Auto2000 & Iwan Tirta ‘Lahirkan’ Toyota Kijang Innova, Alphard Edisi Terbatas

Mobil Baru

JAKARTA – Toyota Kijang Innova dan Toyota Alphard Heritage Edition hadir lewat kerja sama Auto2000 dengan Iwan Tirta. Keistimewaan kedua model ini adalah jumlah yang terbatas serta hiasan batik premium, khususnya pada bagian interior.

Chief Executive Officer (CEO) Auto2000 Martogi Siahaan mengatakan bahwa edisi spesial dari dua model tersebut hadir karena dua alasan. Pertama untuk menghargai warisan budaya Indonesia, dalam hal ini batik.

66125-toyota-kijang-innova-heritage-edition-2022-3.jpg

“Lalu, yang kedua, berkaitan dengan ulang tahun Astra (ke-65—Red). Di mana, Astra merupakan bagian yang tak terpisahkan dari negara Republik Indonesia," ucap dia menyinggung PT. Astra International (Grup Astra) menjawab pertanyaan Mobil123.com dalam seremoni peluncuran, Kamis (7/7/2022) di Jakarta.

"Di Catur Dharma Astra itu, salah satu poin pertama adalah menjadi milik kebanggaan dari bangsa ini,” lanjut Martogi.

66125-toyota-alphard-heritage-edition-3.jpg

Kijang Innova dipilih karena dinilai sebagai salah satu ikon industri otomotif nasional dengan sejarah peluncuran yang sangat sukses. Adapun Alphard menjadi pendampingnya karena berada pada segmen yang sesuai dengan kelas dari batik-batik Iwan Tirta.

Amarga Branandaru dan Motif Batik Kukilo Sapanti

Kijang Innova serta Alphard Heritage Edition berkonsep Amarga Branandaru yang bisa diartikan sebagai Karya Cipta sebagai Harta yang Berharga. Kalimat ini diambil dari Bahasa sanskerta yaitu ‘amarga’ yang berarti ‘karya cipta’, ‘brana’ atau ‘harta’, serta ‘anandaru’ yang bermakna ‘berharga’.

Ini diejawantahkan melalui motif batik Kukilo Sapanti di interior kedua model.

“Kukilo Sapanti artinya adalah sepasang burung. Di dalam Kukilo ini, kalau dipelajari lebih dalam, adalah burung yang memberikan simbol keharmonisan dan ketenangan dalam diri. Ini yang akhirnya menjadi suatu doa juga buat kami ketika kami menempatkan motif ini bahwa motif ini akan memberikan ketenangan dan kedamaian bagi pengendaranya maupun yang duduk di dalamnya,” papar CEO Iwan Tirta Private Collection Widiyana Sudirman.

66125-interior-toyota-kijang-innova-heritage-edition.jpg

Pada Kijang Innova, motif Kukilo Sapanti terlihat antara lain sekitar pilar D, door trim, seat cover kursi baris pertama, seat cover kursi baris kedua, head rest cover baris kedua, serta bantal-bantal untuk baris ketiga.

Kijang Innova Heritage Edition hanya dibuat 65 unit dan didasarkan dari tipe V Luxury AT. Angkanya disesuaikan dengan usia Grup Astra.

Sementara, pada Alphard Heritage Edition yang didasarkan dari tipe G AT, motif batik terlihat pada head rest cover baris plus bantal-bantal untuk baris pertama hingga ketiga. Sentuhan terakhir ialah dua tumbler bergambar Kukilo Sapanti.

Pembelian Alphard Heritage Edition dilakukan melalui pre-order terlebih dahulu. Meski demikian, indennya diakui bakal agak lama.

“Kami sampai saat ini belum menetapkan angka berapa banyak untuk Alphard. Tapi, kami juga sadar bahwa kami tidak bisa mengirimkan Alphard dalam jumlah banyak saat ini karena sebagaimana diketahui bahwa Alphard saat ini inden di cabang-cabang kami bisa 3-4 bulan,” jelas Martogi.

“Mereka (Iwan Tirta) juga butuh waktu dalam pengerjaannya. Kurang lebih sebulan,” tambah National Sales Division Head Auto2000 Yagimin.

Harga Kijang Innova Heritage Edition Rp461,2 juta on the road (OTR) Jakarta atau beda Rp12 juta-an dibandingkan model standarnya. Harga OTR Jakarta Alphard Heritage Edition, di sisi lain, Rp1,348 miliar atau lebih mahal Rp19 juta-an dari tipe dasarnya. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<

Tag Terkait

berita Amarga Branandaru batik Iwan Tirta Kukilo Sapanti Iwan Tirta toyota alphard news Iwan Tirta Private Collection Auto2000 toyota kijang innova

Author

Berita Utama

Berita Populer

Lihat semua »