Tips Mempersiapkan Perjalanan Mudik dengan Mobil Pribadi

Berita Otomotif

Pemerintah akhirnya mengizin masyarakat untuk melaksanakan mudik Lebaran di tahun ini. Tentunya kesempatan ini akan dimanfaatkan oleh masyarakat untuk pulang ke kampung halaman, setelah dua tahun sebelumnya dilarang karena pandemi Covid-19.

Berdasarkan survei dari Kementerian perhubungan, diperkirakan volume mobil pribadi yang akan dipakai untuk mudik sekitar 23 juta unit.

Bagi Anda yang memilih mudik menggunakan mobil pribadi harus melakukan beberapa persiapan sebelum berangkat, agar lebih aman dan nyaman selama dalam perjalanan.

Untuk membantu persiapan mudik pengguna mobil pribadi berikut ini beberapa tips berguna yang dapat dilakukan.

65765-mudik_dengan_keluarga.jpg

Tips Persiapan Mudik

Persiapkan Jadwal Perjalanan

Langkah pertama yang harus dipersiapkan yaitu menentukan jadwal keberangkatan. Pemerintah dan Dinas Perhubungan memperkirakan puncak arus mudik akan terjadi pada 28-30 April. Melihat itu, disarankan kepada pemudik untuk mulai berangkat pada waktu sebelum tanggal tersebut.

Koordinasikan dengan semua anggota keluarga, agar masing-masing dapat menyesuaikan waktu kesibukannya dengan waktu berangkat mudik, misalkan mengajukan izin cuti lebih dulu.

Pelajari Rute Perjalanan

Tips lain untuk persiapan sebelum mudik dengan mobil pribadi adalah mempelajari rute yang akan dilalui menuju kampung halaman. Pemudik, khususnya pengemudi, perlu mengetahui jalan-jalan yang akan dilalui, seperti kondisi dan titik-titik potensi macetnya, agar dapat diantisipasi.

Selain itu, bekali diri dengan informasi mengenai peraturan-peraturan yang berlaku di jalur mudik. Pemerintah dan Dinas Perhubungan berencana akan menerapkan beberapa skema pengaturan lalu lintas di jalur mudik agar arus mudik berjalan lancar.

Adapun skema peraturan lalu lintas yang telah disiapkan seperti ganjil-genap (gage) dan contra flow.

Titik-titik peristirahatan pada jalan tol/rest area juga bagus untuk diketahui. Dengan begitu, pemudik bisa merencanakan lama waktu perjalanan sebelum mengunjugi rest area untuk beristirahat.

65765-rute_mudik.jpg

Mengetahui beberapa rute alternatif juga dapat bermanfaat bagi perjalanan mudik. Pemudik tidak perlu bingung lagi jika di jalur utama terjadi hal-hal yang menghambat, misalkan kecelakaan, yang bisa saja menyebabkan jalan menjadi tersendat. Pemudik tinggal mengganti arah ke rute alternatif tersebut.

Siapkan Biaya Perjalanan

Satu hal yang tidak kalah penting untuk disiapkan sebelum mudik adalah uang. Dalam perjalanan, pastinya mobil akan membutuhkan bahan bakar, sehingga perlu diketahui estimasi dan biaya yang perlu dikeluarkan untuk bahan bakar yang dibutuhkan selama perjalanan mudik .

Selain itu, untuk memakai jalur tol juga perlu biaya. Jika sebelumnya sudah ditentukan ingin melewati rute mudik yang mana, selanjutnya adalah mencari tahu biaya tol yang akan dilewati, sehingga dapat melakukan isi ulang e-toll agar cukup.

Selain itu, tidak ada salahnya juga untuk mempersiapkan dana cadangan untuk pengeluaran lainnya, seperti makan dan minum, memakai toilet di rest area, atau biaya tak terduga misalkan ganti ban bocor, dan lain lain.

65765-kartu_e-toll.jpg

Cek Kondisi Mobil

Berikutnya adalah memastikan mobil dalam kondisi prima. Tentunya tidak ada pemudik yang ingin mobilnya mengalami masalah ketika sedang dalam perjalanan.

Maka dari itu ada baiknya membawa mobil ke bengkel untuk dilakukan perawatan atau servis supaya kondisi mobil menjadi optimal.

Beberapa komponen mobil terpenting yang perlu dicek sebelum perjalanan mudik di antaranya:

  • Mesin

Mesin adalah bagian paling penting dalam sebuah kendaraan. Dalam perjalanan mudik yang panjang, performa mesin mobil akan diuji.

Pemudik perlu memastikan kondisi mesin mobil sudah baik dan optimal sebelum dibawa untuk perjalanan ke kampung halaman. Jika sebelumnya suka terjadi masalah, misalkan mobil tiba-tiba mati saat dipakai, bawa ke bengkel supaya kendala tersebut tidak terjadi saat mudik.

Dengan begitu, pengalaman mudik menggunakan mobil pribadi menjadi lebih nyaman dan pengemudi tidak was-was.

  • Kelistrikan

Bagian kelistrikan juga penting untuk mobil, karena listrik yang berasal dari aki memengaruhi kinerja komponen lainnya, seperti lampu, sistem hiburan, AC, hingga yang paling penting sistem starter mobil.

65765-servis_mobil_sebelum_mudik.jpg

Masalah pada sistem listrik mobil juga harus dihindari ketika dalam perjalanan mudik. Satu hal yang menjengkelkan adalah mobil yang mogok dan tidak bisa di-starter karena daya pada aki sudah habis, atau tidak bisa melakukan perjalanan di malam hari karena lampu depannya mati.

