Wow, Konsumsi BBM Wuling Almaz Hybrid Diklaim Bisa Hemat Banget!

Berita Otomotif

JAKARTA – Konsumsi bahan bakar minyak (BBM) Wuling Almaz hybrid diklaim bisa nyaris 20 km per liter, menurut pengetesan internal.

Almaz hybrid meluncur di Indonesia pada Kamis (3/11/2022), sebagai kelanjutan dari strategi elektrifikasi kendaraan Wuling. Satu-satunya tipe yang dipasarkan memiliki harga on the road (OTR) Jakarta Rp470 juta.

Perpaduan mesin bensin dengan baterai plus motor penggerak listriknya digadang-gadang memberikan performa maupun efisiensi BBM yang lebih baik ketimbang Almaz versi konvensional bermesin 1.5-liter turbo.

“Tentang pemakaian BBM-nya, di headquarter (kantor pusat) kami sudah melakukan studi dengan metode NEDC dan diperoleh hasil hingga 19 km per liter,” aku Product Planning PT. SAIC General Motors Wuling (SGMW) Indonesia Danang Wiratmoko dalam sesi tanya-jawab dalam konferensi pers peluncuran di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara.

66901-wuling-almaz-hybrid-meluncur-di-indonesia-2022-3.jpg

Dapur pacu Almaz hybrid mengombinasikan mesin bensin 2.0-liter dengan baterai 1,8 kWh plus motor penggerak listrik. Daya serta torsi mesin pembakaran internalnya 123 hp dan 168 Nm, sedangkan tenaga maupun daya dorong dari motor penggerak mencapai 174 hp dan 320 Nm.

Sebagai padanannya, diberikan Hybrid Dedicated Transmission (HDT).

“Ini mesin baru yang memang dikembangkan khusus untuk hybrid,” kata Danang.

“Mesin ini pakai siklus Atkinson yang memang sangat digemari produsen-produsen otomotif di dunia untuk mobil hybrid. Efisiensi termalnya lebih tinggi dari siklus pada umumnya. Kalau dipadukan dengan sistem penggerak listrik, mesinnya bisa sangat efisien,” lanjut dia.

Baterai Almaz hybrid sendiri diletakkan di bagian belakang sasis. Tepatnya di bawah jok baris ketiga.

“Tentu, untuk mengoptimalkan ruang yang ada, beberapa ubahan kami lakukan. Salah satunya suspensi belakang torsion beam (sebelumnya indepent—Red). Dibandingkan Almaz biasa juga, peletakan knalpotnya ke belakang mengalami perubahan rute,” terang Danang.

Spesifikasi teknis, khususnya yang berkaitan dengan powertrain, menjadi diferensiasi paling kentara dari Almaz hybrid. Ubahan-ubahan lainnya lebih bersifat kosmetik, khususnya pada eksterior.

Almaz hybrid juga masih memiliki teknologi atau fitur canggih unggulan dari Almaz konvensional. Sebut saja Wuling Indonesian Command (WIND), Active Driving Assistance System (ADAS), Internet of Vehicle (IoV). [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<

 

Tag Terkait

Almaz hybrid berita harga Wuling Almaz hybrid konsumsi BBM Wuling Almaz hybrid news Wuling Almaz hybrid

Author

Berita Utama

Berita Populer

Lihat semua »