Ferrari SP48 Unica Ini Cuma Ada Satu di Dunia! Siapa yang Pesan, Ya?

Mobil Baru

MARANELLO - Ferrari SP48 Unica menjadi model one-off terbaru merek berlogo kuda jingkrak ini. Modelnya hanya dibuat satu unit di seluruh dunia, berdasarkan pesanan seorang konsumen spesial.

SP48 Unica, menurut keterangan resmi Ferrari, meluncur pada Senin (9/5/2022). Seorang ‘sultan’ konsumen loyal Ferrari yang tak disebut namanya memesan mobil tersebut secara khusus.

SP48 Unica merupakan mobil sport berlinetta dua kursi berbasis Ferrari F8 Tributo. Model ini didesain Ferrari Styling Center yang dikomandoi Chief Design Officer Flavio Manzoni.

Proyek khusus one-off Ferrari sendiri rata-rata memerlukan waktu satu tahun. Sejak awal hingga akhir proses, konsumen istimewa yang memesannya dilibatkan secara aktif dalam penilaian desain serta fase-fase verifikasi.

65794-ferrari-sp48-unica-tampak-samping.jpg

Lebih lanjut, satu dari sekian banyak diferensiasi SP48 Unica ketimbang F8 Tributo ialah perubahan profil fascia depan yang terinspirasi dari bentuk panah. Ini dihasilkan antara lain dari desain ulang lampu depan, juga pemindahan tempat brake air intakes-nya.

Garis-garis bodinya pun direka ulang supaya berkesan makin tegas nan agresif.

Demikian pula desain baru berbagai sektor eksterior semisal gril, lampu depan, air intake di kap depan, hingga adanya transisi warna di beberapa bagian bodi (atap, jendela, penutup mesin) yang memperlihatkan pergantian dari hitam ke oranye.

65794-ferrari-sp48-unica-tampak-atas.jpg

Perombakan lain ialah ukuran jendela samping yang diperkecil, jendela belakang yang dihilangkan, ukuran intercooler intake di belakang jendela samping yang diperkecil, serta letak beberapa bagian air intake pada sekujur ‘tubuh’ yang dipindahkan--dan sekaligus menjadi satu perbedaan terbesar antara SP48 Unica dengan F8 Tributo.

Pembuatan desain thermal-fluid-dynamic SP48 Unica dilakukan lewat teknik permodelan prosedural-parametrik dan prototipe tiga dimensi.

Jarak sumbu roda belakang ke bumper belakang dari SP48 Unica lebih panjang ketimbang F8 Tributo. Efeknya, downforce alias gaya tekan ke bawah dari mobil semakin baik.

Beralih ke kabin, terlihat misalnya sarung jok plus berbagai sisi interior SP48 Unica yang menggunakan bahan kulit Alcantara berwarna hitam dan dibuat menggunakan teknik perforasi laser.

Pada bagian bawahnya, terlihat aksen bahan berwarna oranye kemerahan, senada dengan warna bodi.

Ada pula sill covers bermotif heksagonal timbul dengan teknik perforasi laser. Matte carbon-fiber di kabin dilengkapi aksen Grigio Canna di Fucile yang menyembulkan kesan canggih serta eksklusif.

Sektor dapur pacu tak disebutkan mendapat modifikasi. Dengan demikian, sama dengan F8 Tributo, SP48 Unica bersenjatakan mesin 3.9-liter V8 Twin-Power berdaya 710 hp dan torsi 770 Nm. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<

Tag Terkait

Ferrari one-off Ferrari F8 Tributo Ferrari SP48 Unica Ferrari

Author

Berita Utama

Berita Populer

Lihat semua »