Deretan SUV Keren Toyota yang ada di Indonesia, Mulai Dari Raize Hingga Land Cruiser

Panduan Pembeli

Mobil jenis SUV kini semakin populer di Indonesia karena rancangannya yang sesuai dengan kondisi jalan di negara kita. Hampir setiap pabrikan otomotif menjual mobil SUV, termasuk Toyota. 

Toyota menjadi merek terlaris dan terpopuler di Indonesia, dengan lini produk yang cukup lengkap. Raksasa otomotif asal Jepang ini memiliki beragam model hanya pada segmen SUV. Untuk model termurah ada Toyota Raize dan model termahal dari brand Toyota tersedia Land Cruiser.

Hampir seluruh model SUV Toyota ini dijual resmi di Indonesia. Kalian yang menyukai petualangan tentu punya banyak opsi menarik SUV Toyota dari berbagai kelas harga. Kelebihan utama dari SUV Toyota ialah dari sisi durabilitasnya yang telah terbukti tangguh selama bertahun-tahun.

Lantas apa saja lini produk SUV Toyota yang ada di Indonesia dan bagaimana spesifikasinya? Simak ulasannya berikut ini. 

1. Toyota Raize 

Toyota Raize GR Sport menjadi sosok yang kami rasa juga cukup oke menjadi first car. Small SUV ini hadir sebagai sebuah jawaban bagi orang yang mencari kendaraan mungil, stylish, serta memiliki kemampuan pada medan off road ringan. 

Ukurannya yang mungil ini cocok bagi kendaraan di perkotaan yang lalu lintasnya padat. Dengan ground clearance 200 mm, jelas cukup tinggi untuk melibas permukaan gravel khas jalan pedesaan.

Soal tenaga pun tak buruk, pasalnya Raize dibekali mesin bensin 998 cc 3 silinder turbo dengan transmisi D-CVT. Mesinnya mampu menorehkan tenaga 97,8 PS pada 6.000 rpm dengan torsi 149 Nm di 2.400-4.000 rpm. 

Tenaga yang dihasilkan lantas disalurkan melalui penggerak roda depan. Untuk penggunaan dalam kota, Raize ini terbilang jauh lebih efisien. Secara konsumsi bahan bakar, SUV terbaru Toyota ini berada di level 17-18 km/liter.

2. Toyota Rush

Toyota Rush merupakan Low SUV yang bisa dibilang jadi salah satu andalan penjualan PT Toyota Astra Motor. Rush yang dijual di pasaran saat ini merupakan generasi kedua, debutnya meluncur pada 2017 silam. 

Fakta menarik dari Rush ialah sejak era GR Sport di 2020 belum mengalami major facelift sampai sekarang. Bagi kalian yang mencari low SUV berpenggerak roda belakang dengan tampilan sporty, pilihan satu-satunya yang tersedia yaitu Toyota Rush GR Sport, dengan penambahan aksesoris resmi keluaran Toyota Gazoo Racing.

Toyota Rush generasi kedua ini dibekali mesin yang mirip seperti milik Avanza, berkode 2NR-VE dengan kubikasi 1.500 cc. Tidak besar tapi sudah cukup untuk mendukung mobilitas sehari-hari. 

Karakter mesin 2NR-VE memang menjadi andalan Toyota Rush terbaru, tenaga 103 ps dan torsi sebesar 136 Nm bisa begitu diandalkan.

3. Toyota Yaris Cross 

All-New Yaris Cross merupakan salah satu pionir Medium SUV 5-seater Toyota untuk pasar Asia yang terus berkembang. Toyota Yaris Cross merupakan hasil pengembangan dari Daihatsu Motor Corporation dan mobil ini diproduksi oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia.

All-New Yaris Cross membawa konsep “Solid & Dynamic” bermodalkan tampilan outstanding berkarakter khas SUV Toyota modern. Untuk tipe teratas, Yaris Cross telah memakai teknologi hybrid, yang tersedia dalam tipe Yaris Cross S CVT TSS.

