Pelat Nomor Kendaaraan Akan Dipasang Cip? Ini Kata Korlantas Polri

Berita Otomotif

Jakarta – Tahun lalu Korlantas Polri sempat dikabarkan akan memasang cip khusus di pelat nomor kendaraan yang mengandalkan teknologi Radio Frequency Identification (RFID) dan rencana tersebut kembali mencuat untuk tahun 2023 ini.

67291-pelat.jpeg

Direktur Registrasi dan Identifikasi (Dirregident) Korlantas Polri, Brigjen Yusri Yunus, pun buka suara.

“Kalau untuk cip, baru wacana. Ke depan, penggunaan cip akan dilakukan setelah warna pelat kendaraan sudah berjalan,” ujar Yusri yang dikutip dari situs web NTMC Polri, Selasa (3/1/2023).

Sebagai informasi, RFID merupakan cip yang berfungsi membantu efektivitas dalam penerapan ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement) atau sistem tilang elektronik.

Bentuk kerja cip tersebut adalah menggunakan pancaran gelombang frekuensi radio untuk membaca alat bermuatan elektromagnetik.

Selain memuat berbagai informasi seperti data kendaraan pribadi dan penindakan bukti pelanggaran, cip ini diklaim mempunyai beberapa manfaat bagi masyarakat.

“Cipnya juga dapat digunakan untuk parkir elektronik dan e-toll,” kata Yusri.

Ia menyampaikan bahwa pihaknya akan bekerja sama dengan pihak tol.

Jika ada kendaraan yang jenis dan pelatnya tidak sesuai masuk tol, gerbang tol ini tidak akan terbuka.

Selain itu, Yusri mengimbau pengguna kendaraan untuk tidak memodifikasi font pelat nomor kendaraannya karena melanggar aturan perundang-perundangan yang berlaku.

Fokus pada Pelat Nomor Kendaraan Berwarna Dasar Putih

Diketahui, Korlantas Polri saat ini sedang fokus pada penerapan pelat nomor kendaraan dengan warna dasar putih di seluruh Indonesia.

Adapun alasan utama dilakukan penerapan pelat ini. Menurut Yusri, kepolisian sudah melakukan kajian mendalam soal perubahan warna dasar pada pelat nomor kendaran.

Hasilnya, warna dasar yang paling cocok untuk pelat ini adalah warna terang.

“Sudah ada satu aplikasi dari kepolisian. Dengan menggunakan aplikasi tersebut, terlihat warna dasar yang paling bagus adalah terang,” tutup Yusri.

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<

Tag Terkait

berita cip RFID pelat kendaraan kendaraan Korlantas Polri news Pelat Berita Otomotif cip rfid

Author

Berita Utama

Berita Populer

Lihat semua »