Merek Mobil China bakal Makin Banyak, Hyundai: Kami Siap Berkompetisi!

Berita Otomotif

JAKARTA – Hyundai tidak heran dengan semakin banyaknya merek mobil China di Indonesia. Jenama asal Korea Selatan ini menyatakan siap bersaing secara sehat.

President Director PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Woojune Cha mengatakan merek-merek mobil China sekarang memang makin agresif masuk ke pasar di luar ‘Negeri Tirai Bambu’. Ini sudah menjadi sebuah tren global.

“Ini terjadi tidak hanya di pasar Indonesia tapi juga di negara-negara atau region-region lain seperti Amerika Serikat, Eropa,” kata usai peluncuran Hyundai Stargazer facelift, 17 Juli 2023.

Sekadar mengingatkan, dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada Agustus 2023 mendatang, terdapat lima merek mobil China baru yang berencana memperkenalkan diri. Tiga di antaranya berada di bawah panji Great Wall Motor (GWM) yakni Haval, Ora, Tank.

Dua sisanya ialah Neta serta Maxus.

Sebelum itu, pasar Indonesia sudah kedatangan beragam ‘pemain’ asal China. Sebut saja, misalnya, Wuling, Chery, DFSK, FAW, Hongyan, BYD.

Morris Garage (MG) juga bisa masuk dalam hitungan karena pabrikan mobil kelahiran Inggris ini sudah diakuisisi penuh oleh SAIC Group asal China.

Bahkan, mereka beroperasi di Indonesia sebagai PT SAIC Motor Indonesia.

Dari semua nama di atas, baru Wuling yang mampu menembus daftar 10 besar merek mobil terlaris di Tanah Air. Kompatriot dengan prestasi terdekat adalah Chery yang menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) periode Januari-Juni 2023 menempati peringkat ke-12.

Lebih lanjut, Cha menjelaskan bahwa kedatangan merek-merek mobil China membuat kompetisi semakin hari semakin menantang. Tapi, Hyundai ia klaim tidak memberi perhatian atau pun menyiapkan satu strategi khusus.

“Kami tidak terlalu memerhatikan hal itu. Saya hanya bisa mengatakan bahwa kami akan melakukan yang terbaik dan kami siap, seperti juga yang terjadi di pasar-pasar otomotif lainnya,” tegas Cha. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<< 

Tag Terkait

Merek mobil China mobil china Neta ORA Tank haval maxus Hyundai Hyundai Indonesia news berita

Author

Berita Utama

Berita Populer

Lihat semua »