All New Mitsubishi Triton D-Cab Pertama Raih 5 Bintang Tes Keselamatan ANCAP

Berita Otomotif

TOKYO – All New Mitsubishi Triton berhasil meraih nilai tertinggi dalam tes keselamatan Australasian New Car Assessment Program (ANCAP) 2024.

All New Triton, menurut keterangan resmi Mitsubishi baru-baru ini, berhasil merengkuh rating lima bintang ANCAP 2024. Capaian ini adalah rekor karena sebelumnya tidak ada model pickup double cabin (D-Cab) yang mampu menorehkan hasil tersebut di ANCAP protokol 2023-2025.

Sekadar informasi, ANCAP ialah tes keselamatan keselamatan independent untuk region Australia maupun Selandia baru. NCAP juga diselenggarakan di berbagai region lain dengan nama berbeda seperti Euro NCAP, ASEAN NCAP dan menjadi tolok ukur tingkat keselamatan dan keamanan yang kredibel dari sebuah mobil.

Sebelumnya, generasi terbaru Triton sudah menggenggam rating lima bintang untuk ASEAN NCAP 2023.

All New Triton sendiri menjalani debut global di Thailand pada Juli 2023. D-Cab pesaing Toyota Hilux serta Nissan Navara ini kemudian mengaspal di Filipina pada Januari 2024, Jepang pada Februari 2024, ditambah Australia plus Selandia Baru pada Maret 2024.

Mitsubishi berencana merilis All New Triton di sekitar 100 negara di seluruh dunia secara berurutan, termasuk Indonesia.

Agen pemegang merek mereka di Tanah Air, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), sudah membeberkan bahwa All New Triton direncanakan mengaspal pada Juli 2024, dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS).

All New Triton digubah dengan konsep ‘Power for Adventure’. D-Cab ini mengalami ubahan drastis di berbagai sisi seperti di sasis, desain eksterior-interior, ladder frame (rangka tangga), maupun mesinnya.

Bodinya mengadopsi teknologi RISE5 (Reinforced Impact Safety Evolution 5), dengan rigiditas tinggi yang menyerap energi serta meminimalisir deformasi kabin saat terjadi tabrakan. Terdapat pula delapan SRS Airbag.

Contoh fitur keselamatan yang lain pada All New Triton ialah Active Stability Control (ASC) maupun Forward Collision Mitigation. Fitur-fitur canggih lain di dalamnya ialah Mitsubishi Connect plus Adaptive Cruise Control.

All New Triton diberkahi opsi sistem penggerak 2WD, 2WD High Rider, 4WD yang berteknologi Super Select 4WD-II dan Easy Select 4WD System.

Dapur pacu All New Triton digawangi mesin diesel 4N16 2.4-liter turbo dengan beragam varian daya serta torsi, juga transmisi manual enam percepatan atau otomatis konvensional enam percepatan. [Xan]

Tag Terkait

mitsubishi Mitsubishi Indonesia All New Mitsubishi Triton Mitsubishi Triton 2024 ANCAP ANCAP 2024

Author

Berita Utama

Berita Populer

Lihat semua »