Komentar Mazda yang Mau ‘Disalip’ Chery di Ranking 11 Merek Mobil Terlaris

Berita Otomotif

SEMARANG – Mazda mengomentari target Chery yang ingin menggeser posisi mereka di daftar merek mobil terlaris di Indonesia. Apa kata Mazda?

Mazda, jika melihat data penjualan retail Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Januari-September 2023, ada di peringkat ke-11 merek mobil terlaris dengan volume 3.780 unit, dengan pangsa pasar 0,5 persen. Jika bicara hanya merek mobil penumpang, Mazda ada di peringkat kedelapan.

Chery, yang kini ada di peringkat ke-12 merek mobil terlaris dan posisi kesembilan merek mobil penumpang terpopuler, sudah mengumandangkan keyakinan bisa mengambil posisi Mazda di akhir 2023.

Menanggapi hal tersebut, eksekutif PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) selaku agen pemegang merek Mazda di Tanah Air mengaku tidak masalah jika pun benar bisa digeser Chery di penghujung tahun nanti.

“Tidak masalah (kalau pun digeser Chery). Kami tidak pernah mempertimbangkan dan enggak pernah menganggap volume (penjualan) sebagai KPI (key performance indicator/target kinerja utama) terpenting kami. Itu tidak menjadi masalah,” kata Managing Director EMI Ricky Thio di sela-sela Media Test Drive Mazda CX-60 di Semarang, Jawa Tengah pada 18-20 Oktober 2023.

“Yang kami pentingkan, yang kami ingin lakukan adalah para konsumen kami mengerti dan puas dengan value (nilai) yang kami punya,” lanjut dia.

Pemikiran itu, tukas Ricky, diperlihatkan dengan jumlah diler Mazda di Indonesia yang hanya sekitar 26 outlet. Sebagai perbandingan saja, Chery menargetkan untuk memiliki 60 diler pada penutupan 2023 kelak.

“Kami tidak menambah diler segitu cepat dan segitu banyaknya. Saya belum tahu, tapi mungkin dalam tiga atau empat tahun ke depan kami cuma akan punya sekitar 40 diler,” pungkasnya.

Selisih volume penjualan retail antara Mazda dengan Chery sendiri saat ini terbilang tipis. Selama sembilan bulan pertama 2023, Chery mendistribusikan 3.087 unit dari diler ke konsumen.

Artinya, perbedaan transaksi jual-beli antara Mazda dengan Chery hanya 693 unit.

Chery sendiri punya target untuk menjual minimal 1.000 unit per bulan mulai November mendatang, sementara target Mazda pada 2023 adalah menjual secara total 5.000 unit. [Xan/Ses]

Tag Terkait

Mazda mazda indonesia Chery Chery Indonesia merek mobil terlaris merek mobil terlaris di Indonesia news berita

Author

Berita Utama

Berita Populer

Lihat semua »