Para ‘Sultan’ Siap-siap Antre, Ferrari Purosangue Sudah Masuk Indonesia!

Mobil Baru

JAKARTA – Ferrari Purosangue akhirnya dijual di Indonesia. Para konglomerat berdompet tebal mesti siap-siap antre karena indennya yang amat lama.

Sport utility vehicle (SUV) pertama Ferrari tersebut, menurut keterangan resmi, meluncur di Indonesia pada Rabu (13/9/2023). Purosangue juga merupakan mobil empat pintu plus empat kursi pertama dari merek berlogo kuda jingkrak itu.

Seperti biasanya, harga jualnya dirahasiakan oleh PT Eurokars Prima Utama (EPU) selaku distributor resmi Ferrari di Tanah Air. Namun, pastinya hanya para ‘sultan’ yang koceknya cukup tebal untuk memboyong Purosangue.

Purosangue berarti ‘ras murni’. Para pesaingnya antara lain Lamborghini Urus, Porsche Cayenne, Bentley Bentayga, Maserati Levante, Aston Martin DBX 707.

"Batch pertama itu baru produksi di tahun depan dan tahun 2025 (dikirim ke konsumen). Tergantung dari produksi paling dalam setahun sudah bisa jadi," kata General Manager EPU Nini Chiandra.

Dapur pacu Purosangue dimodali mesin bensin F140IA V12 berkapasitas 6.5-liter yang diletakkan pada bagian tengah-depan (mid-front). Daya maksimumnya mencapai 725 cv di 7.750 rpm, dengan torsi puncak 716 Nm di 6.250 rpm.

Sebagai padanannya, diberikanlah transmisi kopling ganda (dual-clutch) delapan percepatan yang menyalurkan tenaga maupun torsi menuju keempat rodanya (four wheel drive/4WD).

Power Transfer Unit (PTU) diletakkan di depan mesin untuk menghasilkan girboks 4x4 yang unik. Distribusi bobot depan-belakang dari Purosangue adalah 49:51 persen yang Ferrari nilai memberikan efek optimal ke mobil sport mid-front engine.

Akselerasi 0-100 km per jam digapai hanya dalam 3,3 detik. Sementara itu, lari 0-200 km per jam membutuhkan waktu 10,6 detik.

Purosangue memiliki Ferrari Active Suspension Technology yang dijalankan oleh True Active Spool Valve (TASV) dari Multimatic, sebagai salah satu bagian dari sistem kontrol elektronik.

Di samping itu, masih ada SSC 8.0: 4RM-S evo, F1-Trac, ABS ‘EVO’ with Grip Estimation 2.0, ECS.

Purosangue juga canggih karena memiliki teknologi Advanced Driver Assistant System (ADAS).

Daftar fitur di dalamnya ialah Adaptive Cruise Control (ACC), Automatic Emergency Brake System (AEB), Auto High Beam (HBA/HBAM), Lane Departure Warning (LDW), Lane Keeping Assist (LKA), Blind Spot Detection (BSD), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Traffic Sign Recognition (TSR), Driver Drowsiness and Attention (DDA), dan rear-view parking camera (NSW). [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<

Tag Terkait

Ferrari Ferrari Indonesia Ferrari Purosangue Purosangue SUV Ferrari harga Ferrari Purosangue news berita

Author

Berita Utama

Berita Populer

Lihat semua »