First Drive All New Toyota Agya: Ini Beda yang LCGC dan GR Sport

Review

JAKARTA – All New Toyota Agya secara umum mengalami peningkatan yang sangat terasa. Apalagi jika bicara varian GR Sport.

Toyota, di sela-sela Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2023, memberikan kesempatan Mobil123.com menjajal All New Agya di sekitar komplek Gelora Bung Karno (GBK), Senayan.

City car tersebut baru saja meluncur dalam GJAW 2023. Pameran itu sendiri berlangsung pada 10-19 Maret di Senayan.

67879-all-new-toyota-agya-g-cvt-black-3.jpg

Harga Agya generasi kedua, untuk varian-varian yang masih bertahan di segmen low cost green car (LCGC), berkisar di Rp167,9 juta sampai Rp191,4 juta on the road (OTR) Jakarta.

Rincian tipenya adalah E MT, G MT, G CVT.

Harga All New Agya GR Sport yang sudah ‘minggat’ dari segmen dengan insentif pajak plus pembatasan banderol dari pemerintah tersebut, di sisi lain, Rp237,5 juta hingga Rp256 juta OTR Jakarta.

67879-all-new-toyota-agya-gr-sport-cvt-two-tone-3.jpg

Tipenya secara umum terbagi menjadi GR Sport MT dan GR Sport CVT.

Dua mobil disiapkan dalam test drive singkat All New Agya. Tipe G CVT mewakili Agya di segmen LCGC, sedangkan tipe GR Sport CVT Two Tone mewakili model yang non-LCGC.

Bagaimana rasanya keduanya? Simak ulasannya berikut ini.

Perbedaan All New Agya LCGC dan All New Agya GR Sport

Eksterior dan Interior

67879-all-new-toyota-agya-gr-sport-tampak-samping-3.jpg

Desain eksterior All New Agya sudah jauh berubah dari generasi pertama. Tapi, opsi GR Sport menjadi lebih ‘garang’ lagi.

Soalnya, tampilan luar GR Sport ditambahkan aksesori tambahan seperti GR front aero mudguard, GR side skirt, GR rear aero mudguard, GR skid plate, pelek lebih besar 1 inci dengan desain berbeda (15 inci, desain machinering).

Ada lagi emblem GR Sport pada pintu bagasi.

Gril depan All New Agya GR Sport berkelir hitam legam, beda dengan versi LCGC-nya yang masih ada aksen kromium. Logonya pun sudah logo Toyota, bukan lagi lambang burung seperti pada versi LCGC.

Emblem ‘Astra Toyota Agya’ tidak terlihat lagi pada pintu bagasi varian GR Sport.

67879-all-new-toyota-agya-berdesain-makin-sporty-3.jpg

Untungnya, baik yang LCGC maupun non-LCGC punya roof spoiler yang menambah kesan sporty.

Beralih ke interior, penampakan dasbor All New Agya secara umum mirip Toyota Raize. Tapi, lekuk-lekuknya lebih berkesan tajam serta sporty.

Meter cluster All New Agya GR Sport sudah 100 persen digital seperti Raize. Sementara itu, meter cluster All New Agya LCGC masih berdesain analog.

67879-all-new-toyota-agya-gr-sport-cvt-interior-3.jpg

Jok kursi depan All New Agya GR Sport dilapisi bahan mirip suede yang terlihat mewah. Lingkar kemudinya sudah pula berbalut material kulit sintetis.

Ini masih ditambahkan dengan aksen jahitan merah di kursi depan, setir, tuas transmisi. Jok kursi belakang berbahan fabric dengan penampakan polos warna hitam.

Floormat atau karpet lantai baris pertama-kedua memperlihatkan logo GR Sport.

67879-all-new-toyota-agya-g-cvt-interior-3.jpg

All New Agya LCGC, di sisi lain, masih menggunakan jok kursi depan-belakang berbahan fabric dengan pola terkesan kurang premium.

Head rest dengan sandaran kepala terpisah, untungnya, menjadi kelengkapan standar bagi seluruh tipe. Setirnya pun sudah punya pengaturan tilt (atas-bawah), tapi belum telescopic (maju-mundur).

Teknis dan Performa

67879-dnga-platform-ilustration.jpg

Bicara teknis dan performa All New Agya lebih seru lagi. Ini karena perubahannya tak kalah signifikan.

Secara umum, diferensiasi All New Agya ada pada platform baru Daihatsu New Global Architecture (DNGA), mesin 1.2-liter baru berkode WA-VE, transmisi otomatis D-CVT baru, serta perangkat kaki-kaki baru.

Platform DNGA dan kaki-kaki anyar All New Agya membuatnya menjadi lebih stabil dan rigid, tapi tetap cukup empuk. Body roll-nya juga sudah jauh berkurang, tak selimbung generasi terdahulu.

Ini lebih terasa lagi pada All New Agya GR Sport berkat penggunaan shock absorber plus coil spring yang lebih kaku lagi.

Handling All New Agya GR Sport juga lebih asyik dan responsif. Sebabnya adalah pemakaian steering gear dengan gear ratio lebih rendah, penggunaan power steering dan power motor dengan spesifikasi lebih tinggi, plus ban jenis sports.

Putaran setir All New Agya GR Sport menjadi jauh lebih sedikit jika dibandingkan All New Agya LCGC, untuk mendapatkan sudut belok yang sama.

67879-all-new-toyota-agya-gr-sport-mesin-3.jpg

Mesin 1.2-liter WA-VE, tiga silinder, DOHC, Dual VVT-I All New Agya LCGC dan GR Sport sama. Tapi, tarikannya pada putaran bawah sangat berbeda.

Putaran mesin pada All New Agya LCGC lebih lambat naik, ketimbang versi GR Sport yang lebih galak.

Transmisi D-CVT membuat perpindahan gigi jauh lebih halus untuk All New Agya G CVT maupun GR Sport.

Sayangnya, pada test drive singkat kemarin, belum banyak aspek lain All New Agya yang bisa dirasakan. Misalnya saja performa putaran tengah dan atas mesin, kinerja kaki-kaki pada berbagai kondisi manuver, maupun konsumsi bahan bakar minyak (BBM).

Fungsi Power Mode pada kedua tipe juga belum bisa ‘dicicipi’.

Fitur-fitur

Bicara fitur, perbedaan All New Agya G CVT dengan GR Sport CVT terbilang minim. Dari penelusuran dalam waktu sebentar itu, GR Sport tampak punya penambahan Electric Outer Mirror, Wireless Charging, Head Unit lebih besar 1 inci (8 inci berbanding 7 inci sebagai standar), plus Steering Switch Button lebih lengkap.

Sisanya sama. All New Agya tipe G CVT dan GR Sport CVT punya antara lain Paddle Shift, Digital AC, Power Mode.

Fitur standar All New Agya sendiri sudah terbilang unggul di kelasnya masing-masing, khususnya jika bicara aspek keamanan dan keselamatan.

Seluruh tipe mendapatkan sistem pengereman ABS+EBD, Rear Parking Sensor, Speed Sensor Lock, Alarm dan Immobilizer, Isofix, serta Seat Belt Warning, Dual Airbags, Vehicle Stability Control (VSC), dan Hill Start Asssist (HSA). [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<< 

Tag Terkait

Agya 2023 berita test drive All New Toyota Agya All New Agya test drive Toyota Agya 2023 Toyota news Toyota Agya 2023 All New Toyota Agya test drive Toyota Agya Toyota Indonesia

Author

Berita Utama

Berita Populer

Lihat semua »