Wow, Lockdown Tingkatkan Stress dan Kecemasan Pengemudi

Berita Otomotif

LONDON – Pandemi corona virus disease 2019 (Covid-19) ternyata meroketkan kecemasan dan stress para pengemudi dan pesepedamotor, sekaligus menurunkan tingkat percaya diri mereka.

Menurut suatu penelitian badan nirlaba keselamatan jalan mandiri terbesar di Inggris IAM RoadSmart, satu dari lima pengemudi dan pengendara lebih cemas berada di jalan sejak dimulainya penguncian (lockdown). Dengan lockdown lokal menjadi semakin umum dan berlanjut ke tingkat nasional selama beberapa bulan mendatang meroketkan stress dan menurunkan tingkat kepercayaan dalam mengemudi sehari-hari. Ini semua dipicu oleh periode kedua yang berkepanjangan di jalan raya, yang dapat memiliki implikasi keselamatan jalan raya.

Lebih dari delapan dari 10 pengendara yang disurvei mengaku 'menderita dalam diam' setelah merasa mereka tidak mendapatkan dukungan yang mereka butuhkan untuk mengatasi perasaan cemas yang disebabkan oleh lockdown. Angka ini dapat meningkat jika terjadi penguncian lebih lanjut, menghadirkan risiko keselamatan jalan raya yang lebih besar.

<RELATED> Dari 1.000 orang yang disurvei, 65 persen merasa khawatir untuk menawarkan seseorang, seperti teman atau kolega, tumpangan di mobil atau sepedamotor mereka, karena takut tertular COVID-19.

“Mekanika mengemudi atau berkendara tidak akan menguap karena lockdown, tetapi kepercayaan diri dan keakraban mengendarai mobil atau mengendarai sepedamotor mungkin, yang dapat meningkatkan tingkat kecemasan,” ujar rofesor Alex Stedmon, seorang psikolog kognitif yang bekerja sebagai konsultan transportasi independen di Open Road Simulation Ltd. Keahliannya telah menyoroti bagaimana keterampilan mengemudi atau berkendara tidak mungkin hilang selama lockdown, tetapi kepercayaan diri dan keakraban itu mungkin.

Richard Gladman, Kepala Standar Mengemudi dan Berkendara IAM RoadSmart, mengatakan: "Keyakinan adalah faktor utama dalam cara kita mengemudi atau berkendara, terutama bagi mereka yang jarang mengemudi atau jarang berkendara dalam beberapa bulan terakhir. Hilangnya kepercayaan diri dapat meningkatkan kecemasan yang pada gilirannya menempatkan kita pada risiko lebih besar untuk terlibat dalam suatu insiden di jalan.”

Menurutnya ada beberapa hal sederhana yang dapat kita lakukan untuk memastikan kita menjaga kepercayaan diri dan meminimalkan risiko kecemasan yang muncul saat kita mengemudi atau berkendara.

“Melalui perencanaan dan persiapan sebelum perjalanan Anda, tetap fokus pada jalan dan menghindari gangguan dan dengan berbagi jalan secara penuh pertimbangan dengan semua pengguna jalan lainnya, dengan memperhatikan batas-batas kita dan meluangkan waktu untuk mendapatkan dasar-dasar yang benar, kita semua dapat tetap tajam dan menjaga keselamatan."

Temuan lebih lanjut dari survei tersebut juga mengungkapkan perbedaan sikap terhadap tingkat stres dan kecemasan di wilayah Inggris:

  • Peningkatan jumlah pengendara sepedamotor di jalan raya menyebabkan mereka di Skotlandia menjadi yang paling stres, dengan hampir setengah (46 persen) orang mengakui hal ini, diikuti oleh 41 persen orang di Tenggara
  • Sementara 39 persen orang di Irlandia Utara menemukan lebih banyak pejalan kaki di jalan dan trotoar sebagai sumber stres terbesar dan peningkatan tingkat kecemasan sejak dimulainya penguncian
  • Di West Midlands, 54 persen pengendara sangat memperhatikan standar mengemudi orang lain setelah lama berhenti di jalan selama penguncian, diikuti oleh 44 persen pengendara di South West yang juga memiliki kekhawatiran yang sama
  • Di Wales, 75 persen pengendara, dan di London 67 persen pengendara, paling khawatir tertular COVID-19 karena memberi tumpangan di mobil atau motor. [Idr]

Tag Terkait

covid-19 Corona PSBB lockdown PSBB Jakarta

Author

Berita Utama

Berita Populer

Lihat semua »