Wuling Bantah Produknya Tidak Aman

Panduan Pembeli

JAKARTA – Wuling Motors Indonesia menjawab hasil tes tabrak yang dilakukan ASEAN NCAP baru-baru ini.

Seperti telah diwartakan sebelumnya, Wuling Confero mendapat hasil buruk pada saat melakukan tes tabrak depan maupun samping. Low MPV tersebut dianggap berbahaya bagi pengendara maupun penumpang karena tidak dilengkapi dengan airbag.

Wuling Confero yang tidak menggunakan airbag adalah varian terendah dari Low MPV asal China tersebut. Varian ini dikatakan oleh pihak ASEAN NCAP berdasarkan volume penjualan. Dalam pengujian, ASEAN NCAP memang selalu menggunakan varian terbawah dan berdasarkan asumsi volume penjualan. 

“Wuling Confero yang di tes itu memang varian paling bawah. Sebenarnya tipe ini sudah memenuhi kriteria keselamatan yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia. Tipe ini juga bukan yang paling laku di Indonesia,” jawab Dian Asmahani selaku Brand Manager PT SGMW Motor Indonesia kepada Mobil123.com (15/11/2018).

Wuling Confero tipe terbawah, diakui memang tidak dilengkapi dengan fitur airbag untuk keselamatan pengemudi maupun penumpang. Namun Dian mengatakan bahwa kendaraan tersebut telah menggunakan beberapa perangkat keselamatan pasif.

“Tipe terbawah dari Confero sebenarnya sudah dilengkapi dengan beberapa fitur keselamatan seperti safety belt, auto door lock, child safety locks dan reminder safety belt,” ungkap Dian kemudian.

Menurutnya Wuling Confero S 1.5 L merupakan varian paling laris di Indonesia selama ini. Sejak diluncurkan pada kuartal ketiga 2017, varian tersebut di atas mendominasi 40 persen lebih laris dibandingkan lainnya.

Sekedar informasi, ASEAN NCAP melakukan tes secara independen terhadap mobil-mobil yang beredar di pasaran. Khusus untuk pasar Indonesia, mereka mengatakan telah menguji 44 model termasuk Wuling Confero.

Kehadiran ASEAN NCAP sangat baik bagi konsumen. Badan independen ini menguji tingkat keamanan dari sebuah mobil. Mereka juga kerap ‘menyentil’ pabrikan mobil yang masih mengesampingkan peranti keselamatan. [Dew/Ari]

Tag Terkait

asean ncap mobil china wuling Wuling Confero Wuling Motors indonesia

Author

Berita Utama

Berita Populer

Lihat semua »