Mau Beli Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5? Sabar, Ya, Indennya 4-5 Bulan

Berita Otomotif

JAKARTA - Inden mobil listrik Hyundai Ioniq 5 di Indonesia bisa mencapai lima bulan karena jumlah pemesanan yang melebihi perkiraan.

Direktur Penjualan PT. Hyundai Motors Indonesia (HMID) Erwin Djajadiputra mengatakan Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) Ioniq 5, menurut catatan terakhir, sudah mencapai lebih dari 1.700 unit.

Reaksi pasar terhadap mobil listrik rakitan Tanah Air pertama ini ia sebut sangat bagus.

“Per kemarin itu (SPK) 1.700-an unit sekian. Tiap hari bertambah terus. Kira-kira, per hari sekitar 50-60 unit penambahannya. Tergantung event, sih, ya. Apalagi kalau ada eksebisi. Tapi kira-kira segitu,” paparnya meladeni pertanyaan Mobil123.com dalam Media Gathering, Jumat (13/5/2022) malam di Jakarta.

65828-hyundai-ioniq-5-dilihat-para-pengunjung-iims-2022-3.jpg

Sekadar mengingatkan, Ioniq 5 meluncur 31 Maret 2022 pada hari pembukaan Indonesia International Motor Show (IIMS) di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Namun, harga on the road (OTR) Jakarta dari keempat tipenya diumumkan belakangan, tepatnya pada 22 April 2022, dengan kisaran Rp718-829 juta.

Erwin menjelaskan pengiriman crossover nihil emisi gas buang ini kepada konsumen baru mencapai kurang-lebih 100 unit. Produksinya di pabrik Cikarang, Bekasi sendiri memang baru dimulai bulan kemarin.

“Hari ini kalau di diler kami kira-kira sekitar empat sampai lima bulan. Tapi, kami berusaha mempercepat itu,” pungkasnya.

Chief Operating Officer HMID Makmur menilai SPK yang didapat Ioniq 5 fantastis untuk sebuah mobil listrik murni. Jumlahnya di luar estimasi Hyundai.

Pabrik Cikarang pun sedang berupaya menambah volume produksinya. Mereka telah mengajukan penambahan suplai komponen.

“Itu sudah kami request ke prinsipal dan kayaknya kesempatan mendapatkan ‘lampu hijau’ tambahan komponen besar. Sama seperti Hyundai Palisade kemarin. Pertama (impor CBU-nya) sedikit, lalu mendapat tambahan terus sampai akhirnya kami dapat memenuhi kebutuhan kami di Indonesia. Dukungan dari prinsipal terhadap Indonesia besar,” tegas dia.

Ioniq 5 menjadi model kedua yang dirakit di pabrik baru Hyundai di Indonesia. Sebelum itu, tepatnya pada Januari 2022, pabrik dengan kapasitas produksi 150 ribu unit setahun ini terlebih dahulu merakit sport utility vehicle (SUV) Hyundai Creta.

Selain Ioniq 5, Hyundai masih punya dua model mobil listrik lain yaitu Ioniq serta Kona EV. Keduanya meluncur pada semester dua 2020 tapi masih diimpor utuh hingga detik ini. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<

Tag Terkait

HYUNDAI IONIQ 5 Hyundai harga Hyundai Ioniq 5 mobil listrik Hyundai Ioniq 5 Ioniq 5 Mobil Listrik Rakitan Lokal Mobil Listrik mobil listrik Hyundai

Author

Berita Utama

Berita Populer

Lihat semua »