All-New Honda Brio Rakitan Indonesia Diekspor Semester Satu 2019

Berita Otomotif

All-New Honda Brio Rakitan Indonesia Diekspor Semester Satu 2019

JAKARTA – All-New Honda Brio rakitan Indonesia bakal menjadi komoditas ekspor mulai tahun depan.

Honda, Prospect Motor (HPM) pada Rabu (24/10/2018) mengumumkan rencana mengekspor All-New Brio yang dirakit di pabrik Karawang, Jawa Barat. Brio generasi kedua ini mulai diekspor pada semester satu tahun depan.

City car andalan Honda yang pertama kali menyapa Tanah Air pada 2012 tersebut nantinya menyasar pasar Asia Tenggara (ASEAN). Vietnam akan menjadi negara tujuan pertama.

Tidak disebutkan negara-negara tujuan yang lain maupun volume ekspor All-New Brio pada tahun depan. Yang pasti, rencana ini menjadikan Indonesia sebagai negara pertama yang memproduksi serta mengekspor Brio generasi kedua.

“All-New Honda Brio diproduksi dengan standar kualitas Internasional untuk memenuhi kebutuhan konsumen di berbagai negara, termasuk Indonesia. Karena itu, ekspor Honda Brio dari Indonesia ke berbagai negara di kawasan Asia Tenggara merupakan bagian dari komitmen Honda untuk terus menghadirkan produk-produk berkualitas bagi konsumen di seluruh dunia,” papar Takehiro Watanabe, President Director PT HPM.

Sebagai informasi, All-New Brio pertama kali meluncur di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, Agustus kemarin. Sebelum itu, versi purwarupanya yaitu Honda Small RS Concept dibawa sebagai mobil eksebisi di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, April silam.

All-New Brio memiliki platform plus desain baru. Dengan dimensi bodi lebih panjang 19 cm, kabinnya sekarang menawarkan ruang lebih lega bagi penumpang. Sumbu rodanya lebih panjang pula 6 cm.

Adapun mesinnya maupun fitur-fiturnya masih sama. All-New Brio tetap menggunakan mesin bensin 1.2-liter i-VTEC.

Brio generasi kedua dikembangkan oleh Honda R & D Asia Pacific Co., Ltd., demi memenuhi kebutuhan konsumen di segmen city car yang terus berkembang di beberapa negara ASEAN. Di Indonesia sendiri, pasar city car plus LCGC (Low Cost Green Car) merupakan salah satu yang terbesar.

Pada bulan Januari hingga September 2018, kontribusinya mencapai 22,6% dari total penjualan mobil secara nasional. All-New Brio menyelami segmen city car lewat varian RS dan segmen LCGC melalui varian Satya. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar