Harga dan Spesifikasi Yamaha Aerox, Skutik Berpenampilan Sporty

Berita Otomotif

Yamaha Aerox merupakan skuter matik (skutik) yang memiliki harga cukup tinggi, tetapi peminatnya masih tetap ada lantaran tampilannya yang sporty sesuai dengan selera masyarakat Indonesia.

Masuk dalam seri Maxi Yamaha, Aerox memiliki bentuk tubuh yang sedikit "gemuk", ditambah dengan desain yang berkesan ala motor sport, menjadikannya sebagai salah satu motor andalan para pengendara, khususnya dalam mengarungi pejalanan jauh alias touring.

Tampilannya juga terkesan macho yang sangat menarik bagi kalangan anak-anak muda.

66903-aerox_standard.jpg

Generasi terbaru Yamaha Aerox mengemban nama Connected. Artinya, motor ini memiliki berbagai macam fitur yang lebih canggih dari generasi sebelumnya.

Penasaran dengan fitur, spesifikasi dan harga dari skutik bongsor ini? Simak informasinya di bawah ini.

Tampilan

Yamaha Aerox memiliki dimensi panjang 1.980 mm, lebar 700 mm, dan tinggi 1.150 mm, Jarak poros rodanya 1.350 mm, dan jarak terendah dengan permukaan aspal di angka 143 mm. Ketinggian jok Aerox 790 mm, dan beratnya sekitar 122 kg untuk tipe standar dan 125 kg pada tipe ABS.

66903-tampilan_aerox.jpg

Secara tampilan, Yamaha Aerox memiliki desain yang aerodinamis dan sporty, terlihat dari penggunaan full fairing yang biasa ditemukan pada motor sport.

Komponen lampu yang disematkan pada bagian depan dan belakang Aerox berupa LED.

Selain itu, terdapat juga lampu hazard untuk memberikan sinyal kepada pengguna jalan lain kalau sedang dalam kondisi darurat.

Jok motor juga didesain sporty, berkontur ganda dan membuat pengendara merasa lebih nyaman ketika duduk saat berkendara.

Di bagian belakang motor disematkan rear handle grip, yakni pegangan untuk penumpang belakang yang didesain menyatu dengan bodi motor, menambah kesan yang sporty.

Mesin

Yamaha Aerox dilengkapi dengan mesin kapasitas 155 cc, 1-silinder 4-langkah, SOHC berpendinginan cairan, dan sistem bahan bakar Fuel Injection (FI). Mesin tersebut juga ditemukan pada Yamaha NMax.

Tenaga yang mampu dihasilkan jantung pacu Aerox ini 15,1 hp per 8.000 rpm dan torsi tertinggi 13,9 Nm pada putaran 6.500 rpm.

Sebagai pelengkap tersemat teknologi Blue Core dan Variable Valve Actuation (VVA) pada mesin. Teknologi Blue Core dan VVA ini berfungsi untuk menjaga mesin tetap efisien bahan bakar dan memaksimalkan performa tenaga dan torsi motor di setiap putaran mesin.

Pada mesin Yamaha Aerox juga disematkan komponen Smart Motor Generator yang memungkinkan suara mesin lebih halus ketika distarter.

Tangki bahan bakarnya memiliki kapasitas 5,5 liter.

Kaki-Kaki

Pada bagian kaki-kaki, Yamaha Aerox menggunakan ban tubeless Super Wide dengan ukuran 110/80 dan 140/70 di roda belakang. Pelek bagian depan dan belakang berukuran 14 inci.

Sistem suspensi yang disematkan pada Yamaha Aerox berupa teleskopik di depan dan Unit Swing di bagian belakang. Namun khusus Aerox tipe ABS, suspensi belakan Twin Sub-Tank Suspension. Suspensi ini mendukung performa berkendara yang lebih nyaman ketika melewati berbagai kondisi jalan.

Sistem pengereman Aerox masih menggunakan single disc di roda depan.

