Harga Honda Brio Matic Bekas Mulai Rp90 Juta, Mobil Murah Serba Bisa

Mobil Bekas

Honda Brio telah meluncur sejak 2012 sebagai city car serba bisa. Brio awalnya diimpor secara utuh dari Thailand dan belum masuk dalam kategori LCGC. Brio dengan transmisi otomatis alias matic jadi mobil perkotaan yang praktis dan responsif dari sisi performa. 

Honda Brio adalah mobil perkotaan yang menyenangkan saat dikendarai. Mobil ini pengendaliannya pun lincah tipikal Honda, dengan matic yang responsif. 

Mengapa harus Brio matic? Sederhana saja, karena situasi lalu lintas di kota besar kian padat. Mobil matic bakal lebih praktis karena kita tak perlu lagi repot main kopling saat macet.

Pada 2014, PT Honda Prospect Motor (HPM) memproduksi Brio secara lokal guna memasukannya ke segmen LCGC dengan mengalami penyusutan mesin menjadi 1.200 cc. Pada versi LCGC, Brio dinamai sebgaai Brio Satya dan mengalami beberapa pengurangan fitur. 

Bicara harga bekas Honda Brio gen 1, mobil ini ditawarkan mulai Rp90 juta. Bagi kalian yang mencari opsi mobil matic, maka Brio Satya tipe E menyediakan varian matic tersebut. Varian matic ini terus tersedia untuk mobil Brio generasi kedua. 

Sebelum lebih jauh membahas soal spesifikasi mobil dari Honda Brio matic, terlebih dahulu kami akan mengulas pasaran harga bekas dari mobil tersebut.

Harga Honda Brio Matic Bekas di Indonesia

Berikut ini daftar harga mobil Honda Brio matic bekas untuk seluruh Indonesia dari 2012 hingga 2023. 

  • Honda Brio 2012 Rp90 juta sampai Rp125 juta
  • Honda Brio 2013 Rp97 juta sampai Rp130 juta
  • Honda Brio 2014 Rp93 juta sampai Rp140 juta
  • Honda Brio 2015 Rp100 juta sampai Rp145 juta
  • Honda Brio 2016 Rp107 juta sampai Rp155 juta
  • Honda Brio 2017 Rp107 juta sampai Rp160 juta
  • Honda Brio 2018 Rp105 juta sampai Rp189 juta
  • Honda Brio 2019 Rp120 juta sampai Rp200 juta
  • Honda Brio 2020 Rp135 juta sampai Rp202 juta
  • Honda Brio 2021 Rp139 juta sampai Rp210 juta
  • Honda Brio 2022 Rp140 juta sampai Rp228 juta
  • Honda Brio 2023 Rp148 juta sampai Rp230 juta

Spesifikasi Honda Brio Satya E Gen 1, Mobil Mungil yang Sempat Didatangkan Secara Impor

Honda Brio generasi pertama memiliki desain yang imut, minimalis, tapi tetap stylish. Untuk kalangan remaja, Brio ini jelas sangat ideal dari penampilan dan karakternya yang fun to drive.

Brio gen 1 memiliki spesifikasi ukuran panjang 3.640 mm, lebar 1.680 mm dan tinggi 1.485 mm.  Eksteriornya cukup modis dengan fitur yang menarik. Dilengkapi projector headlamp dengan LED light guide, power retractable door mirror dengan LED turning signal, side under spoiler, rear glass garnish dan side sill garnish. 

Bentuk sisi belakangnya ikonik dengan panel kaca besar dan rata seperti punggung setrika. Desainnya jadi keunikan tersendiri karena kaca dan pintu bagasi jadi satu. 

Konsekuensi terbesar ada pada kapasitas bagasi minim sehingga tak cocok dijadikan mobil keluarga yang sering membawa banyak barang.

Pada versi awal, Honda Brio  CBU Thailand yang dijual di Indonesia dibekali mesin L13A 1.3L i-VTEC SOHC 1.339 cc dengan tenaga 100 PS di 6.000 rpm dengan torsi 127 Nm pada 4.800 rpm.

Brio generasi pertama versi LCGC alias rakitan lokal didukung mesin i-VTEC L12B 4-silinder 1,2-liter. Mesin ini mampu memproduksi tenaga mencapai 89 hp pada putaran 6.000 rpm dengan torsi 110 Nm pada 4.800 rpm. 

