Wuling Confero Hanya Raih Satu Bintang pada Uji Tabrak ASEAN NCAP

Panduan Pembeli

Wuling Confero Hanya Raih Satu Bintang pada Uji Tabrak ASEAN NCAP

JAKARTA – Wuling Confero menuai hasil buruk saat melakukan uji tabrak oleh ASEAN NCAP pada November 2018.

Sebagai pendatang baru di kelas Low MPV, Wuling Confero menarik perhatian publik karena ditawarkan dengan harga cukup bersahabat. Jika dibandingkan dengan pesaingnya di segmen yang sama, mobil asal China tersebut mendapat hasil paling buruk.

Berdasarkan hasil yang dikeluarkan oleh ASEAN NCAP, Toyota Avanza sang pelopor di kelasnya meraih bintang 4 dari 5 untuk Adult Occupant Protection (OCP). Sementara Low MPV tersebut mendapat nilai 2 dari 5 bintang untuk perlindungan anak-anak.

Nissan Livina juga mendapat hasil yang serupa dengan Toyota Avanza. Low MPV lansiran Jepang tersebut cukup baik dalam melindungi penumpang dewasa, namun tidak cukup memberikan keamanan memadai bagi penumpang anak-anak.

Setali tiga uang dengan nilai yang diraih oleh Suzuki Ertiga dan Daihatsu Xenia. Kedua Low MPV tersebut hanya mampu mendapatkan 4 dari 5 bintang untuk penumpang dewasa. Sementara untuk anak-anak kedua mobil tersebut hanya mendapatkan 2 bintang saja.

Tidak berbeda dengan Mitsubishi Xpander yang tengah populer belakangan ini. Low MPV dengan penjualan paling laris beberapa bulan belakangan, meraih 4 dari 5 bintang pada penumpang dewasa. Untuk anak-anak, sebagai mobil keluarga Xpander tidak cukup melindungi.

Wuling Confero merupakan Low MPV paling buruk dalam melindungi penumpang dewasa maupun anak-anak. Mobil asal China tersebut hanya mendapat 1 dari 5 bintang. Hal ini cukup mencengangkan karena popularitas kendaraan ini cukup baik.

“Wuling Confero adalah satu-satunya mobil di kelas Low MPV yang tidak menggunakan airbag. Unit yang kami gunakan adalah confero tipe paling standar. Kami memang menguji kendaraan yang volume penjualannya paling tinggi,” ujar Yahaya bin Ahmad, Sekjend ASEAN NCAP. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support