Harga dan Spesifikasi VW Tiguan Allspace 2024, Mobil VW Terlaris di Indonesia Saat Ini

Panduan Pembeli

Jika Anda penggemar merek Jerman, ingin membeli sport utility vehicle (SUV) yang cukup mewah, tapi belum mampu untuk memboyong BMW X1, maka VW Tiguan Allspace mungkin bisa menjadi jawabannya.

VW Tiguan Allspace merupakan SUV termewah dan termahal dari VW di Indonesia saat ini. Popularitasnya dibuktikan lewat status sebagai mobil paling laku dari merek mobil yang bermarkas di Wolfsburg tersebut, jika menilik data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Sebagai informasi, VW sekarang memasarkan dan menjual tiga model di Tanah Air. Selain VW Tiguan Allspace, ada VW T-Cross 1.0 TSI serta VW Polo 1.2 GT TSI.

VW Tiguan Allspace sendiri pertama kali meluncur di Indonesia pada 2019, dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) di Serpong, Tangerang. Versi terkini merupakan versi penyegaran model yang mengaspal pada GIIAS 2023.

Lantas, berapa harga terkini dari VW Tiguan Allspace? Bagaimana spesifikasinya? Apa pula kelebihan dan kekurangan dari SUV satu ini?

Berikut adalah ulasan untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, seperti dikutip dari berbagai sumber.

Harga VW Tiguan Allspace 2024 dan Para Pesaing Potensialnya

VW Tiguan Allspace untuk pasar Indonesia sejauh ini hanya tersedia dalam satu varian atau tipe yakni 1.4 TSI AT. Banderolnya kini ada di angka Rp850 jutaan.

Berikut adalah detail harga on the road (OTR) Jakarta VW Tiguan Allspace, ketika artikel ini naik tayang pada pekan pertama April 2024:

  • VW Tiguan Allspace 1.4 TSI AT Rp854 juta

Sebagai perbandingan saja, harga SUV premium semisal BMW X1 sekarang mencapai Rp985 juta OTR Jakarta. Artinya, VW Tiguan Allspace masih lebih murah Rp161 juta ketimbang SUV entry-level dari BMW itu—sebuah selisih yang cukup terpaut jauh.

Model-model SUV lain di jagat otomotif Bumi Pertiwi yang memiliki harga OTR Jakarta paling berdekatan dengan VW Tiguan Allspace pada 2024 misalnya saja Honda CR-V (Rp749,1-814,4 juta), Mazda CX-8 (Rp798,8 juta), Mazda CX-9 (Rp897,7-907,7 juta), Hyundai Santa Fe (Rp605,5-752 juta) Hyundai Palisade khususnya varian terbawah D 2.2 Prime (Rp904 juta).

Dengan begitu, model-model SUV Jepang atau pun Korea di atas punya potensi untuk menjadi preferensi lain dari VW Tiguan Allspace bagi para konsumen dengan anggaran Rp700-800 jutaan. Jika punya modal beberapa puluh juta lebih banyak, konsumen malah bisa memboyong varian tertinggi Mazda CX-9 atau Hyundai Palisade opsi terendah.

Spesifikasi VW Tiguan Allspace 2024

Nah, setelah mengetahui harga VW Tiguan Allspace, sekarang mari beranjak ke urusan teknis dan fitur. Mobil123.com akan membahas berbagai aspek seperti dimensi, desain, mesin-transmisi, kemudian daftar fitur.

Dimensi, Kapasitas Penumpang, Kapasitas Bagasi

VW Tiguan Allspace yang terkini ialah versi facelift dari generasi kedua, sedangkan generasi ketiganya direncanakan meluncurkan secara global pada 2024. Model ini merupakan SUV tiga baris, dengan kapasitas maksimal tujuh penumpang.

Dimensi VW Tiguan Allspace lumayan gambot. Panjang VW Tiguan Allspace bertambah 27 mm dibandingkan model versi sebelumnya, sehingga menjadi 4.728 mm.

Lebarnya bertambah 20 mm, menjadi 2.111 mm. Adapun tingginya bertambah 12 mm, menjadi 1.686 mm. Wheelbase alias jarak sumbu rodanya terbentang sepanjang 2.787 mm.

Kapasitas bagasinya, jika seluruh kursi berdiri tegak, mencapai 230 liter. Kapasitasnya bisa diperluas dengan menundukkan kursi-kursi di baris ketiga, sehingga menjadi 700 liter. Kalau mau memuat lebih banyak barang lagi, tinggal tundukkan kursi-kursi di baris kedua, lalu kapasitasnya menjadi 1.775 liter.