Dalam platform TNGA yang digunakan untuk mengembangkan Yaris Cross ini berfokus agar roomy dan sporty. Pada sisi interior, layout ruang kemudi Yaris Cross bergaya driver-oriented.

Pada Yaris Cross Hybrid didukung mesin 2NR-VEX 1.500 cc 4 silinder berteknologi hybrid dengan Atkinson Cycle. Mesin bensinnya menghasilkan torsi puncak sebesar 121 Nm dan tenaga 90 hp, sementara motor elektrik mampu menyumbangkan torsi 141 Nm dan tenaga 79 hp.

4. Toyota Corolla Cross 

Corolla Cross hadir mengusung platform Toyota New Global Architecture (TNGA), mesin hybridnya mengombinasikan tenaga baterai dengan mesin konvensional ICE (Internal Combustion Engine).

Toyota Corolla Cross Hybrid mengusung mesin 2ZR-FXE 1.800 cc 4-silinder DOHC dengan teknologi VVT-i yang disandingkan dengan motor elektrik. Keduanya beroperasi secara mandiri sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan daya pada baterai.

Untuk mesin konvensional dapat menghasilkan tenaga 96 hp dengan torsi yang mencapai 142 Nm. Sementara itu, motor listriknya mampu memproduksi tenaga sebesar 70 hp dengan torsi puncak yang mencapai 163 Nm. Total, tenaga yang dihasilkan mencapai 166 hp dengan torsi 305 Nm.

Pada varian GR Sport, crossover ini mendapat begitu banyak upgrade. Pertama yaitu penggunaan stabilizer tunnel brace di bagian under carriage, agar mobil lebih rigid dan mudah dikontrol saat bermanuver. Lebih lanjut, Yaris Cross Hybrid GR Sport memakai GR-S Suspension dikombinasikan electronic power steering yang lebih besar.

5. Toyota Fortuner

Toyota Fortuner merupakan salah satu medium SUV Toyota yang cukup populer dan terlaris di Indonesia. Toyota Fortuner 2.8 GR Sport merupakan tipe teratas dalam keluarga Fortuner. 

Sebagai tipe termahal, Fortuner mendapat peningkatan soal performa dengan mesin baru 2.8 liter. Secara tampilan, Fortuner GR Sport 4x2 dan 4x4 dipercantik dengan aksen body kit bertema Gazoo Racing, yang membuatnya lebih stylish dari Fortuner tipe lain.

Toyota Fortuner 2.8 didukung mesin diesel 1GD-FTV berkubikasi 2.755 cc 4-silinder segaris, 16 valve DOHC dengan VN Turbo Intercooler.  Mesin dieselnya menghasilkan tenaga hingga 203,9 PS di 3.000 – 4.000 rpm dengan torsi puncak 499 Nm pada 1.600 – 2.800 rpm. 

Mesin 1GD milik Fortuner memiliki kemampuan akselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 11,9 detik. Sedangkan untuk melesat pada kecepatan 60-80 km/jam cukup dengan 2,8 detik.

Khusus pada Fortuner 2.8 hanya tersedia dalam transmisi otomatis 6-percepatan with Sport Sequential Switchmatic. Untuk varian 4x4, distribusi output ke roda bisa dioperasikan memakai transfer case dengan mode pengaturan H2, H4 dan L4 model knop putar.

Dengan harga yang segitu mahal, faktanya Toyota Fortuner 2.8 belum dilengkapi dengan fitur keselamatan ADAS, yang di Toyota disebut sebagai Toyota Safety Sense. 

6. Toyota bZ4X, Satu-satunya Mobil Listrik Toyota 

bZ4X merupakan satu-satunya mobil listrik berbasis baterai dari Toyota yang dijual di Indonesia. Mobil ini hadir dengan desain yang elegan dan futuristik, yang dibangun di atas platform baru yang didedikasikan khusus untuk kendaraan berjenis BEV, yakni electric Toyota New Global Architecture (e-TNGA).

