Mobil Listrik Korea All New Hyundai Kona EV Sebentar Lagi Meluncur di Indonesia

Mobil Listrik

JAKARTA – All New Hyundai Kona EV tak lama lagi bakal meramaikan persaingan mobil listrik di Indonesia.

Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Fransiscus Soerjopranoto menjelaskan bahwa peluncuran All New Kona EV semakin dekat.

“Sebentar lagi,” tegas dia dalam Halal Bihalal Hyundai pada Rabu (8/5/2024) malam di Jakarta.

Sayang, Soerjo menolak memberitahukan lebih detail mengenai waktunya. All New Kona EV sendiri sudah Hyundai perkenalkan terlebih dahulu dalam Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 pada 15-25 Februari di Kemayoran, Jakarta.

Satu hal yang Soerjo pastikan, All New Kona EV bakal menjadi opsi mobil listrik yang lebih terjangkau ketimbang dua model yang mereka punya pasarkan saat ini yaitu Hyundai Ioniq 5 dan Hyundai Ioniq 6. All New Kona EV sendiri sejak beberapa waktu lalu telah ia pastikan akan dirakit lokal di pabrik Cikarang, Bekasi menemai Ioniq 5.

“Dengan adanya pabrik baterai, berarti kami bisa punya kemampuan untuk menghadirkan model-model mobil listrik yang lebih premium atau bisa lebih di bawah,” tandas dia menyinggung fasilitas di Karawang, Bekasi yang sedang dibangun dan ditargetkan beroperasi pada 2024.

Sekadar mengingatkan, daftar varian dan harga off the road (sebelum pajak) dari model yang diduga All New Kona EV telah muncul di situs Informasi Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) DKI Jakarta.

Ada Prime Standard Range (Rp421 juta), Prime Long Range (455 juta), Signature Standard Range (436 juta), plus Signature Long Range (470 juta).

Hyundai kini masih menjual model-model mobil listrik di harga yang relatif premium, mulai dari Rp700 jutaan hingga tembus Rp1 miliar. Harga on the road (OTR) Jakarta Ioniq 5, per Mei 2024, ialah Rp722 juta sampai Rp820 juta. Ioniq 5 Batik Special Edition malah Rp915 juta.

Adapun Ioniq 6 sudah berbanderol miliaran rupiah. Harga OTR Jakarta dari mobil listrik keren itu mencapai Rp1,22 miliar.

Soerjo mengatakan studi terkait harga OTR maupun spesifikasi All New Kona EV yang dirasa mampu kompetitif di pasar Indonesia hampir rampung.

“Kami memang lagi studi kebutuhan dari konsumen itu terhadap spesifikasi, terhadap harga seperti apa. Nah, dari situ, kami akan tentukan spesifikasi apa yang pas buat konsumen,” lontar mantan eksekutif PT Toyota Astra Motor (TAM) ini.

“Sekarang udah hampir selesai. Sedikit lagi, kami akan bisa menentukan berapa harganya, bagaimana spesifikasinya detailnya. Harap bersabar,” tutup Soerjo terkait All New Kona EV. [Xan]

Tag Terkait

Hyundai Hyundai Indonesia All New Hyundai Kona EV All New Kona EV Hyundai Kona EV 2024 Hyundai Kona EV Mobil Listrik mobil listrik Hyundai

Author

Berita Utama

Berita Populer

Lihat semua »