Heboh Jokowi Jajal Jalanan Rusak Lampung, Perbaikan Jalan Baru Mulai Sebulan Kemudian

Berita Otomotif

JAKARTA – Sepanjang akhir pekan kemarin, masyarakat dihebohkan dengan perjalanan ‘off-road’ Presiden Joko Widodo dan beberapa menteri dalam kunjungan kerja ke Lampung.

Jokowi—sapaan akrabnya—tentu saja tidak benar-benar melakukan off-road.

Hanya saja, jalanan yang Presiden serta rombongan lalui di Lampung sangat jelek dan rusak, sampai-sampai RI 1 sempat harus mengganti kendaraan dari Mercedes-Benz S600 ke Toyota Land Cruiser.

68232-jokowi-sidak-jalanan-rusak-lampung-2023-3.jpg

Kunjungan kerja Jokowi ke Lampung dilakukan setelah viralnya video kritik dari Bimo, Tiktoker asal provinsi tersebut yang berkuliah di Australia.

Salah satu komentar pedasnya terkait dengan jalanan di Lampung yang kondisinya sudah lama sangat buruk.

Dalam wawancara, Jokowi sempat menyindir Pemerintah Provinsi bahwa jalanannya mulus plus enak.

“Karena mulusnya, sampai tidur di mobil,” kata Jokowi sambil tersenyum, seperti dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden,

Jokowi kemudian menegaskan bahwa semangat dari kunjungan kerjanya ke Lampung saat itu adalah memperbaiki jalan yang rusak parah.

Ia juga menginformasikan kalau pembagian tanggung jawab perawatan infrastruktur jalan di berbagai daerah itu terbagi-bagi.

Jalan Nasional merupakan tanggung jawab pemerintah pusat, Jalan Provinsi ada di tangan Gubernur, sedangkan Jalan Kota/Kabupaten merupakan ranahnya Walikota serta Bupati.

“Tapi, ini karena memang sudah lama akan diambil alih oleh pemerintah pusat. Tahun ini, pemerintah pusat akan mengucurkan anggaran kurang-lebih Rp800 miliar khusus untuk Lampung, untuk 15 ruas jalan,” papar Jokowi.

Menurut pria yang akan purnabakti sebagai presiden pada 2024 tersebut, Perbaikan jalan rencananya berlangsung mulai Juni 2023.

Ini karena pemerintah perlu terlebih dahulu melakukan proses lelang proyek.

“Begitu saya lihat tadi, saya sudah perintahkan Pak Menteri PU (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat/PUPR—Red) untuk (melakukan) lelang. Tapi, nanti ada beberapa ruas yang menjadi tanggung jawabnya Pak Gubernur, ada yang tanggung jawabnya bapak/ibu bupati di sini. Jangan semuanya pemerintah pusat,” tandas Jokowi.

Dalam kunjungan kerja ke Lampung akhir pekan kemarin, Jokowi ditemani oleh beberapa pejabat pusat maupun daerah.

Ada antara lain Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi.

Arinal sempat mendapat sorotan karena bertepuk tangan ketika Jokowi mengungkapkan kalau proyek perbaikan jalan Lampung diambil alih pemerintah. [Xan/Dms]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<

Tag Terkait

Arinal Djuinadi berita jalanan Lampung Lampung Gubernur Lampung news Berita Otomotif Joko Widodo Jokowi

Author

Berita Utama

Berita Populer

Lihat semua »