Sebagai catatan, Brio 1.3L dan 1.2L produksi 2012 hingga 2015 ditawarkan dengan dua pilihan transmisi, yakni manual 5-percepatan serta otomatis 4-percepatan. Mesin 1.2 lirernya lumayan kencang dan terbukti irit, dengan rasio BBM mudah tembus 20 km/liter.

Fitur Honda Brio CBU Lebih Baik

Honda Brio tipe E sebagai tipe tertinggi dilengkapi dengan lampu kabut (foglamp). Spionnya sewarna body dan bisa diatur secara elektrik, serta dibekali dengan wiper belakang. Kemudian untuk jendela pintu baris kedua juga sudah memiliki fitur power window. Varian CBU juga mendapatkan deffoger di kaca belakang hingga tilt steering.

Lebih lanjut, reservoir minyak rem pada Brio CBU materialnya terlihat lebih bening. Sehingga, batas isinya terlihat lebih jelas. Bagian yang terlihat signifikan perbedaan kualitasnya ada pada intake manifold, dimana Brio CKD terbuat dari plastik sedangkan pada Brio CBU menggunakan material aluminium cast.

Fitur hiburan pada Brio RS versi lokal dibekali layar sentuh berukuran 6.2 inci, sedangkan pada Brio Satya hanya ada pada head unit 2DIN belum ada Bluetooth. 

Honda Brio Gen 2, Desain Lebih Seksi

Pada 2018 lalu, PT Honda Prospect Motor (HPM) secara resmi menjual All New Honda Brio di Indonesia. Brio generasi kedua menawarkan desain yang menawan dan lebih sporty.

Mobil ini memiliki ruang bagasi yang lebih luas hingga 90 mm ketimbang versi lawas sehingga kapasitasnya lebih besar. Pada segmen LCGC, Honda Brio Satya tipe E dengan transmisi CVT bisa jadi pilihan. 

Honda Brio Gen 2 baik versi LCGC atau RS dibekali mesin L12 B 1,2 liter i-VTEC empat silinder segaris Single Over Head Camshaft (SOHC). Tenaga maksimalnya sebesar 90 PS di 6.000 rpm, dengan torsi 110 Nm pada 4.800 rpm. 

ada perubahan di bagian rasio bukaan katup (exhaust delay) yang telah diatur ulang. Kemudian, Honda juga melakukan pengembangan teknologi i-VTEC dengan bukaan katup tunggal, pada putaran mesin rendah.

Brio Satya E CVT gen 2 pre facelift telah dilengkapi fitur tilt steering yang memudahkan pengguna ketika ingin mengatur posisi berkendara yang ergonomis. Terdapat tombol MAX COOL supaya hembusan AC langsung ke suhu paling dingin. 

Brio versi LCGC ini juga ada foglamp yang kontrolnya menyatu di tuas utama. Asyiknya lagi, ada fitur auto lock dan unlock by speed.

Untuk  fitur hiburan, Brio Satya E CVT didukung Pioneer FH-S505BT. Keunikan head unit ini setiap kali dinyalakan bakal muncul teks Enjoy Honda. 

Fitur Makin Keren di Gen 2 Facelift     

Pada versi facelift 2023, Brio Satya E CVT telah memakai velg alloy berukuran 14 inci model kipas berkelir two-tone. Sementara itu pada kaca belakang terpasang wiper yang berfungsi untuk menyeka kaca.

Masuk ke interior, kelengkapan dari Brio E facelift  memakai door lining dan dashboard pada interior dipadu dengan warna abu-abu pada bagian roof lining.

Brio Satya E CVT telah dilengkapi fitur tilt steering yang memudahkan pengemudi mengatur posisi berkendara yang ergonomis. Untuk fitur multimedia, Brio Satya E CVT dibekali head unit 2-DIN yang mendukung format seperti USB Port, AM/FM Radio, AUX-IN, Bluetooth, Hands-free Telephone. 

Kemudian untuk pengaturan AC memakai panel dengan tampilan digital dengan pengaturan head unit bisa dilakukan melalui tombol pada setir.

Brio Satya E CVT masih didukung Dual SRS Airbags serta Pretensioner Seatbelt yang dilengkapi dengan Load Limiter.

(YS)

Author

Berita Utama

Berita Populer

Lihat semua »