Fitur

Yamaha Aerox juga dilengkapi dengan beragam fitur yang mendukung pengalaman berkendara.

Speedometer yang disematkan di motor ini full-digital modern dan informatif untuk pengguna, termasuk juga indikator aplikasi Yamaha Motorcycle Connect (Y-Connect), pesan, dan juga telepon.

Pengaturan tampilan dan setting informasi pada speedometer bisa dilakukan menggunakan handle bar switch yang terletak di stang sebelah kiri.

66903-y-connect.jpg

Yamaha Motorcycle Connect sendiri merupakan aplikasi yang dapat menghubungkan motor dengan ponsel pintar. Di dalamnya terdapat berbagai macam informasi mengenai motor yang terkoneksi, seperti rekomendasi perawatan motor, konsumsi BBM, lokasi parkir terakhir, notifikasi malfungsi, dan lain sebagainya.

Pada Aerox tipe ABS terdapat fitur-fitur yang lebih memudahkan pengguna dalam berkendara. Fitur yang paling jelas adalah Anti-lock Braking System yang memberikan pengereman dan kendali motor lebih maksimal.

Fitur lainnya ada Stop & Start System untuk mengurangi konsumsi bahan bakar yang tidak perlu ketika motor dalam keadaan berhenti, sehingga tingkat efisiensi penggunaan bahan bakar meningkat.

Untuk kenyamanan penggunaan motor, Aerox tipe ABS dilengkapi dengan fitur Smart Key System, yakni sistem penguncian motor canggih tanpa penggunaan anak kunci alias keyless. Terdapat juga fitur Answer Back System yang berfungsi memudahkan pemilik dalam menemukan motor di parkiran ramai.

Fitur-fitur lain yang menunjang kenyamanan berkendara Aerox seperti soket elektrik sebagai sumber daya untuk mengecas gadget pengendara. Selain itu, bagasi di bawah jok memiliki kapasitas yang cukup untuk memuat satu helm dan perlengkapan berkendara lainnya.

66903-aerox_abs.jpg

Spesifikasi Yamaha Aerox

Dimensi

Panjang

1.980 mm

Lebar

700 mm

Tinggi

1.150 mm

Wheelbase

1.350 mm

Ground Clearance

143 mm

Tinggi tempat duduk

790 mm

Berat isi

125 kg (ABS), 122 kg (Standard)

Kapasitas tangka bensin

5,5 L

Mesin

Tipe Mesin

Liquid cooled, 4-stroke, SOHC

Kapasitas

155 cc

Jumlah silinder

Single cylinder

Diameter x Langkah

58,0 mm x 58,7 mm

Perbandingan kompresi

11,6:1

Tenaga maksimum

15,15 hp @8000 rpm

Torsi maksimum

13,9 Nm @6.500 rpm

Sistem starter

Electric Starter

Sistem pelumasan

Basah

Kapasitas oli mesin

1,00 L (total), 0,90 L (berkala)

Sistem bahan bakar

FI (Fuel Injection)

Tipe kopling

Kering, Centrifugal Automatic

Tipe Transmisi

V-belt Automatic

Kaki-kaki

Tipe

Underbone

Ukuran ban depan

110/80-14M/C 53P

Ukuran ban belakang

140/70-14M/C 62P

Suspensi depan

Teleskopik

Suspensi belakang

Unit Swing

Rem depan

Disc

Rem belakang

Drum

Fitur

  • Fully Faired Aerodynamic Look
  • LED Head & Tail Light
  • Hazard Lamp
  • Comfortable Tandem Seat
  • Sporty-Integrated Rear Handle Grip
  • Super Wide Tubeless Tire
  • Teknologi Blue Core & Variable Valve Actuation (VVA)
  • Smart Motor Generator
  • Twin Sub-Tank Suspension*
  • Full Digital Speedometer
  • Handle Bar Switch Control
  • Electric Power Socket
  • Spacious Baggage
  • Smart Key System*
  • Anti-Lock Braking System*
  • Stop & Start System*
  • Yamaha Motorcycle Connect

66903-aerox_standard_cyber_city.jpg

Tipe Yamaha Aerox

Yamaha Aerox terdiri dari 2 tipe, yaitu standar dan ABS. Masing-masing tipe tersebut juga tersedia dalam edisi khusus, dan memiliki bermacam varian warna.

