86 Juta Unit Mobil Terjual Sepanjang 2017

Berita Otomotif

LONDON - Penjualan mobil tahun lalu di dunia mencapai 86,05 juta unit atau meningkat sekitar 2 juta unit dibandingkan 2016.

Data yang dikeluarkan oleh JATO Dynamics tersebut menunjukkan peningkatan permintaan mobil untuk pasar Eropa, Asia-Pasific dan Amerika Selatan. Secara umum ada 13 negara dari wilayah tersebut, termasuk Rusia, Thailand dan Argentina yang berhasil meningkatkan penjualan hingga dua digit.

Rusia tercatat berhasil meningkatkan penjualan hingga 12 persen, Sementara Argentina berhasil mencatatkan peningkatan sebesar 26 persen dan Chili meningkat 22 persen. Sementara untuk kawasan Asia pasifik, Thailand mengalami peningkatan terbesar yaitu mencapai 14 persen.

Sayangnya di Indonesia, penjualan mobil menurut JATO Dynamics justru berkurang sekitar 1 persen dibandingkan 2016. Meski demikian Indonesia terbilang beruntung karena penjualan mobil komersial berhasil meningkat sehingga penjualan mobil di Indonesia terlihat bergerak ke arah yang positif.

Mobil bermesin bensin pun masih menjadi pilihan utama masyrakat dunia. Tercatat, 62,39 juta unit mobil besin terjual sepanjang tahun lalu atau meningkat dibanding 2016 yang hanya terjual sebanyak 60,54 unit.

Sementara mobil berbahan bakar alternatif pun mengalami peningkayan dengan berhasil menjual sebanuak 3,79 juta unit dari sebelumnya hanya 2.97 juta unit. Namun, permintaan akan mobil diesel menurun karena di 2017 hanya berhasil meraih angka penjualan sebesar 13,94 juta unit dari sebelumnya mencapai 14,47 juta unit. Penurunan ini salah satunya karena terjadinya skandal pemalsuan emisi mesin diesel yang dilakukan oleh VW serta mulai dilarang di beberapa negara dunia. [Adi/Ari]

Tag Terkait

penjualan mobil oenjualan kendaraan otomotif indonesia Pasar Otomotif mobil 2017 otomotif

Author

Berita Utama

Berita Populer

Lihat semua »