Toyota Jual 303 Ribu Mobil Hingga November 2022, Ambil 32 Persen Pasar Indonesia

Berita Otomotif

JAKARTA – Penjualan mobil Toyota di Indonesia Januari-November 2022 sudah tembus 300 ribu unit, dengan penguasaan pasar di atas 32 persen.

Vice President Director PT. Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto mengatakan pihaknya telah menjual 303 ribu mobil di Indonesia pada 11 bulan pertama tahun ini secara wholesales (distribusi ke diler/untuk stok). Pertumbuhannya mencapai 15,2 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (year on year/yoy), dengan pangsa pasar 32,2 persen.

"Kami mungkin tutup tahun ini dengan 32 persen market share (pangsa pasar)," pikirnya dalam Toyota End Year Gathering 2022, Kamis (8/12/2022) di Senayan, Jakarta.

Meski belum tutup tahun, Henry memastikan kalau performa Toyota pada 2022 sudah melampaui capaian mereka sepanjang 2021. Tahun lalu, mereka mencatatkan penjualan di kisaran 290 ribu-an unit.

67158-booth-toyota-di-giias-2022-punya-gazoo-racing-corner-3.jpg

“Pasar tahun ini sepertinya bisa mendekati pasar 2019 (sebelum pandemi Covid-19 di angka 1 juta unit—Red). Kami lihat wholesales bulan lalu (November) sudah mencapai 942 ribu unit. Cukup tinggi,” kata dia.

“Iklim perekonomian nasional yang menunjang serta antusias pelanggan yang tinggi memberi dorongan yang kuat bagi Toyota untuk meningkatkan kinerja pelayanan dalam membantu mobilitas masyarakat,” lanjut dia.

Pada tahun bershio macan air ini, Toyota makin menunjukkan keseriusannya di pasar mobil listrik Tanah Air. Beragam model elektrifikasi baru mereka luncurkan dengan merek Toyota maupun Lexus.

Di antaranya adalah Toyota bZ4X serta Toyota Kijang Innova Zenix hybrid. Model yang disebutkan belakangan bahkan menjadi kendaraan berteknologi listrik pertama yang diproduksi secara lokal, dengan rentang harga on the road (OTR) Jakarta Rp458 juta sampai Rp614 juta.

“Dengan adanya Kijang Innova Zenix, kami membuka akses lebih banyak (bagi masyarakat untuk kendaraan listrik). Teknologi hybrid disematkan di model yang populer, sehingga kami harapkan banyak yang bisa mengadopsi kendaraan dengan teknologi elektrifikasi,” nilainya.

Kehadiran keduanya diklaim mendapatkan respons amat positif dari pasar. Sebulan meluncur, bZ4x sudah dipesan 1.300 unit, sedangkan pemesanan Kijang Innova Zenix bensin plus hybrid mencapai 4.000-an unit hanya dua pekan pascaintroduksinya.

“Sebanyak 82 persen dari komposisinya adalah Innova Zenix Hybrid dan tipe Q Hybrid TSS yang paling banyak diminati dengan SPK mencapai 1.578 unit,” ujar Marketing Director TAM Anton Jimmi Suwandy. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<

Tag Terkait

berita penjualan mobil Toyota 2022 Toyota news penjualan mobil 2022 penjualan mobil toyota Toyota Indonesia

Author

Berita Utama

Berita Populer

Lihat semua »