Citroen C3 Aircross Siap Meluncur di Indonesia, Calon SUV Murah Pesaing Toyota Rush?

Berita Otomotif

JAKARTA – Citroen C3 Aircross dipastikan meluncur di Indonesia pada penghujung April 2024.

Hal tersebut diketahui dari undangan resmi peluncuran C3 Aircross yang sampai ke meja redaksi Mobil123.com. Sport utility vehicle (SUV) ini dijadwalkan mengaspal pada awal pekan ini di Jakarta Utara.

“PT Indomobil National Distributor anak perusahaan Indomobil Group selaku APM (agen pemegang merek—Red) dan distributor Citroen di Indonesia mengundang rekan media untuk dapat hadir dalam acara ‘Press Launch – The All New Citroen C3 Aircross SUV’ yang akan dilaksanakan pada Selasa, 23 April 2024,” demikian tertulis pada invitasi tersebut.

C3 Aircross sebenarnya pernah dipertunjukkan oleh Citroen dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 silam. Akan tetapi, ketika itu, mereka belum menjualnya dan hanya menjadikannya sebagai mobil eksebisi.

Di luar negeri, C3 Aircross tersedia dalam opsi mesin konvensional (internal combustion engine/ICE), hybrid, hingga listrik murni (battery electric vehicle/BEV). Dalam undangan yang dilayangkan oleh Citroen, tidak disebutkan opsi mana yang segera meluncur di Tanah Air.

Satu yang patut ditunggu adalah apakah C3 Aircross bakal menjadi SUV murah baru yang akan menantang kedigdayaan Toyota Rush, Daihatsu Terios, Suzuki XL7, Honda BR-V atau Mitsubishi Xpander Cross. Ini bisa saja terjadi andaikan yang dipasarkan di sini ialah C3 Aircross versi mesin konvensional.

Pasalnya, menurut penelusuran dari berbagai sumber, C3 Aircross versi mesin konvensional mengusung dapur pacu berkapasitas relatif kecil (1.2-liter turbo), dengan daya 110 ps dan torsi 250 Nm yang dipadukan transmisi otomatis enam percepatan. Lalu, kapasitasnya pun tujuh penumpang.

Selain itu, sebelumnya merek mobil asal Prancis ini sudah terlebih dahulu ‘menerjunkan’ Citroen C3, versi kecil dari C3 Aircross, dengan harga murah. SUV lima penumpang pesaing Toyota Raize maupun Daihatsu Rocky tersebut berbanderol on the road (OTR) Jakarta Rp225 juta untuk tipe C3 MT dan Rp230 juta bagi tipe C3+ MT.

Citroen sendiri sementara ini sudah menjual tiga model di Indonesia. Selain C3, ada pula Citroen C5 Aircross seharga Rp988 juta OTR Jakarta dan Citroen eC4 seharga Rp1,18 miliar OTR Jakarta. [Xan]

Tag Terkait

Citroen Citroen Indonesia citroen c3 aircross SUV murah Toyota Rush SUV murah Citroen

Author

Berita Utama

Berita Populer

Lihat semua »