Yakin Mau Beli Mobil Listrik Sekarang? Sebentar Lagi Harga Turun

Berita Otomotif

JAKARTA – Kepala Staf Presiden, Moeldoko yakin bahwa kendaran listrik di Indonesia dalam waktu dekat akan memiliki harga yang murah.

Hal ini karena dalam watu dekat, Indonesia dapat memproduksi komponen-komponen kendaraan listrik secara lokal. Dengan demikian, kendaraan listrik yang selama ini diimpor dari luar negeri sudah bisa diprodiksi lokal dan harga menjadi lebih bersaing.

“Pertama baterai, kedua motor listrik, ketiga controller yang bisa mengubah kecepataan, keempat adalah inverter untuk mengubah dari DC ke AC dan Charging station,” ungkapnya di Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019.

Hingga saat ini, beberapa komponen tersebut memang masih belum umum di Indonesia. Inilah yang menjadikan harga mobil listrik menjadi lebih mahal dibandingkan kendaraan lain. Untuk itu, Pemerintah diklaim sedang menawarkan kepada berbagai pihak untuk bisa memproduksi komponen kendaraan listrik di dalam negeri.

“Lima hal ini sebentar lagi kita miliki. Kita bisa membangun motor sendiri, kita bisa membangun baterai sendiri. Baterai itu terdiri dari tiga komponen yaitu cell baterai, lali managing baterai dan terakhir packagingnya. Maganging baterai kita ada ahlinya, baterai cellnya sebentar lagi diproduksi di Morowali dan packingingnya sangat mudah,” tegasnya.

Dengan komponen-komponen tersebut diproduksi secara lokal, maka bukan tidak mungkin kendaraan listrik bisa menjadi lebih terjangkau. Terlebih, Pemerintah akan memberikan beragam keuntungan tambahan.

“Saya memprediksi kalau mobil listrik sekarang memang harganya mahal tapi sebentar lagi kendaraan listrik akan menjadi konsumsi yang bisa dinikmati oleh masyarakat Indonesia secara luas,” pungkasnya. [Adi/Ari]

Tag Terkait

Indonesia Electric Motor Show kendaraan listrik IEMS 2019 IEMS Mobil Listrik

Author

Berita Utama

Berita Populer

Lihat semua »