Toyota bZ4X didesain lebih ramping ketimbang mobil SUV sejenis. Desain ini dimaksudkan agar kendaraan dapat bermanuver secara leluasa di jalanan dengan kondisi apapun secara lincah. 

Kemudian pada bagian kabin, Toyota BZ4X menghadirkan interior yang super lega. Kesan lega itu salah satunya hadir berkat panoramic sunroof yang disematkan pada interior mobil ini.

Sebagai mobil listrik, bZ4X juga menawarkan keunggulan tenaga dan torsi yang instan sejak putaran pertama. Motor listrik Toyota bZ4X sendiri memiliki tenaga sebesar 204 HP dan torsi 266 Nm yang menggerakkan roda depan. 

Berkat itu, bZ4X diklaim mampu melaju dari 0-100 km/jam hanya dalam 8,3 detik dan dari 48-90 km/jam dalam 2,9 detik.

Toyota bZ4X menggunakan baterai lithium-ion dengan kapasitas mencapai 71,4 kWh. Toyota mengeklaim, bZ4X mampu mencapai jarak hingga 500 km saat daya terisi penuh.

7. Toyota RAV4 PHEV

SUV yang satu ini merupakan  model Toyota yang eksklusif di Indonesia. Toyota RAV4 Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) secara resmi dijual di Indonesia di pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. Mobil ini cukup eksklusif karena hanya tersedia 10 unit saat diluncurkan tahun lalu.

Kombinasi sistem mesin bensin dengan motor listrik pada Toyota RAV4 GR Sport PHEV lebih canggih. Saat mode EV aktif, mobil ini bisa melaju sampai 75 km tanpa bensin dengan kecepatan maksimal 135 km/jam.

Mobil ini dibekali mesin A25A-FXS 4 silinder segaris 16 katup DOHC 2.500 cc dengan teknologi plug-in hybrid. Tenaga maksimalnya mencapai 304 HP pada 6.000 rpm dengan torsi maksimal 227 pada 3.200-3.700 rpm. 

RAV4 GR Sport PHEV dilengkapi sistem penggerak Intelligent All Wheel Drive (AWD-i) E-Four. Selain itu, baterai milik RAV4 GR Sport PHEV juga mendukung pengisian ulang secara AC maupun DC. Fleksibilitas ini memberikan kemampuan fast charging di SPKLU dan juga sangat membantu pemilik untuk dapat mengisi ulang baterai di rumah.

8. Toyota Land Cruiser 

Land Cruiser merupakan legenda hidup mobil penjelajah Toyota yang masih terus ada hingga sekarang. Untuk model terbaru, PT Toyota-Astra Motor merilis Land Cruiser 300 yang diluncurkan pada 2022. Land Cruiser 300 hadir dalam dua tipe yaitu Land Cruiser VX-R 4x4 A/T dan Land Cruiser VX-R GR-S.

Land Cruiser VXR hadir sebagai luxury model sedangkan GR Sport didesain sebagai kendaraan off road kelas berat yang dapat memberikan performa berkendara di medan yang terjal.

Toyota Land Cruiser 300 yang diluncurkan di Indonesia didukung mesin diesel V6 twin-turbo 3,3 liter. Mesin itu sudah mengalami perubahan di ruang bakar piston, port intake, dan injektor agar tenaganya lebih perkasa. 

Di atas kertas, mesin berbahan bakar solar itu menghasilkan tenaga maksimum 227 kW (309 PS) dan torsi maksimal 700 Nm. Mesin tersebut disalurkan melalui transmisi 10-percepatan otomatis atau Toyota menyebutnya Direct Shift-10 AT.

(YS)


 

Tag Terkait

mobil toyota mobil baru Toyota SUV Toyota

Author

Berita Utama

Berita Populer

Lihat semua »