Resmi Beroperasi, Pabrik Hyundai dalam Waktu Dekat Rakit Mobil Listrik Ioniq 5

Berita Otomotif

JAKARTA - Pabrik Hyundai di Cikarang, Bekasi akhirnya resmi beroperasi. Pabrik ini akan merakit berbagai model, salah satunya yang terdekat ialah mobil listrik Ioniq 5.

Pabrik yang pembangunannya rampung Desember tahun lalu itu, menurut Hyundai dalam keterangan resminya, menjadi basis produksi mereka untuk kawasan Asia Tenggara.

Sebanyak 40 persen dari hasil produksinya nanti bakal diekspor ke berbagai negara seperti Thailand, Malaysia, Filipina.

“Indonesia adalah pusat dari strategi mobilitas Hyundai Motor ke depannya. Pabrik ini akan memainkan peran penting dalam industri otomotif khususnya di bidang kendaraan listrik,” kata Executive Chairman Hyundai Motor Group Euisun Chung dalam kata sambutan di seremoni peresmian pabrik, Rabu (16/3/2022).

65475-mobil_listrik_hyundai_ioniq_5_3.jpg

Pabrik di atas lahan seluas 77,7 hektare dan berkapasitas produksi 150 ribu unit setahun untuk 2022 tersebut, pada Januari kemarin, mulai memproduksi sport utility vehicle (SUV) Creta. Model pesaing Honda HR-V ini mengaspal pada November tahun lalu.

Dalam waktu dekat, menurut jenama asal Korea Selatan tersebut, mobil listrik Ioniq 5 mulai dirakit di sana.

Hyundai sendiri, sejak ditangani PT. Hyundai Motors Indonesia (HMID), telah meluncurkan dua mobil listrik pada 2020 yaitu Kona EV dan Ioniq EV. Ada pula SUV Palisade, Santa Fe facelift, Creta, ditambah multi purpose vehicle (MPV) Staria.

“Kami optimis, kehadiran pabrik ini akan mendorong Indonesia untuk memainkan peran penting di kancah internasional. Kami berharap teknologi baru yang diusung Hyundai di masa mendatang akan menjadi pondasi untuk kolaborasi yang jauh lebih besar antara Hyundai dan Indonesia,” ucap Euisun Chung lagi.

Hyundai menggelontorkan 1,55 miliar dollar AS untuk membangun pabrik di Cikarang. Kapasitas pabrik akan terus ditingkatkan hingga menjadi 250 ribu unit pada masa mendatang.

Hyundai kini sedang pula mendirikan pabrik perakitan baterai mobil listrik di Karawang, Jawa Barat. Modal 1,1 miliar dollar AS mereka bagi rata dengan korporasi senegara, LG, untuk pabrik yang dijadwalkan rampung 2023 dan beroperasi 2024 ini.

Hyundai pun ikut membantu pembangunan infrastruktur mobil listrik di Indonesia. Mereka sejauh ini ikut membangun 180 stasiun pengecasan.

“Hyundai akan terus berkontribusi dalam pembangunan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia melalui sinergi pabrik baterai yang sedang kami kembangkan,” tegas Euisun Chung.

Presiden Joko Widodo turut hadir dalam seremoni peresmian pabrik Hyundai Cikarang. Ia menekankan lagi Indonesia harus menjadi pemain penting di rantai suplai industri kendaraan listrik dunia, berbekal sumber daya mineral bahan baku baterai yang melimpah.

“Kita punya nikel kobalt sebagai material penting baterai lithium, bauksit yang bisa diolah menjadi alumunium dan kemudian dimanfaatkan untuk kerangka mobil listrik, serta tembaga yang dibutuhkan untuk baterai dan sistem kabel-kabel di mobil listrik,” pungkas Jokowi. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<

Tag Terkait

HYUNDAI IONIQ 5 Ioniq 5 kendaraan listrik Mobil Listrik mobil listrik Hyundai pabrik Hyundai

Author

Berita Utama

Berita Populer

Lihat semua »