Toyota e-Palette, Kendaraan Komersial Masa Depan

Berita Otomotif

LAS VEGAS – Toyota e-Palette dibawa Toyota dalam ajang Consumer Electronics Show 2018.

Ini adalah sebuah kendaraan konsep dimana Toyota hanya membuat hardwere dari sebuah kendaraan sementara perusahaan lain akan menciptakan softwere untuk mengoperasikan kendaraan.

Toyota pun mengumumkan e-Palette Alliance yang merupakan partner untuk mengembangkan kendaraan ini. Mereka adalah Pizza Hut, Amazon, Mazda dan Uber yang memanfaatkan Toyota’s proprietary Mobility Services Platform (MSPF). Aliansi ini bertujuan untuk mengembangkan layanan mobilitas yang tepat untuk masa depan.

Jika dilihat dari eksterior, mobil ini mungkin terlihat aneh. Hanya kotak seperti pemanggang roti yang diberikan roda pada bagian bawahnya. Namun, Toyota e-Palette diklaim memiliki beragam keunggulan dibandingkan kendaraan pada umumnya.

Salah satunya adalah kemudahan memodifikasi interior kendaraan. Dengan demikian maka Toyota e-Palette akan lebih mudah untuk dijadikan sebagai kendaraan pengirim paket, kendaraan untuk taksi online dan sebagainya.

Bahkan Toyota mengklaim e-Palette dapat digunakan untuk beberapa perusahaan sekaligus dan diatur sesuai kebutuhan masing-masing. Dengan demikian tidak akan aneh bila Toyota e-Pallete digunakan untuk mengirim Pizza saat siang hari namun digunakan sebagai taksi online di malam harinya.

Sejumlah perusahaan nantinya akan menggunaan Toyota e-Palette dan membuat softwere mobil otonom mereka sementara teknologi Toyota akan menjaga agar softwere tersebut dapat beroperasi normal.

Meski ini masih konsep dan masih dalam pengembangan, namun , Akio Toyoda, Presiden Toyota mengatakan bahwa kendaraan konsep ini adalah batu loncatan untuk model bisnis baru. Toyota berharap agar dapat melakukan pengujian kendaraan ini pada awal 2020 dan memberikan solusi baru untuk mobilitas para atlet olimpiade 2020 di Tokyo. [Adi/Ari]

 

Tag Terkait

mobil konsep toyota Toyota-NCSR toyota mobil mobil toyota Toyota Indonesia

Author

Berita Utama

Berita Populer

Lihat semua »