose vehicle (MPV) Rp200 juta-an Hyundai Stargazer.

Tantangan untuk para ‘pemain’ lama di pasar Indonesia seperti Toyota tidak hanya datang dari Hyundai. Merek-merek China pun makin banyak berdatangan. [Xan/ Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<

Tag Terkait

berita Hyundai PT. Hyundai Motors Indonesia PT. Toyota Astra Motor Toyota news Mobil Terlaris

Author

Berita Utama

Berita Populer

Lihat semua »