Harga ‘Mengerikan’ Nissan GT-R di Indonesia, Barunya Bisa Tembus Rp8 M!

Berita Otomotif

Berapa harga mobil Nissan GT-R di Indonesia? Siap-siap saja kaget karena unit baru atau pun bekasnya punya banderol yang ‘mengerikan’ bagi sebagian besar orang.

Tak berlebihan rasanya kalau Nissan GT-R disebut sebagai mahakarya paling ikonik dari pabrikan otomotif asal Jepang tersebut. Mobil ini dikenal punya performa tinggi dan rasa berkendara yang memacu adrenalin, sehingga kerap disejajarkan dengan banyak mobil legendaris lainnya.

Nissan GT-R pun kerap muncul di film-film populer seperti ‘Fast and Furious’ serta ‘Gran Turismo’. Perpaduan semua faktor itu membuatnya banyak dicari oleh para penggila otomotif untuk menjadi mobil koleksi, hingga kalau ditanya berapa harga mobil Nissan GT-R, angka yang keluar sudah pasti tidak murah.

Nissan GT-R sendiri sebenarnya sempat dijual secara resmi oleh agen pemegang merek (APM) Nissan di Indonesia. Akan tetapi, kini, sedan ‘galak’ itu hanya bisa didapatkan via importir umum untuk unit barunya atau para pedagang mobil bekas mewah untuk unit sekennya.

Baik unit baru atau pun bekas dari Nissan GT-R punya harga yang bisa bikin Anda merinding. Bagaimana tidak, harganya bisa mendekati atau lebih mahal daripada model BMW termahal saat ini di Indonesia, BMW XM, yang per April 2024 berlabel Rp6,412 miliar on the road (OTR) Jakarta.

Harga Mobil Nissan GT-R Baru di Indonesia pada 2024

Persoalan terkait berapa harga mobil Nissan GT-R baru akan dijawab berdasarkan penelusuran di situs Mobil123.com. Soalnya, laman daring-jual beli kendaraan ini turut memuat iklan Nissan GT-R anyar dari para importir umum.

Ketika artikel ini naik tayang, iklan Nissan GT-R baru berjumlah nyaris 20. Para penjualnya ialah Glamour Auto Boutique, Gorgeous Autocars, Botomotif, Royal Auto Gallery, Auto Cars Gorgeous, Prestige Image Motorcars, TDA Luxury Toys.

Golongan ‘kaum mendang-mending’ pasti bakal geleng-geleng kepala melihat harganya.

Nissan GT-R baru termurah sekarang dijual seharga Rp5 miliar off the road, dengan tahun produksi 2022 dan tipe 3.8 Nismo Coupe. Di atasnya sedikit, ada Nissan GT-R 2022 tipe 3.8 Recaro Edition Coupe seharga Rp5,3 on the road (OTR) Jakarta.

Adapun harga Nissan GT-R baru termahal yang terpampang dalam situs Mobil123.com sejauh ini mencapai Rp8,5 miliar off the road. Tipenya ialah 3.8 GT-R Nismo Coupe keluaran 2023.

Sebagai perbandingan, ada baiknya mengetahui berapa harga mobil Nissan GT-R baru di Jepang.

Menilik situs resmi Nissan Jepang, banderol Nissan GT-R versi model 2025 yang penjualannya dimulai pada Juni 2024 berkisar antara 14.443.000- 22.891.000 yen (Rp1,51-2,40 miliar, 1 yen = Rp104,91) untuk varian Premium Edition. Rincian tipenya ialah GT-R Pure Edition, GT-R Black Edition, GT-R Premium Edition, GT-R Premium Edition T-spec, GT-R Track Edition engineered by Nismo, GT-R Track Edition engineered by Nismo T-Spec.

Lalu, harga Nissan GT-R versi model 2025 varian Nismo dimulai dari 30.085.000- 30.613.000 (Rp3,15-3,21 miliar). Daftar tipenya adalah GT-R Nismo plus GT-R Nismo Special Edition.

Dari komparasi tersebut, bisa dilihat bahwa selisih harga Nissan GT-R baru di Indonesia dan Jepang luar biasa jauh, meskipun tahun produksinya lebih tua beberapa tahun.

Namun, siapa sangka, harga Nissan GT-R bekas pun di Bumi Pertiwi pun masih lebih mahal dari Nissan GT-R baru di ‘Negeri Matahari Terbit’.

Berapa Harga Mobil Nissan GT-R Bekas di Indonesia?

Kalau bicara berapa harga mobil Nissan GT-R bekas pun, nominalnya juga jauh dari kata murah. Bahkan, seperti diutarakan sebelumnya, para pedagang mobil seken di sini berani memasang harga yang kadang setara dengan harga baru.

