Honda Sebut 2 Negara yang Akan Menjual Brio Rakitan Karawang

Berita Otomotif

JAKARTA – Honda Brio rakitan Karawang, Indonesia akan diekspor serta dijual di negara-negara Asia Tenggara (ASEAN). Ada dua negara yang sejauh ini sudah disebut oleh merek asal Jepang ini.

Rencana ekspor Brio dari Indonesia pertama kali diumumkan oleh Honda melalui pernyataan pers pada Oktober 2018. Ketika itu, disebutkan bahwa pengapalan dimulai pada semester satu 2019, dengan negara tujuan Vietnam.

Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual PT. Honda Prospect Motor (HPM), kemudian menyebutkan satu negara lain yang mereka sasar. Seperti Vietnam, lokasinya juga masih berada di ASEAN.

“Vietnam sama Filipina,” ujar dia di sela-sela acara Uji Irit Mobilio facelift pada Rabu (28/2/2019) di Ancol, Jakarta.

Sayang, Jonfis belum mau menjelaskan lebih mendetail mengenai volume maupun total jumlah negara tujuan ekspor Brio.

Brio sendiri saat ini sudah memasuki generasi kedua yang meluncur dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018. Ini sekaligus menjadi debut global bagi city car yang saat ini menjadi tulang punggung penjualan Honda di Tanah Air tersebut.

Sebelumnya, mereka memamerkan versi purwarupa Brio yang bernama Honda Small RS Concept dalam Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018. All-New Brio dikembangkan Honda R & D Asia Pacific Co., Ltd., demi memenuhi permintaan city car di beberapa negara ASEAN.

All-New Brio memiliki platform plus desain baru. Dengan dimensi bodi lebih panjang 19 cm, kabinnya sekarang menawarkan ruang lebih lega bagi penumpang.

Sumbu rodanya lebih panjang pula 6 cm. Adapun mesinnya maupun fitur-fiturnya masih sama yaitu  mesin bensin 1.2-liter i-VTEC.

Tidak ada fitur baru yang disematkan pada All-New Brio. Mereka menjelaskan fokus utama pengembangan adalah membuat dimensi lebih besar tanpa mengorbankan efisiensi bahan bakar bagi para konsumennya yang merupakan pembeli mobil pemula.

Brio, di Indonesia, bermain di dua segmen yaitu city car serta low cost green car (LCGC). Brio RS, jagoan Honda di segmen city car, pada 2018 membukukan penjualan wholesales 12.351 unit atau naik 16,74 persen dibandingkan pada 2017 (year on year).

Brio Satya, di segmen LCGC, laku 46.900 unit, meningkat 8,12 persen year on year. [Xan/Ari]

Tag Terkait

Honda Brio All-New Brio ekspor Honda Brio brio generasi kedua All-New Honda Brio

Author

Berita Utama

Berita Populer

Lihat semua »