Ferrari Roma Spider Dijual di Indonesia, sudah Ada yang Pesan Sebelum Peluncuran!

Mobil Baru

JAKARTA – Ferrari Roma Spider resmi dipasarkan di Indonesia. Sebelum peluncuran resminya pun, sudah ada orang kaya negeri ini yang memesannya.

Roma Spider akhirnya dibawa oleh PT Eurokars Prima Utama (EPU), distributor resmi Ferrari di Tanah Air. Peluncuran dan perkenalan resminya ke konsumen berlangsung pada Selasa (5/12/2023) kemarin di Jakarta.

Tapi, sebelum hari itu pun, ada para ‘sultan’ yang mau lebih dulu memesan Roma Spider.

“Memang, event untuk konsumen itu 5 Desember. Tapi, ada juga konsumen-konsumen yang fanatik dan sudah tahu dari berita-berita dari luar negeri. Mereka mau inden, ya, kami terima. Jadi, iya, sudah ada (yang inden),” aku General Manager EPU Nini Chiandra.

Inden Roma Spider ke konsumen di Indonesia bisa berlangsung selama satu atau dua tahun. Tapi, menurut Nini, masa tunggu selama itu sudah biasa untuk merek-merek supercar seperti Ferrari.

“Bisa lebih (lama) untuk tipe-tipe tertentu. Tergantung dari pabriknya juga,” ucap dia.

Salah satu dari sekian banyak keistimewaan Roma Spider, menurut Nini, adalah modelnya yang konvertibel dengan atap soft top. Dia mengatakan sudah cukup lama Ferrari tidak merilis model konvertibel soft top.

“Terakhir itu di F430. Jadi ini baru pertama kali lagi Ferrari mengeluarkan yang soft top,” katanya.

Atap soft top Roma Spider bisa dibuka dalam waktu 13,5 detik. Proses buka-tutupnya bisa berlangsung dalam kondisi mobil berjalan, dengan kecepatan maksimal 60 km per jam.

Ferrari membenamkan mesin 3.855 cc V8 turbo di dapur pacu Roma Spider. Gelontoran tenaganya mencapai hingga 612 hp di putaran mesin 7.500 rpm. Adapun 80 persen torsinya sudah tersedia di putaran mesin 1.900 rpm.

Tenaga maupun torsinya disalurkan menuju kedua roda belakang melalui transmisi otomatis kopling ganda (dual-clutch) delapan percepatan.

Hasilnya, akselerasi 0-100 km per jam digapai hanya dalam waktu sekitar 3,3 detik saja. Sementara itu, ‘lari’ 0-200 km per jam cuma membutuhkan 9,7 detik.

Performanya masih dibantu antara lain oleh Slide Slip Control (SSC) 6.0, lima Drive Mode, Ferrari Dynamic Enhancer yang hanya aktif pada Mode ‘Race’, Electronic Stability Control. Sistem hiburan dalam kabin Roma Spider mengandalkan Head Unit 8,4 Inci, dengan konektivitas Android Auto serta Apple CarPlay. [Xan]

Tag Terkait

Ferrari Ferrari Indonesia Ferrari Roma Spider Roma Spider supercar Supercar Ferrari

Author

Berita Utama

Berita Populer

Lihat semua »