Desain

Versi facelift generasi kedua dari VW Tiguan Allspace diberkahi desain yang lebih modern dan elegan. Ubahan-ubahan pada tampilan eksteriornya antara lain terdapat pada gril depan, bemper depan, lampu depan, lampu Day-time Running Light (DRL) dan lampu LED depan, plus lampu kabut yang terintegrasi dengan lampu utama.

Pada bagian depan maupun buritannya tertempul logo VW hasil revisi terbaru. Ada pula emblem ‘Tiguan’ di bawah logo belakang.

Desain rear combination light di belakang juga mendapatkan diferensiasi. Bentuk lampu seinnya kini menjadi lebih dinamis pula.

Lebih lanjut, bemper belakang VW Tiguan Allspace versi terkini dilengkapi diffuser anyar yang lebih menonjol karena ukurannya yang lebih besar.

Keempat bannya membalut pelek alloi Frankfurt 18 inci, tapi PT Garuda Mataram Motor (GMM) selaku agen pemegang merek (APM) memberikan opsi pelek 20 inci yang tentunya akan membuat tampang SUV Jerman ini makin ganteng.

Mesin dan Transmisi

Dapur pacu VW Tiguan Allspace saat ini bermodalkan mesin bensin 1.4-liter TSI yang dilengkapi dengan turbo. Alhasil, meski mesin bensinnya relatif kecil, gelontoran tenaga serta torsi puncaknya masing-masing mencapai 150 hp dan 250 Nm.

Sebagai padananannya, disematkanlah transmisi otomatis DSG enam percepatan, dengan dual clutch plus Triptonic. Perpaduan antara mesin dan transmisi tersebut menghasilkan akselerasi 0-100 km per jam dalam waktu 9,5 detik, sedangkan kecepatan maksimalnya adalah 202 km per jam.

Daftar Fitur

Spesifikasi teknis VW Tiguan Allspace diparipurnakan dengan berbagai macam fitur. Pertama, ada Adaptive Chassis Control yang memiliki lima Drive Mode yakni Eco, Comfort, Normal, Sport, plus Individual yang bisa dipersonalisasikan oleh pengemudi sesuai kebutuhannya.

Masih terdapat lagi 360 Degree Area View Camera, Electronic Stability Control, enam Airbag, Electronic Parking Brake with Auto Brake Hold, Tire Pressure Monitoring System, ISOFIX, Park Assist System, Automatic Post Collision Brake System.

Teknologi Park Assist System akan mendeteksi ruang parkir yang cukup bagi VW Tiguan Allspace, entah itu parkir paralel, seri, atau serong. Lalu, teknologi ini secara semiotonom akan membantu proses parkir dan pengemudi tinggal mengoperasikan peda gas, rem, plus tuas transmisi.

Automatic Post Collission Brake System, di sisi lain, berguna untuk mengurangi dampak dari tumbukan depan. Teknologi ini secara otomatis bakal memperkuat pengereman pascabenturan pertama, sehingga mereduksi risiko benturan selanjutnya.

Kelebihan dan Kekurangan VW Tiguan Allspace 2024

Setiap mobil, sebagus dan semodern apa pun, pastinya masih memiliki celah kelebihan dan kekurangan. Demi membantu Anda memutuskan dengan lebih baik, Mobil123.com akan memberitahukan poin-poin kelebihan serta kekurangannya.

Kelebihan

  • Mesin kecil dengan tenaga yang sangat mencukupi
  • Rasa berkendara yang oke dan Drive Mode yang banyak
  • Kualitas mobil-mobil khas merek Jerman
  • Kapasitas penumpang dan barang yang banyak
  • Sudah memiliki fitur-fitur modern dan semiotonom

Kekurangan

  • Kursi baris ketiga tak terlalu lega
  • Sistem infotainment yaitu layar kurang respons, khususnya ketika menggunakan gerakan pada sensor di layar
  • Fitur hiburannya terbilang minim
  • Daftar fitur Advanced Driver Assistance System (ADAS) jauh lebih sedikit dari kompetitor
  • Harga yang kurang kompetitif, hanya beda sedikit dengan SUV dari segmen di atasnya

Demikian ulasan Mobil123.com mengenai harga, spesifikasi, hingga kelebihan-kekurangan VW Tiguan Allspace. Menurut Mobilovers sendiri bagaimana, apakah SUV Jerman yang ini punya paket harga, spesifikasi, dan fitur yang cukup menarik? [Xan/YS]

Tag Terkait

VW Tiguan Allspace vw volkswagen Harga VW Tiguan Allspace spesifikasi VW Tiguan Allspace kelebihan VW Tiguan Allspace kekurangan VW Tiguan Allspace

Author

Berita Utama

Berita Populer

Lihat semua »