Aerox tipe standar terdiri dari lima varian warna, mayoritas merupakan two-tone. Pilihannya ada kuning-biru, hitam-silver, merah metalik, biru cyan-silver, dan biru berkelir merah sebagai varian Cyber City Color.

Sementara itu, Aerox tipe ABS tersedia dalam tiga warna, yakni silver, hitam, dan putih-strip-merah yang merupakan edisi khusus 60 tahun Yamaha di World GP. Edisi tersebut dikeluarkan pada 2021.

Harga Yamaha Aerox 2022

Harga Yamaha Aerox mulai Rp27 juta-an hingga Rp30 juta-an.

Berikut rincian harga seluruh varian Yamaha Aerox per November 2022 untuk wilayah Jakarta.

Model

Harga

All New Aerox 155 Connected

Rp27,075 juta

All New Aerox 155 Connected Cyber City

Rp27,275 juta

All New Aerox 155 Connected/ABS

Rp30,605 juta

All New Aerox 155 Connected/ABS World GP 60th Anniversary Livery

Rp31,11 juta

Simulasi Kredit Yamaha Aerox

Pembelian Yamaha Aerox di seluruh diler resmi Yamaha bisa dilakukan secara tunai maupun kredit. Bila Anda memilih metode kredit, sebaiknya ketahui dahulu simulasi kreditnya agar bisa mempersiapkan bujet yang akan dikeluarkan.

Berikut adalah contoh simulasi kredit untuk pembelian Yamaha Aerox terbaru tipe terendah dengan down payment (DP) sebesar 10/15/20/25/30 persen, dan tenor dari 12 bulan hingga 36 bulan.

Yamaha Aerox 155 Connected Rp27,075 juta

DP

Tenor 12 bulan

Tenor 24 Bulan

Tenor 36 bulan

Rp2,707 juta

Rp2,497 juta

Rp1,491 juta

Rp1,173 juta

Rp4,061 juta

Rp2,359 juta

Rp1,409 juta

Rp1,108 juta

Rp5,415 juta

Rp2,22 juta

Rp1,326 juta

Rp1,043 juta

Rp6,768 juta

Rp2,081 juta

Rp1,243 juta

Rp997 ribu

Rp8,122 juta

Rp1,943 juta

Rp1,16 juta

Rp912 ribu

Perhitungan simulasi kredit Yamaha Aerox di atas hanya merupakan contoh. Untuk mengetahui perhitungan yang sesungguhnya bisa menghubungi diler Yamaha terdekat.

FAQ

Q: Berapa harga Aerox 155 ABS?

A: Harga untuk All New Aerox 155 Connected/ABS adalah Rp30,605 juta , sedangkan Aerox Connected ABS edisi 60 tahun World GP Rp31,11 juta.

Q: Berapa kapasitas tangki bensin motor Aerox?

A: Pada Yamaha Aerox terbaru disematkan tangki bensin berkapasitas 5,5 L, sementara Aerox generasi sebelumnya memiliki tangki bensin kapasitas 4,6 L.

Q: Berapa efisiensi bahan bakar Aerox?

A: Berdasarkan beberapa sumber, Yamaha Aerox memiliki tingkat efisiensi bahan bakar di kisaran 40 – 50-an kilometer per liter. Angka tersebut tidak pasti karena konsumsi bahan bakar motor tergantung dengan beberapa faktor, salah satunya cara pemakaian.

[ABP/Ses]

Tag Terkait

Aerox 155 berita Spesifikasi Yamaha Aerox Harga Motor Aerox All-new Yamaha Aerox 155 Connected news Yamaha Berita Otomotif Harga Yamaha Aerox 2022

Author

Berita Utama

Berita Populer

Lihat semua »