Diam-diam, Hyundai Santa Fe Ternyata Sudah Dirakit di Cikarang

Berita Otomotif

JAKARTA – Hyundai Santa Fe tanpa gembar-gembor sudah dirakit di pabrik Cikarang, Bekasi sejak beberapa bulan belakangan. Alhasil, Hyundai kini telah merakit lokal empat model.

Gambar Santa Fe muncul dalam presentasi PT. Hyundai Motors Manufacturing Indonesia (HMMI) mengenai model-model yang sudah dirakit (Completely Knocked Down/CKD) di sana, dalam kunjungan media massa pada 21 Juli 2022. Menurut paparan, sport utility vehicle (SUV) ini mulai diproduksi pada awal kuartal kedua 2022.

HMMI sendiri merupakan korporasi yang mengoperasikan pabrik baru Hyundai di Cikarang yang melakukan produksi massal sejak Januari tahun ini.

PT. Hyundai Motors Indonesia (HMID) selaku distributor dan agen pemegang merek mengonfirmasi keterangan tersebut.

“Memang kami sudah jual Santa Fe CKD. Dari April sudah ada sudah CKD mulai bulan itu. Sekarang semua unit yang kami jual CKD, tidak ada lagi CBU (Completely Built Up/impor utuh),” kata Chief Operating Officer HMID Makmur usai acara.

66247-hyundai-santa-fe-2021-3.jpg

Sekadar mengingatkan, Santa Fe terkini diluncurkan Hyundai pada 2021. Selama beberapa waktu, pesaing Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, hingga Honda CR-V ini diimpor utuh dari Korea Selatan.

Menilik data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Santa Fe memang benar mulai dirakit lokal sejak April 2022, baik yang bermesin diesel maupun bensin. Selama tiga bulan—hingga Juni kemarin—pabrik Hyundai Cikarang telah memproduksi 168 unit.

Adapun total wholesales (distribusi pabrik ke diler/untuk stok) Santa Fe sepanjang Januari-Juni 2022 mencapai 309 unit.

Sejak beroperasi secara komersial pada bulan pertama hingga bulan ketujuh tahun ini, pabrik Hyundai Cikarang telah memproduksi empat model. Pertama adalah Hyundai Creta yang dirakit per Januari.

Selanjutnya ialah mobil listrik murni Ioniq 5 mulai Maret. Sebulan setelah itu, Santa Fe menjadi model ketiga yang pembuatannya dilokalisasi.

Hyundai Stargazer merupakan model rakitan lokal keempat dari jenama asal Korea Selatan ini. Calon multi purpose vehicle (MPV) pesaing Toyota Avanza serta Mitsubishi Xpander tersebut diproduksi bulan ini.

Pemesanan Stargazer sendiri dibuka mulai 15 Juli 2022. Model dengan rentang harga on the road (OTR) Jakarta Rp243,3-307,1 juta tersebut, menurut tenaga penjual, rencananya diluncurkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada 11 Agustus 2022 mendatang di Serpong, Tangerang. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru Hyundai <<<<<

Tag Terkait

berita Hyundai Santa Fe pabrik Hyundai di Indonesia Hyundai Hyundai Santa Fe rakitan lokal Hyundai Indonesia Hyundai Santa Fe CKD news pabrik Hyundai Cikarang

Author

Berita Utama

Berita Populer

Lihat semua »