Jokowi Mau Kasih Mobil dan Motor Listrik ke SMK untuk Dipelajari

Berita Otomotif

JAKARTA – Presiden Joko Widodo berjanji akan membekali Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan kendaraan berteknologi listrik.

Hal tersebut ia katakan ketika menyambangi SMK Negeri 2 Kabupaten Bengkulu Tengah pada Kamis (20/7/2023), di sela-sela kunjungan kerjanya ke Bengkulu.

Ketika itu, ia menyaksikan langsung aktivitas belajar-mengajar di Jurusan Teknik Sepeda Motor (TSM) serta Teknik Kendaraan Ringan (TKR).

Setelah melihat langsung, Jokowi—sapaan akrab Joko Widodo—menilai bahwa fasilitas pembelajaran bagi siswa SMK tersebut masih kurang memadai.

Padahal, sekolah, termasuk SMK, perlu membangun koneksi yang baik dengan industri agar keterampilan mereka sejalan dengan perkembangan di pasar.

Mobil, kendaraan motor, saya kirim yang baru biar yang dipelajari di sekolah itu sesuai dengan lapangan. Yang terbaru termasuk kendaraan listrik nanti saya kirim satu-satu lah,” kata dia, seperti dikutip dari situs Sekretariat Kabinet (Setkab).

Indonesia memang telah memasuki era kendaraan listrik. Pemicunya adalah Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 Tahun 2019 yang mengatur segala insentif fiskal dan nonfiskal bagi teknologi itu.

Kebijakan ini memicu muncul berbagai model mobil listrik maupun motor listrik di pasar.

Lebih lanjut, dengan adanya mobil dan motor berteknologi terbaru, Jokowi berharap keahlian siswa-siswi SMK kelak sesuai dengan kebutuhan industri otomotif.

Jika pun membuka usaha sendiri, mereka punya kompetensi yang mumpuni sesuai kemajuan zaman.

“Nanti mungkin di sini bisa saja buat mobil, bisa buat sepeda motor karena memang SMK kita arahkan agar skill-nya, keterampilannya sesuai dengan yang dibutuhkan oleh industri maupun nanti kalau mau wirausaha akan lebih baik,” ujar ‘RI 1’.

Dalam kunjungan ke SMK di Bengkulu, Jokowi ditemani oleh Ibu Negara Iriana beserta para menteri dan pejabat daerah. Ada Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, plus Pj Bupati Bengkulu Tengah Heriyandi Roni. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<< 

Tag Terkait

Mobil Listrik motor listrik sepeda motor listrik SMK Jokowi Joko Widodo Joko Widodo Presiden Jokowi Presiden Joko Widodo news berita

Author

Berita Utama

Berita Populer

Lihat semua »