Oleh karena itu, sebelum melaksanakan mudik ada baiknya mobil dibawa ke bengkel untuk dicek apakah ada kendala pada jaringan kelistrikannya atau tidak.

  • Air Radiator

Perjalanan mudik yang panjang hingga berpuluh-puluh kilometer, serta memakan waktu yang cukup lama akan mengetes performa mesin mobil. Mesin yang bekerja secara terus-menerus akan panas juga.

Makanya, sistem radiator yang baik perlu dimiliki agar mesin mobil tetap berada pada suhu yang stabil. Jika tidak, ada potensi mobil menjadi mogok.

Untuk menghindari mesin mobil yang terlalu panas, sistem radiator perlu diperhatikan. Air radiator harus dalam level yang cukup untuk membuat suhu mesin lebih adem.

  • Rem

Rem adalah komponen penting untuk mobil dalam keamanan dan keselamatan perjalanan panjang seperti mudik.

Salah satu penyebab kecelakaan lalu lintas yang sering terjadi adalah karena kondisi rem yang tidak baik. Jika rem mobil tidak pakem atau bahkan sampai blong, bukan hanya keselamatan pengendara saja yang terancam, namun juga keselamatan orang lain di sekitar.

Tentunya semua orang ingin sampai ke kampung halaman dengan selamat. Oleh karena itu, periksa kondisi rem mobil sebelum jalan mudik. Jika perlu, ganti kampas rem dengan yang baru agar lebih terjamin keamanan dan keselamatan selama diperjalanan.

  • Ban

Satu lagi komponen mobil yang penting untuk dicek yaitu ban. Kondisi ban mobil yang tidak baik bisa menjadi penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Selain itu, kondisi ban yang buruk, misalkan ada banyak tambalan, berpotensi mengganggu kelancaran perjalanan mudik, karena ban mudah kempis.

Dengan demikian, pengecekan ban jauh-jauh hari sebelum berangkat mudik sangat penting. selain cek kondisi ban akan adanya keretakan atau lubang, tekanan angin dalam ban juga harus stabil. Pengecekan tersebut perlu juga dilakukan pada ban cadangan jika ada.

Perhatikan Barang Bawaan

Pastikan barang-barang yang akan dibawa sesuai dengan kapasitas mobil. Jumlah pakaian yang dibawa kira-kira cukup untuk satu minggu masa mudik.

Terkadang pemudik juga ingin membawa buah tangan untuk diberikan kepada sanak saudara di kampung halaman. Ini juga harus diperhatikan, jangan sampai oleh-oleh yang dibawa melebihi ruang bagasi dan menjadi beban berlebih untuk mobil.

Siapkan Dokumen Penting

Dokumen-dokumen seperti KTP, SIM, STNK harus dipegang oleh pemudik yang mengunakan mobil pribadi. Ini penting jika misalkan dalam kasus buruknya terjadi kecelakaan, orang lain dapat mengetahui identitas pemudik melalui surat-surat tersebut.

Walaupun sekarang sudah diperbolehkan untuk mudik, perlu diingat bahwa saat ini masih masa pandemi. Peraturan yang diberlakukan mewajibkan pemudik untuk memiliki surat bukti vaksin atau tes PCR. Ditambah lagi, masing-masing orang harus mempunyai aplikasi PeduliLindungi di ponsel mereka.

Jaga Kondisi Tubuh

Hal yang tidak kalah penting untuk dilakukan sebelum mudik adalah menjaga kondisi tubuh. Perjalanan mudik adalah perjalanan yang panjang dan melelahkan, sehingga pemudik perlu memiliki kondisi tubuh yang prima.

Tidur yang cukup sebelum mulai berangkat mudik itu penting. Jam tidur yang ideal adalah sekitar 6-8 jam.

Jika dalam perjalanan pengemudi mulai merasa mengantuk, lebih baik berhenti di tepi jalan untuk istirahat singkat, atau mengunjungi rest area yang tersedia di jalan tol.

Pastikan juga untuk menjaga asupan makanan sebelum pergi mudik. Tentunya tidak ada yang mau sakit saat mudik karena memakan makanan yang sembarangan. Siapkan juga obat-obatan, seperti obat mabuk darat, untuk jaga-jaga.

Tips Tambahan

Ada juga tips-tips lain untuk menjaga kenyamanan selama perjalanan mudik. Contohnya adalah membawa cemilan makanan/minuman yang cukup untuk konsumsi di dalam mobil.

Manfaatkan sistem hiburan di mobil untuk menghilangkan rasa bosan selama perjalanan. Jika di mobil tersedia monitor, bisa juga untuk menonton film atau video.

Satu tips lagi adalah menyiapkan alat-alat prosedur kesehatan (prokes). Sekarang masih masa pandemi, dan pada perjalanan mudik akan bertemu dengan banyak orang. Oleh karena itu, penting untuk mempunyai cadangan masker, hand sanitizer, dan alat prokes lainnya agar tidak tertular virus dan penyakit lain. [ABP/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil bekas <<<<<

Tag Terkait

Tips Mudik mobil pribadi mudik Mudik Pakai Mobil Pribadi Tips Mudik Pakai Mobil Pribadi Mudik 2022

Author

Berita Utama

Berita Populer

Lihat semua »