Buktinya lagi-lagi berasal dari iklan di Mobil123.com. Sementara ini, terdapat dua iklan Nissan GT-R bekas.

Harga kedua unit itu sama-sama berada di kisaran Rp5 miliar.

Unit pertama yang diiklankan diler 808 Mobil PIK 2 berbanderol Rp5,25 miliar, dengan jarak tempuh masih ratusan km dan pelat nomor ganjil. Unit kedua diiklankan diler Dplus Auto Collection, dengan banderol Rp5,7 miliar, jarak tempuh tak sampai 1.000 km, plus pelat nomor ganjil.

Sejarah Nissan GT-R, Benarkah Tak Lama Lagi bakal ‘Disuntik Mati’?

Mari kita cukupkan pembahasan mengenai berapa harga mobil Nissan GT-R baru maupun bekas. Sekarang, waktunya mengulas mengenai sejarah dari model berjuluk ‘Godzilla’ tersebut.

Generasi pertamanya, berdasarkan penelusuran dari berbagai sumber, ‘lahir’ pada 1969, dengan nama Nissan Skyline GT-R (kode PGC10). Nenek moyang GT-R diperkenalkan dalam Tokyo Motor Show (TMS) tahun tersebut sebagai versi performa dari model Skyline yang sudah eksis sejak 1957.

Nama Skyline dan GT-R terus-menerus berdamping pada generasi kedua hingga kelima. Ada Nissan Skyline GT-R generasi kedua (1972, kode PGC110), Nissan Skyline GT-R generasi ketiga (1989, R32), Nissan Skyline GT-R generasi keempat (1993, R33), Nissan Skyline GT-R generasi kelima (1998, R34).

Barulah pada generasi keenam, nama Skyline dan GT-R resmi ‘bercerai’. Muncullah kemudian Nissan GT-R R35 pada 2007 yang kemudian dijual sejak 2008 hingga detik ini, dengan berbagai penyegaran model serta edisi spesial.

Nissan Skyline R35 versi termutakhir baru saja meluncur pada Maret 2024 dan disebut sebagai versi model 2025. Pemesanannya sudah dibuka sejak peluncuran, sedangkan pengirimannya dijadwalkan mulai Juni 2024.

Keistimewaan Nissan GT-R bukan hanya karena desain dan performanya yang sangat sporti. Alasan lainnya adalah karena setiap mesin Nissan GT-R dibuat di pabrik mereka di Jepang dengan menggunakan tangan dan dilakukan oleh teknisi khusus yang sangat terlatih yang dijuluki ‘takumi’—bahasa Jepang dari ‘seniman’.

Sayangnya, laporan media Jepang menyebutkan bahwa Nissan GT-R R35 2025 hanya akan diproduksi secara terbatas dengan jumlah cuma 1.500 unit. Lalu, laporan lain mengatakan kalau Nissan GT-R R35 bakal ‘dipensiunkan’ setelah 2025.

Konon, penerusnya kelak ialah Nissan GT-R R36 yang merupakan versi produksi massal dari mobil konsep Nissan Hyper Force yang dipertunjukkan dalam Japan Mobility Show 2023. Model purwarupa ini merupakan mobil listrik murni, dengan baterai solid-state.

Nissan Motor Corporation hingga kini belum mengomentari maupun mengonfirmasi semua informasi tersebut.

Nissan GT-R R35 ‘dipersenjatai’ mesin bensin 3.8-liter V6 berkode VR38DETT yang dipadukan transmisi otomatis GR6 Dual Clutch plus sistem all wheel drive ATTESA E-TS Pro.

Gelontoran tenaga mesin Nissan GT-R R35 terkini ialah 562 hp, dengan torsi 637 Nm. Namun, versi Nismo dan Nismo Special Edition mampu memuntahkan daya puncak 591 hp, dengan torsi 625 Nm.

Kesimpulan

Melihat berapa harga mobil Nissan GT-R, tentunya ini bukanlah kendaraan untuk semua orang. Hanya mereka yang berkantong tebal yang mampu membelinya.

Kendati begitu, tidak bisa dimungkiri kalau Nissan GT-R merupakan mobil yang penuh dengan sejarah dan sangat ikonik, dengan performa yang tak bisa pula dianggap enteng.

Oleh karena itu, para ‘sultan’ pecinta otomotif sangat pantas untuk menjadikannya koleksi, tak peduli berapa harga mobil Nissan GT-R. [Xan/YS]

Tag Terkait

harga mobil GTR Nissan GTR harga Nissan GTR harga Nissan GTR baru harga Nissan GTR bekas Nissan Nissan Indonesia berapa harga mobil GTR

Author

Berita Utama

Berita Populer

Lihat semua »