Goda ‘Sultan’ Indonesia Saat Pandemi, Ferrari Luncurkan 1 Supercar Baru Lagi

Mobil Baru

JAKARTA – Ferrari beberapa pekan lalu baru saja meluncurkan dua supercar keren di Indonesia. Kini, satu supercar lagi menyusul di tengah masa pandemi Covid-19, yaitu Ferrari F8 Spider.

Sekadar mengingatkan, dua supercar anyar Ferrari di Indonesia tersebut adalah F90 Stradale dan Roma. Kehadirannya sekaligus menjadi perkenalan distributor resmi baru Ferrari di Indonesia yaitu PT Eurokars Prima Utama (EPU).

63164-ferrari-sf90-stradale-dan-ferrari-roma-3.jpg

F8 Spider, menurut mereka melalui keterangan resmi pada Selasa (23/3/2021) kemarin, merupakan generasi terbaru mobil drop-top Ferrari. Retractable Hard Top (RHT) ini dirancang bersama-sama dengan F8 Tributo Berlinetta.

Atap solid F8 Spider dapat membuka atau menutup ketika mobil dalam kondisi berjalan dengan kecepatan hingga 45 km per jam. Proses dari awal hingga selesai memakan waktu sekitar 14 detik.

63164-ferrari-f8-spider-3.jpg

Dapur pacunya dimotori oleh mesin V8 yang diposisikan pada tengah-belakang bodi (mid-rear engine). Ferrari menyebutnya sebagai mesin V8 tersukses dalam rekam jejak perjalanan mereka di dunia otomotif, antara lain karena memenangkan gelar International Engine of The Year selama empat tahun berturut-turut sejak 2016 sampai 2019.

F8 Spider sendiri merupakan suksesor dari drop-top Ferrari lainnya, 488 Spider. Akan tetapi, semburan daya maksimalnya dari mesin 3.902 cc V8-nya lebih besar 50 cv, menjadi 720 cv di 8.000 rpm.

Adapun torsi puncaknya 770 Nm yang sudah bisa tergapai di 3.250 rpm.

Bobot bodi F8 Spider juga mampu direduksi 20 kg dibandingkan 488 Spider. Di sisi lain, jika dibandingkan dengan 488 Pista Spider, bobot F8 Spider masih lebih berat 20 kg

Aerodinamika F8 Spider lebih sempurna pula dari 488 Spider serta mengusung Side Slip Angle Control (SSC) versi 6.1 yang terintegrasi dengan Ferrari Dynamic Enhancer Plus (FDE+) untuk pengendalian kendaraan lebih baik termasuk ketika masuk dan keluar tikungan. Versi terkini dari SSC menjadikan FDE+ bisa diaktifkan di mode Race Manetinno.

Ada pula teknologi-teknologi lain semisal Variable Torque Management maupun Adaptive Performance Launch untuk membantu pengendalian. [Xan/Had]

Tag Terkait

F8 Spider Ferrari Indonesia PT Eurokars Prima Utama supercar Supercar Ferrari Ferrari Ferrari F8 Spider

Author

Berita Utama

Berita Populer

Lihat semua »